Home | Archive | About Us | Contact Us | Submit Article       



Home » Akuntansi Dasar » Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen


Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Category on Akuntansi Dasar


Apa akuntansi keuangan dan apa akuntansi manajemen?

Akuntansi keuangan dengan akuntansi manajemen apa bedanya? Pasti banyak sekali pertanyaan yang muncul dibenak masing-masing dari kita mengenai perbedaan yang mencolok mengenai akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen.

Tapi sebelum kita terlalu pening memikirkan beda antara kedua ilmu tersebut yaitu akuntansi keuangan dan manajemen, ada baiknya terlebih dahulu kita tau pengertian tentang akuntansi secara umum. Adapun pengertiannya yaitu :

Seni dalam pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran, penafsiran dan pengkomunikasian dengan cara tertentu dan dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian ekonomi dari suatu entitas hukum atau sosial. (AICPA)

Bahasa bisnis yang memberikan informasi tentang kondisi suatu perusahaan atau organisasi dan hasil usaha atau aktivitasnya pada waktu atau periode tertentu, sebagai pertanggung jawaban manajemen serta untuk pengambilan keputusan bisnis.

Nah sekarang anda sudah tau mengenai pengertian akuntansi secara umum. Intinya tujuan akuntansi adalah alat untuk membuat dan menghasilkan laporan keuangan dari aktivitas perusahaan dalam melakukan usahanya. Kemudian laporan keuangan hasil usaha akan diberikan oleh manjemen kepada pemilik modal untuk dipelajari, berapa jumlah harta yang dimiliki perusahaan dan berapa laba perusahaan yang dihasilkan dalam suatu periode akuntansi.

Adapun perbedaan antara Akuntansi keuangan dan Akuntansi manajemen akan dijelaskan pada tabel di bawah ini :

Beda akuntansi keuangan dengan akuntansi manajemen

Dari ilustrasi tabel di atas dapat kita analisa bahwa akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen perbedaannya sangat signifikan. Dilihat dari pemakainya, untuk akuntansi keuangan lebih fokus pada pelaporan pihak manajemen puncak seperti komisaris serta pemilik modal dan juga pihak eksternal perusahaan seperti organisasi pemerintahan. Sedangkan untuk akuntansi manajemen berfokus pada pelaporan pihak manajer guna analisa untuk memaksimalkan keuntungan pada periode berikutnya.

Begitu juga dengan lingkup informasi, fokus informasi, rentang waktu laporan keuangan, kriteria bagi informasi akuntansi, disiplin ilmu, isi laporan dan sifat informasi yang masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen.

Itulah perbedaan singkat antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen, semoga dapat menambah pengetahuan bagi anda yang fokus pada bidang akuntansi. Semoga bermanfaat.

Lihat referensi untuk tulisan ini disini.

Akuntansi Itu Mudah - Memahami akuntansi dengan kesederhanaanTerimakasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen pada blog kami. Harapan kami semoga artikel ini dapat memberikan nilai tambah untuk anda. Saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan guna kemajuan blog kami di masa depan, silahkan menuju page contact us. Sukses untuk anda. Oni Zamroni

 Related on Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen
Pengertian Differensial Cost dan Incremental Cost
Differensial Cost dan Incremental Cost Pembuatan keputusan untuk memilih suatu alternatif pilihan membawa dampak berupa munculnya perbedaan biaya. Pemilihan keputusan untuk memindahkan lokasi kantor cabang dari sentra perkantoran ke
Kumpulan Contoh Judul Skripsi Akuntansi Manajemen
Contoh Judul Skripsi Jurusan Akuntansi dan Manajemen Kumpulan contoh skripsi akuntansi manajemen saya berikan untuk anda yang sedang mencari inspirasi judul-judul skrisi atau sedang menyusun proposal skripsi, khususnya bagi
Contoh Laporan Laba-Rugi Perusahaan
Laporan Laba-Rugi Laporan laba-rugi melaporkan pendapatan dan beban selama periode waktu tertentu berdasarkan konsep penandingan (matching concept). Konsep ini diterapkan dengan menandingkan beban dengan pendapatan yang dihasilkan selama periode
Cadangan Piutang Ragu-ragu atau Tak Tertagih
Cadangan Piutang Ragu-ragu Metode ini menganut implementasi dari prinsip konservatif. Bila ada kemungkinan biaya muncul (dalam bentuk piutang yang tidak tertagih) maka harus dibuat pencadangannya. Sementara itu, bila ada

Home | Archive | About Us | Contact Us | Referensi Situs | Privacy Policy | Sitemap | Copyright © Akuntansi Itu Mudah 2014. All Rights Reserved.