Home | Archive | About Us | Contact Us | Submit Article       



Home » General Akuntansi » Akuntansi Biaya


Akuntansi Biaya

Category on General Akuntansi


Gambaran Umum Akuntansi Biaya

Diposting oleh Oni Zamroni

Akuntansi Biaya

Akuntansi Biaya

Di masa lalu, akuntansi biaya secara luas dianggap sebagai cara perhitungan atas nilai persediaan yang dilaporkan di neraca dan nilai harga pokok penjualan yang dilaporakan di laporan laba rugi. Hal ini membatasi ruang lingkup informasi oleh manajemen yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan menjadi sekedar data atas biaya produk yang berguna untuk memenuhi peraturan pelaporan pihak eksternal.

Peraturan yang berhubungan antara lain aturan perpajakan, standard akuntansi keuangan dan standar akuntansi dalam kontrak perjanjian dengan pemerintahan. Definisi yang terbatas seperti itu tidak sesuai dengan kondisi masa sekarang dan tidak cukup menggambarkan kegunaan informasi akuntansi biaya.

Akuntansi biaya mensupport manajemen melalui alat yang dibutuhkan untuk aktivitas pengendalian dan perencanaan, memperbaiki efisiensi dan kualitas, serta menghasilkan keputusan-keputusan yang bersifat rutin ataupun strategis. Pengumpulan, presentasi, dan analisis dari informasi akuntansi biaya sangat membantu manajemen dalam menyelesaikan tugas-tugas antara lain:

  1. Akuntansi biaya dapat digunakan untuk membuat dan melaksanakan rencana dan anggaran untuk operasi dalam kondisi-kondisi kompetitif dan ekonomi yang telah diprediksi sebelumnya. Suatu aspek penting dari rencana adalah potensi untuk memotivasi manusia untuk berkinerja secara konsisten dengan tujuan perusahaan.
  2. Akuntansi biaya menentukan metode kalkulasi biaya yang dimungkinkan sebagai pengendali atas aktivitas, memperbaiki kualitas, dan mengurangi biaya.
  3. Mengendalikan kuantitas fisik dari persediaan, dan menentukan biaya dari setiap produk dan jasa yang dihasilkan, untuk tujuan penetapan harga dan evaluasi kinerja dari suatu produk, departemen, atau divisi.
  4. Menentukan biaya dan laba perusahaan untuk satu tahun periode akuntansi atau untuk periode lain yang lebih pendek. Point ini merupakan penentu harga pokok penjualan serta nilai inventory (persediaan) berdasarkan atas peraturan pelaporan eksternal.
  5. Memilih dua atau lebih pilihan antara jangka pendek maupun jangka panjang sehingga dapat merubah biaya ataupun pendapatan.

Akuntansi Biaya Berperan untuk Menentukan Laba

Akuntansi biaya yang digunakan untuk menghitung biaya output yang dijual selama suatu periode yang kemudian untuk mengkalkulasi laba dilakukan penandingan dengan pendapatan. Laba serta biaya dapat dilaporkan pada segmen dari perusahaan ataupun bagi seluruhan perusahaan, tergantung pada kebutuhan pelaporan pihak eksternal dan manajemen.

Proses atas penandingan (matching) melibatkan pengidentifikasian biaya variabel dan biaya tetap, serta biaya jangka pendek dan jangka panjang. Yang dibebankan lebih dahulu adalah biaya manufaktur variabel ke unit yang akan diproduksi dan kemudian dibandingkan dengan pendapatan pada saat semua unit dijual. Bisa digunakan salah satu alternative untuk menandingkan antara biaya manufactur yang bersifat tetap dengan pendapatan. Adapun alternatifnya sebagai berikut:

  1. Jumlah biaya tetap ditandingkan dengan pendapatan pada periode waktu yang bersangkutan. Alternatif ini disebut perhitungan biaya langsung (direct costing) atau perhitungan biaya variabel (variable costing).
  2. Menandingkan sebagaian atau seluruh total biaya manufaktur tetap ke unit-unit produk; biaya ini kemudian dibebankan sebagai bagian dari nilai harga pokok penjualan yang dimasukan kedalam laporan laba rugi ketika unit bersangkutan dijual.

Akuntansi biaya menghasilkan informasi atas biaya dan pendapatan yang bervariasi yang dapat berasal dari tindakan-tindakan alternatif. Berdasarkan informasi ini, manajemen menciptakan keputusan baik jangka pendek maupun jangka panjang untuk pengembangan produk yang baru, penghentian produk, membeli atau membuat sendiri suatu komponen yang diperlukan oleh suatu produk.

Informasi biaya yang dapat diandalkan sangat penting bagi kesuksesan perusahaan dalam berkompetisi. Biaya yang tidak tepat memunculkan kemungkinan dilakukan atau dipertahankannya bisnis yang tidak menguntungkan serta ditolaknya bisnis yang menguntungkan. Dengan cara ini informasi akuntansi biaya memainkan peranan penting dalam mengidentifikasi, mengevaluasi, dan memilih strategi untuk organisasi.

Akuntansi Biaya dan Teknologi Manufaktur

Teknologi mengubah karakteristik biaya, misalnya untuk biaya produksi, terjadinya perubahan pada tingkat persediaan yang lebih rendah, kurangnya penggunaan tenaga kerja, dan semakin meningkatnya tingkat biaya tetap.

Pada era yang modern ini dan dengan segala tantangan yang ada, system akuntansi biaya terus-menerus harus berevolusi untuk meningkatkan manfaat dan relevansinya di dunia akuntansi. Informasi akuntansi biaya yang dapat diandalkan telah menjadi senjata yang kompetitif bagi perkembangan perusahaan dimasa yang akan datang.

Baca juga artikel lainnya di siklus akuntansi.

Akuntansi Itu Mudah - Memahami akuntansi dengan kesederhanaanTerimakasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel Akuntansi Biaya pada blog kami. Harapan kami semoga artikel ini dapat memberikan nilai tambah untuk anda. Saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan guna kemajuan blog kami di masa depan, silahkan menuju page contact us. Sukses untuk anda. Oni Zamroni

 Related on Akuntansi Biaya
Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan
Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan Setiap wajib pajak (WP) wajib memahami secara benar mengenai peraturan perpajakan di Indonesia. Dengan adanya susunan Ketentuan umum dan tata cara perpajakan diharapkan
Istilah Akuntansi Inggris Indonesia
Istilah Akuntansi Bagian F Factory overhead cost > Biaya overhead pabrik > Semua biaya operasi pabrik di luar bahan langsung dan pekerja langsung. Factory overhead controllable variance > Varians
Aplikasi eSPT PPh 21
Aplikasi eSPT PPh 21 Berikut ini adalah aplikasi espt pph 21 yang bisa anda gunakan untuk pembuatan surat pemberitahuan (SPT) pajak anda. Untuk standar username dan passwordnya adalah, User
Contoh Laporan Arus Kas Perusahaan
Laporan Arus Kas Laporan arus kas terdiri dari tiga seksi atau bagian yaitu, (1) aktivitas operasi, (2) aktivitas investasi, dan (3) aktivitas pendanaan. Arus kas dari aktivitas operasi Bagian

Related Searches : , , ,
Selamat datang di akuntansiitumudah.com
Like and Share!

Social PopUP by Timersys
Home | Archive | About Us | Contact Us | Referensi Situs | Privacy Policy | Sitemap | Copyright © Akuntansi Itu Mudah 2014. All Rights Reserved.