Home | Archive | About Us | Contact Us | Submit Article       



Home » Akuntansi Dasar » Akuntansi Perusahaan


Akuntansi Perusahaan

Category on Akuntansi Dasar


Gambaran umum Akuntansi Perusahaan

Oleh Oni Zamroni

Akuntansi Perusahaan – Anda masih ingat dengan usaha jual gado-gado anda? Sebetulnya usaha yang anda jalankan bisa dikatakan sebagai perusahaan, hanya saja masih dalam skala kecil. Apa yang ada dalam fikiran anda mengenai perusahaan? Kemungkinan anda akan mengatakan misalnya pabrik besar, lalu hanya orang-orang yang mempunyai modal besar bisa mendirikan pabrik, lalu pendirian pabrik sangatlah rumit dari perizinan sampai dengan pembangunan pabriknya. Tentu saja dengan apa yang anda fikirkan itu membuat anda enggan untuk tau lebih jauh mengenai perusahaan.

akuntansi perusahaan

Perusahaan Manufaktur atau Pabrikan

Sebetulnya jika kita melihat secara sederhana mengenai perusahaan atau pabrik, ya tidak usah jauh-jauh, lihat usaha “jual gado-gado” anda itulah yang disebut perusahaan atau pabrik. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, beda usaha anda dengan pabrik-pabrik yang ada di kawasan hanya terletak pada skala besar atau kecil. Tapi secara sistem operasi penerapannya sama, mereka menciptakan produk anda juga membuat produk, hal ini gado-gado. Mereka mengolah bahan baku anda juga memproses bahan baku untuk membuat gado-gado, kemudian anda dan mereka bisa menjual produk kepada para pelanggan.

Okeh, saya fikir anda sudah faham mengenai perusahaan secara umum. Intinya adalah perusahaan merupakan organisasi yang mengolah sumber daya seperti bahan baku dan tenaga kerja untuk menghasilkan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Tujuan Perusahaan

Tujuan yang paling utama dari perusahaan adalah memaksimalkan laba atau keuntungan atau dengan kata lain nyari untung sebesar-besarnya dari hasil penjualan barang atau jasa. Nah, keuntungan atau laba didapatkan dari selisih antara jumlah yang kita terima dari pelanggan atas penjulan barang atau jasa yang dihasilkan dengan jumlah yang dikeluarkan untuk membeli dan mendapatkan sumber daya (bahan baku dan tenaga kerja) dalam menghasilkan barang atau jasa.

Selain itu ada juga perusahaan yang tujuan utamanya bukan untuk menghasilkan laba (non-profit), tujuan dari perusahaan non-profit tersebut adalah untuk menghasilkan kemaslahatan bagi masyarakat secara umum, dalam hal ini seperti penelitian dan kedokteran. Untuk kali ini saya tidak membahas mengenai perusahaan non-profit, tapi hanya pengenalan saja untuk anda.

Jenis perusahaan

Pada wilayah akuntansi terdapat tiga bentuk perusahaan yang beroperasi untuk menghasilkan laba atau keuntungan :

Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur atau juga di sebut perusahaan pabrikan atau pabrik, yang kegiatan utamanya mengubah bahan baku sehingga menghasilkan produk atau barang jadi yang siap dijual kepada pelanggan. Contoh perusahaan manufaktur adalah PT Epson yang mengahsilkan produk printer, PT Multistrada yang menghasilkan ban atau roda kendaraan, PT Samsung Electronics dengan produk elektroniknya dan lainnya anda bisa mencarinya di www.Google.com dengan kata kunci ”akuntansi perusahaan manufaktur”.

Perusahaan Dagang

Sama halnya dengan perusahaan manufaktur, perusahaan dagang juga aktifitasnya menjual barang dagang akan tetapi hanya sebatas pada menjual saja. Mereka tidak menghasilkan produk, hanya membeli produk kepada perusahaan manufaktur dan kemudaian memasarkannya. Perusahaan dagang lebih kepada fungsi broker atau calo (bahasa terminal) yaitu mempertemukan antara produk dengan pelanggan. Contoh perusahaan dagang seperti Alfamart, Indomart, Hypermart, Toko material dan perusahaan dagang lainnya bisa anda cari di google dengan kata kunci “akuntansi perusahaan dagang”.

Perusahaan Jasa

Anda pernah mendengar FEDEX, DHL, Tiki, Kantor akuntan publik, dan Kantor konsultan pajak? Betul atas jawaban anda saya beri anda nilai 100 dan tentu saja untuk saya 900 hehe. Semua yang disebutkan tadi merupakan jenis perusahaan jasa.  Perusahaan jasa menjual produk jasa mereka dengan memberikan pelayanan kepada pelanggan. Silahkan anda cari kata kunci “akuntansi perusahaan jasa” di google.com.

Untuk masing-masing jenis perusahaan akan dibahas secara terpisah pada obrolan kita berikutnya. Nah, sekarang saya fikir anda sudah memahami secara umum mengenai bentuk perusahaan pada sisi akuntansi, semoga bermanfaat.

Silahkan baca topik sebelumnya; Debit dan Kredit, Dasar Akuntansi, Akuntansi Itu Mudah

Akuntansi Itu Mudah - Memahami akuntansi dengan kesederhanaanTerimakasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel Akuntansi Perusahaan pada blog kami. Harapan kami semoga artikel ini dapat memberikan nilai tambah untuk anda. Saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan guna kemajuan blog kami di masa depan, silahkan menuju page contact us. Sukses untuk anda. Oni Zamroni

 Related on Akuntansi Perusahaan
Kumpulan Contoh Judul Skripsi Akuntansi Manajemen
Contoh Judul Skripsi Jurusan Akuntansi dan Manajemen Kumpulan contoh skripsi akuntansi manajemen saya berikan untuk anda yang sedang mencari inspirasi judul-judul skrisi atau sedang menyusun proposal skripsi, khususnya bagi
Kurs Pajak Tanggal 4 Juni 2014 - 10 Juni 2014
Kurs Pajak Tanggal 4 Juni 2014 – 10 Juni 2014 Berdasarkan KeputusanMenteri Keuangan Nomor 24/KM.11/2014 tgl 3 Juni 2014 Berlaku dari : 4 Juni 2014 sampai 10 Juni 2014. -Mata Uang- -Satuan-
Kamus Istilah Akuntansi Bagian P
Kamus Istilah Akuntansi Bagian P Paid-in capital > Modal disetor > Modal yang diperoleh dari para pemegang saham. Par > Pari (nominal) > Angka yang tercetak pada sertifikat saham.
Kurs Tengah BI Bulan Februari 2013
Kurs Tengah BI Bulan Februari 2013 Mata Uang Dolar (USD) Berikut adalah daftar kurs tengah Bank Indonesia (BI) untuk bulan Februari 2013.   Nilai Kurs Jual Kurs Beli Tanggal

Related Searches :
Selamat datang di akuntansiitumudah.com
Like and Share!

Social PopUP by Timersys
Home | Archive | About Us | Contact Us | Referensi Situs | Privacy Policy | Sitemap | Copyright © Akuntansi Itu Mudah 2014. All Rights Reserved.