Home | Archive | About Us | Contact Us | Submit Article       



Home » Akuntansi Dasar » Aktiva, Kewajiban, dan Ekuitas Pemilik


Aktiva, Kewajiban, dan Ekuitas Pemilik

Category on Akuntansi Dasar


Aktiva, Kewajiban, dan Ekuitas Pemilik

Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan disebut aktiva (asset). Contoh-contoh aktiva termasuk kas, tanah, bangunan, dan peralatan. Hak atau klaim atas property biasanya dibagi menjadi dua jenis, pertama adalah hak kreditor, dan kedua adalah hak pemilik.

Hak kreditor memperlihatkan utang perusahaan yang disebut kewajiban (liabilities). Hak pemilik disebut ekuitas pemilik (owners equity). Hubungan antara keduanya dapat dinyatakan dalam persamaan berikut :

Aktiva = Kewajiban + Ekuitas Pemilik

Persamaan tersebut dikenal sebagai persamaan akuntansi (accounting equation). Biasanya kewajiban diletakkan sebelum ekuitas pemilik dalam persamaan akuntansi karena kreditor mempunyai hak terlebih dahulu atas aktiva perusahaan.

Aktiva, Kewajiban, dan Ekuitas Pemilik

Klaim pemilik seringkali diberikan penekanan lebih besar dengan memindahkan kewajiban ke sisi lain pesamaan tersebut sehingga menjadi :

Aktiva – Kewajiban = Ekuitas Pemilik

Sebagai contoh, apabila aktiva yang dimiliki perusahaan adalah Rp 100.000.000,- dan kewajibannya senilai Rp 30.000.000,- maka ekuitas pemilik sama dengan Rp 70.000.000,- seperti terlihat pada  persamaan akuntansi di bawah ini :

Aktiva

-

Kewajiban

=

Ekuitas Pemilik

Rp 100.000.000,-

-

Rp 30.000.000,-

=

Rp 70.000.000,-

Lihat artikel terbaru lainnya, Jenis-jenis Organisasi Perusahaan dan Etika Usaha dan Bisnis.

Akuntansi Itu Mudah - Memahami akuntansi dengan kesederhanaanTerimakasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel Aktiva, Kewajiban, dan Ekuitas Pemilik pada blog kami. Harapan kami semoga artikel ini dapat memberikan nilai tambah untuk anda. Saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan guna kemajuan blog kami di masa depan, silahkan menuju page contact us. Sukses untuk anda. Oni Zamroni

 Related on Aktiva, Kewajiban, dan Ekuitas Pemilik
Penghapusan Langsung – Direct Write Off
Penghapusan Langsung – Direct Write Off Penghapusan langsung (direct write off) bekerja dengan mekanisme yang sederhana. Dari contoh sebelumnya, dengan metode ini tidak diperlukan langkah antisipasi pada tahun 2012.
Kamus Istilah Akuntansi Bagian U
Kamus Istilah Akuntansi Bagian U Uncollectible account expense > Beban akun piutang tak tertagih > Beban operasi yang terjadi karena kegagalan menagih piutang. Underapplied factory overhead > Biaya overhead
Jenis Laporan Keuangan Menurut PSAK
Laporan Keuangan Menurut PSAK Artikel kali ini blog akuntansi itu mudah akan membahas sedikit mengenai jenis laporan keuangan menurut PSAK, walaupun sedikit mudah-mudahan tetap bisa mengobati rasa keingintahuan anda mengenai
Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen
Apa akuntansi keuangan dan apa akuntansi manajemen? Akuntansi keuangan dengan akuntansi manajemen apa bedanya? Pasti banyak sekali pertanyaan yang muncul dibenak masing-masing dari kita mengenai perbedaan yang mencolok mengenai

Related Searches : , , ,
Selamat datang di akuntansiitumudah.com
Like and Share!

Social PopUP by Timersys
Home | Archive | About Us | Contact Us | Referensi Situs | Privacy Policy | Sitemap | Copyright © Akuntansi Itu Mudah 2014. All Rights Reserved.