Contoh Ayat Jurnal Penyesuaian untuk Perlengkapan

Ayat Jurnal Penyesuaian untuk Perlengkapan

AJP perlengkapan. Kali ini blog akuntansi itu mudah akan memberikan contoh soal mengenai ayat jurnal penyesuaian untuk akun perlengkapan dimana perlengkapan merupakan akun yang termasuk dalam kategori pos-pos yang perlu disesuaikan pada akhir periode. Untuk lebih jelasnya lihat contoh soal di bawah ini.

Ayat jurnal penyesuaian untuk perlengkapan

Saldo akun perlengkapan sebelum penyesuaian akhir tahun adalah Rp 1.820.000,-. Buatlah ayat jurnal penyesuaian yang dibutuhkan jika jumlah perlengkapan yang tersisa pada akhir tahun adalah Rp 375.000,-.

(Dr) Beban Perlengkapan Rp 1.445.000,-

(Cr) Perlengkapan Rp 1.445.000,-

Menentukan perlengkapan yang dibeli

Ayat Jurnal Penyesuaian untuk Perlengkapan

Akun perlengkapan dan beban perlengkapan pada tanggal 31 Desember, setelah ayat jurnal penyesuaian diposkan pada akhir tahun pertama operasi, ditunjukan pada akun T berikut:

Perlengkapan Beban Perlengkapan
Saldo Rp 280.000,- Saldo Rp 1.020.000,-

Tentukan jumlah perlengkapan yang dibeli selama tahun tersebut.

Jumlah perlengkapan pada saat saldo awal adalah sebesar Rp 1.300.000,- (1.020.000 + 280.000).

Pengaruh pengabaian ayat jurnal penyesuaian

Pada tanggal 31 Desember, yaitu akhir dari bulan pertama operasi, perusahaan lupa mencatat ayat jurnal penyesuaian yang biasanya digunakan untuk mentransfer perlengkapan terpakai ke akun beban. Dengan adanya kesalahan tersebut, pos mana yang akan mencantumkan jumlah yang salah pada (a) laporan laba-rugi bulan Desember dan (b) neraca per 31 Desember? Tunjukkan juga apakah pos yang salah akan dilaporkan terlalu tinggi atau terlalu rendah dari yang seharusnya.

Dari kasus di atas kesalahan yang muncul adalah pada saldo akun persediaan di laporan neraca yang dilaporkan terlalu besar (overstated) dan kesalahan pada seksi laporan laba rugi di akun beban perlengkapan yang disajikan terlalu kecil (understated).

Pada laba bersih akhir periode menunjukkan bahwa nilai laba bersih disajikan terlalu tinggi karena beban perlengkapan tidak dibuatkan ayat jurnal penyesuian.

Itulah contoh ayat jurnal penyesuaian untuk akun perlengkapan semoga membantu anda yang membutuhkan informasi ini, apabila informasi ini bermanfaat silahkan sebarkan kepada yang lain. Baca artikel akuntansi dan pajak lainnya, Pelaporan pajak SPT masa dan tahunan dan contoh ayat jurnal penyesuaian perusahaan dagang.

tags: