Home | Archive | About Us | Contact Us | Submit Article       



Home » Akuntansi Biaya » Biaya Bahan Baku Langsung – Direct Material Cost


Biaya Bahan Baku Langsung – Direct Material Cost

Category on Akuntansi Biaya


Biaya Bahan Baku Langsung

Bahan baku langsung (direct material). Biaya ini merupakan pengeluaran yang dilakukan untuk pemakaian bahan baku produksi utama yang terkait langsung dengan produk yang akan dihasilkan. Bahan baku inilah yang diproses dalam departemen produksi dan dapat diidentifikasikan dalam bentuk produk akhir.

Pada saat dibeli disebut sebagai bahan baku, beberapa bagian disimpan sebagai persediaan bahan baku, dan yang dipakai untuk produksi saja yang dinamakan sebagai bahan baku langsung. Contoh: dalam industri garmen atau penjahitan pakaian jadi, bahan baku yang merupakan bahan baku utama adalah tekstil atau kain.

Bahan Baku LangsungSuatu produk tidak dapat diidentifikasikan seluruh material yang membentuknya dengan detail. Terdapat beberapa material atau bahan tambahan yang digunakan dalam produk, namun tidak dapat dikuantifikasi atau diketahui jumlah biaya yang terkait karena jumlahnya kecil.

Misalnya suatu produk pakaian, bahan baku utamanya adalah tekstil. Bahan pembantunya adalah benang, lining, kancing, material pembungkus (plastik, karton, jepit untuk packing, dan lainnya). Bahan pembantu ini sangat sulit diidentifikasikan berapa kuantitas yang dipakai karena menyangkut jumlah yang kecil.

Bisa saja diperoleh data tersebut dengan perhitungan yang presisi (teliti), namun ada risiko biaya menghitungnya lebih besar ketimbang nilai informasi yang diperoleh. Keseluruhan bahan pembantu tersebut dikumpulkan dalam satu perkiraan overhead dan dialokasikan ke masing-masing produk dalam bentuk alokasi biaya overhead. Baca artikel lainnya, controllable cost dan noncontrollable cost. Semoga bermanfaat.

Akuntansi Itu Mudah - Memahami akuntansi dengan kesederhanaanTerimakasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel Biaya Bahan Baku Langsung – Direct Material Cost pada blog kami. Harapan kami semoga artikel ini dapat memberikan nilai tambah untuk anda. Saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan guna kemajuan blog kami di masa depan, silahkan menuju page contact us. Sukses untuk anda. Oni Zamroni

 Related on Biaya Bahan Baku Langsung – Direct Material Cost
Kurs Pajak Bulan April 2014
Kurs Pajak Bulan April 2014 Berikut ini adalah data kurs pajak untuk bulan April 2014. Kami rilis data ini berdasarkan sumber Direktorat Jenderal Pajak (DJP) pada bulan April 2014.
Cadangan Piutang Ragu-ragu atau Tak Tertagih
Cadangan Piutang Ragu-ragu Metode ini menganut implementasi dari prinsip konservatif. Bila ada kemungkinan biaya muncul (dalam bentuk piutang yang tidak tertagih) maka harus dibuat pencadangannya. Sementara itu, bila ada
Download eSPT PPh 21
Download eSPT PPh 21 Aplikasi espt pph 21 merupakan software yang membantu wajib pajak dalam membuat laporan SPT (surat pemberitahuan) masa pph pasal 21 – Lihat tutorial espt pph
Pengertian Marginal Cost dan Biaya Rata-rata
Marginal Cost dan Biaya Rata-rata Salah satu konsep dari differensial cost adalah marginal cost. Untuk tidak mengaburkan pengertian dari incremental cost dari pembahasan sebelumnya, marginal cost berarti biaya tambahan

Related Searches : , ,
Selamat datang di akuntansiitumudah.com
Like and Share!

Social PopUP by Timersys
Home | Archive | About Us | Contact Us | Referensi Situs | Privacy Policy | Sitemap | Copyright © Akuntansi Itu Mudah 2014. All Rights Reserved.