Ayat Jurnal Penyesuaian untuk Penyusutan Aktiva Tetap

Contoh Ayat Jurnal Penyesuaian untuk Penyusutan Aktiva Tetap

Kali ini akuntansi itu mudah akan memberikan contoh ayat jurnal penyesuaian untuk penyusutan aktiva tetap. Berikut ini contohnya:

Perkiraan jumlah penyusutan atas peralatan untuk tahun berjalan adalah Rp 4.400.000,-. Buatlah ayat jurnal penyesuaian untuk mencatat penyusutan tersebut. (jawaban menyusul)

Menentukan nilai buku aktiva tetap. Saldo akun peralatan adalah Rp 379.200.000,- dan saldo akun akumulasi penyusutan peralatan adalah Rp 115.400.000.-. Berapa nilai buku peralatan tersebut? Apakah saldo akun akumulasi penyusutan berarti bahwa peralatan kehilangan nilai sebesar Rp 115.400.000,- mohon jelaskan?

ajp-penyusutan-aktiva-tetap

Nilai buku aktiva tetap. PT. Argopuro melaporkan bangunan, pabrik, dan peralatan sebesar Rp 2.777.000.000,- dan akumulasi penyusutan sebesar Rp 1.312.000.000,- pada tanggal 30 Juni 2013. Berapa nilai buku aktiva tetap pada tanggal 30 Juni 2013? Apakah nilai buku aktiva tetap PT. Argopuro lazimnya kira-kira sama dengan nilai pasar wajarnya?

Ayat jurnal penyesuaian untuk penyusutan , pengaruh kesalahan

Pada tanggal 31 Desember, sebuah perusahaan mengestimasi penyusutan peralatan yang digunakan selama tahun pertama operasi adalah sebesar Rp 4.300.000,-. (a) buatlah ayat jurnal penyesuaian yang dibutuhkan pada tanggal 31 Desember. (b) jika ayat jurnal penyesuaian pada butir (a) diabaikan, pos mana yang salah pada (1) laporan laba-rugi tahun bersangkutan dan (2) neraca per 31 Desember?

Ayat jurnal penyesuaian dari neraca saldo. Neraca saldo sebelum dan setelah disesuaikan untuk PT. SJA Mandiri pada tanggal 31 Desember.

Buatlah kelima ayat jurnal yang menyesuaikan akun-akun tersebut pada tanggal 31 Desember. Tidak ada akun yang dipengaruhi oleh lebih dari satu ayat jurnal penyesuaian.

Akun PT. SJA Mandiri menyiapkan neraca saldo sebelum dan setelah disesuaikan di bawah ini. Asumsikan bahwa semua saldo pada neraca saldo yang belum disesuaikan dan semua jumlah penyesuaian sudah benar. Berapa kesalahan yang dapat anda temukan dalam ayat jurnal penyesuaian yang dibuat oleh akuntan tersebut?

Analisis vertikal atas laporan laba-rugi. Laporan keuangan PT. SJA Mandiri disajikan berikut ini. (a) tentukan hal-hal berikut untuk perusahaan tersebut. (1) jumlah perubahan dan persentase perubahan laba bersih untuk tahun yang berakhir 31 Desember, (2) hubungkan dalam bentuk persentase antara laba bersih dan penjualan bersih (laba bersih dibagi dengan penjualan bersih) untuk tahun yang berakhir tanggal 31 Desember x1 dan x2. (b) apa kesimpulan yang dapat anda tarik dari analisis tersebut?

tags: