Home | Archive | About Us | Contact Us | Sign to Forum       



Home » Akuntansi Dasar » Aktiva, Kewajiban, dan Ekuitas Pemilik


Aktiva, Kewajiban, dan Ekuitas Pemilik

Category on Akuntansi Dasar


Aktiva, Kewajiban, dan Ekuitas Pemilik

Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan disebut aktiva (asset). Contoh-contoh aktiva termasuk kas, tanah, bangunan, dan peralatan. Hak atau klaim atas property biasanya dibagi menjadi dua jenis, pertama adalah hak kreditor, dan kedua adalah hak pemilik.

Hak kreditor memperlihatkan utang perusahaan yang disebut kewajiban (liabilities). Hak pemilik disebut ekuitas pemilik (owners equity). Hubungan antara keduanya dapat dinyatakan dalam persamaan berikut :

Aktiva = Kewajiban + Ekuitas Pemilik

Persamaan tersebut dikenal sebagai persamaan akuntansi (accounting equation). Biasanya kewajiban diletakkan sebelum ekuitas pemilik dalam persamaan akuntansi karena kreditor mempunyai hak terlebih dahulu atas aktiva perusahaan.

Aktiva, Kewajiban, dan Ekuitas Pemilik

Klaim pemilik seringkali diberikan penekanan lebih besar dengan memindahkan kewajiban ke sisi lain pesamaan tersebut sehingga menjadi :

Aktiva – Kewajiban = Ekuitas Pemilik

Sebagai contoh, apabila aktiva yang dimiliki perusahaan adalah Rp 100.000.000,- dan kewajibannya senilai Rp 30.000.000,- maka ekuitas pemilik sama dengan Rp 70.000.000,- seperti terlihat pada  persamaan akuntansi di bawah ini :

Aktiva

-

Kewajiban

=

Ekuitas Pemilik

Rp 100.000.000,-

-

Rp 30.000.000,-

=

Rp 70.000.000,-

Lihat artikel terbaru lainnya, Jenis-jenis Organisasi Perusahaan dan Etika Usaha dan Bisnis.



Akuntansi Itu Mudah - Memahami akuntansi dengan kesederhanaanTerimakasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel Aktiva, Kewajiban, dan Ekuitas Pemilik pada blog kami. Harapan kami semoga artikel ini dapat memberikan nilai tambah untuk anda. Saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan guna kemajuan blog kami di masa depan, silahkan menuju page contact us. Sukses untuk anda. Oni Zamroni

 Related on Aktiva, Kewajiban, dan Ekuitas Pemilik
Teori Akuntansi
Sifat Dasar Teori Akuntansi Diposting oleh Oni Zamroni Teori akuntansi. Tujuan yang paling utama dari teori akuntansi yaitu mempresentasikan suatu dasar dalam menjelaskan dan memprediksi perilaku serta peristiwa-peristiwa akuntansi.
Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa
Ini adalah contoh laporan keuangan perusahaan jasa tahun 2011 Laporan keuangan perusahaan jasa pada dasarnya tidak begitu berbeda dengan laporan keuangan perusahaan dagang. Letak perbedaannya adalah pada laporan akuntansi perusahaan
Rasio Kiamat – Doomsday Ratio
Cara menghitung Rasio Kiamat atau Doomsday Ratio Pada artikel sebelumnya kita telah membahas penggunaan modal kerja dan rasio lancar dalam mengevaluasi kemampuan perusahaan membayar kewajiban lancarnya (solvensi jangka pendek). Kedua tolok ukur
Akuntansi Perusahaan Dagang
Bagaimana Pencatatan Akuntansi untuk Perusahaan Dagang? Akuntansi perusahaan dagang harus memiliki sistem untuk mencatat penerimaan barang dagang, menyajikan informasi mengenai persediaan barang dagang yang akan dijual, serta mencatat penjualan

Related Searches : , , ,
Home | Archive | About Us | Contact Us | Referensi Situs | Privacy Policy | Sitemap | Copyright © Akuntansi Itu Mudah 2014. All Rights Reserved.