Apa Itu Akuntansi

Category on Akuntansi Dasar

Apa Itu Akuntansi?

Saya tidak akan membahas pengertian akuntansi secara teori (walaupuan nanti ada sesinya setelah ini). Bagi saya akuntansi merupakan suatu kebutuhan. Ya betul akuntansi adalah suatu kebutuhan bagi semua manusia. Bagaimana tidak, saya yakin bahwa setiap manusia memiliki kebutuhan baik sandang, papan, maupun pangan. Trus apa hubungannya dengan akuntansi? Harus dihubungkan!

Untuk memiliki sandang, pangan, dan papan setiap orang harus berusaha memenuhi ketiga hal tersebut. Nah usaha yang dilakukan harus punya perhitungan yang jelas. Misal ada orang yang untuk memenuhi kebutuhannya ia harus bekerja, setiap bulan ia menerima gaji, setelah gaji diterima ia harus mengatur setiap kebutuhan rutinnya (kita sebut saja post). Misalnya post untuk biaya (expense) listrik, biaya kontrakan, biaya makan, biaya pakaian, biaya hiburan, dan biaya lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Apabila karyawan tersebut tidak memanaj atau mengatur keuangannya dengan baik, alhasil ia akan menderita defisit tentu saja imbasnya akan berpengaruh pada pemenuhan kebutuhan ia.

Fungsi akuntansi adalah mengatur hal tersebut, misalnya untuk post biaya listrik diasiapkan dengan nilai rupiah sekian, biaya kontrakan, biaya makan, dan lainnya. Semua biaya tersebut harus dicatat (record) secara keseluruhan yang kemudian dibandingkan dengan penghasilan (revenue) yang ia dapatkan setiap bulannya. Apabila penghasilnnya lebih kecil dari post biayanya, maka harus disesuaikan kembali biayanya agar lebih kecil dari penghasilan yang ada.

Sudah terlihat bahwa akuntansi digunakan untuk mengetahui sejauh mana kinerja keuangan dalam suatu usaha/kegiatan, kalo sudah tahu (dicatat), maka kita tidak akan mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan kita sehari-hari.

Lalu bagaimana dengan perusahaan? apa arti akuntansi untuk perusahaan? Buat saya sama saja, tidak berbeda dengan gambaran sebelumnya. Akuntansi diperusahaan digunakan untuk mengetahui kinerja perusahaan, khususnya bagi pemilik. Karena bagi pemilik, perusahaan yang ia dirikan adalah untuk menghasilkan laba yang sebesar-besarnya maka ia sangat membutuhkan informasi akuntansi, apalagi yang menjalankan perusahaannya adalah orang lain tentu saja harus diawasi prosesnya. Akuntansi juga bisa digunakan sebagai alat untuk mengawasi kinerja keuangan perusahaan (biaya yang dikeluarkan berapa, pendapatan yang dihasilkan berapa).

Untuk anda yang ingin tau arti akuntansi secara teori, ini saya beri 10 arti akuntansi menurut para ahli akuntansi (saya sadur dari sahabat akuntansi Nenty Cahyati “trima kasih ya sis”).

apa itu akuntansi

Baca artikel terbaru lainnya, Siklus Pencatatan Akuntansi Koperasi dan Contoh Laporan Keuangan Koperasi.