Home | Archive | About Us | Contact Us | Submit Article       



Home » Akuntansi Biaya » Biaya Upah Tenaga Kerja Langsung – Direct labor


Biaya Upah Tenaga Kerja Langsung – Direct labor

Category on Akuntansi Biaya


Biaya Tenaga Kerja Langsung

Biaya tenaga kerja langsung atau upah langsung (direct labor). Sebagaimana bahan baku langsung (direct material), upah langsung merupakan biaya tenaga kerja yang digunakan dalam produksi yang dapat diidentifikasikan secara langsung kepada produk yang dihasilkan. Contohnya dalam industri garmen, tenaga kerja yang memproduksi pakaian dapat dikategorikan sebagai upah langsung.

Yang termasuk biaya upah langsung dalam memproduksi pakaian adalah tukang potong bahan (cutting), tukang jahit, tenaga pemeriksa kualitas, dan lainnya yang terkait langsung dengan menghasilkan pakaian.

Biaya Tenaga Kerja LangsungTermasuk dalam pengertian upah adalah gaji, asuransi, bonus, THR (tunjangan hari raya), serta tunjangan lainnya yang diberikan kepada karyawan yang terkait langsung dengan proses produksi. Dengan demikian, upah tidak langsung merupakan kebalikan dari upah langsung.

Upah karyawan yang bekerja memperlancar proses produksi, namun tidak terkait langsung dengan proses produksi, termasuk pada upah tidak langsung. Misalnya upah bagian personalia, keamanan, akuntansi, administrasi, pemasaran, pengangkutan, serta berbagai fungsi lain yang termasuk penunjang produksi barang. Upah tidak langsung akan dicatat dalam suatu perkiraan tersendiri, yaitu overhead produksi.

Akuntansi Itu Mudah - Memahami akuntansi dengan kesederhanaanTerimakasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel Biaya Upah Tenaga Kerja Langsung – Direct labor pada blog kami. Harapan kami semoga artikel ini dapat memberikan nilai tambah untuk anda. Saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan guna kemajuan blog kami di masa depan, silahkan menuju page contact us. Sukses untuk anda. Oni Zamroni

 Related on Biaya Upah Tenaga Kerja Langsung – Direct labor
Kasus Jurnal Akuntansi Perusahaan Agen Penjualan Tiket Pesawat
Analisis Transaksi Akuntansi Perusahaan Agen Penjualan Tiket Pesawat Salam semangat untuk teman-teman semua :), pada kali ini saya akan coba share mengenai Kasus jurnal akuntansi perusahaan agen penjualan tiket pesawat.
Penyelesaian Siklus Akuntansi
Contoh penyelesaian siklus akuntansi. Tiga tahun yang lalu Mr. Slamet basuki mendirikan Harbor Realty. Pada tanggal 31 Juli tahun 2000, pada akhir tahun fiskal berjalan, neraca saldo perusahaan Harbor
Jenis Laporan Keuangan Menurut PSAK
Laporan Keuangan Menurut PSAK Artikel kali ini blog akuntansi itu mudah akan membahas sedikit mengenai jenis laporan keuangan menurut PSAK, walaupun sedikit mudah-mudahan tetap bisa mengobati rasa keingintahuan anda mengenai
Rasio Keuangan : Rasio Penjualan Bersih Terhadap Aktiva
Rasio Penjualan Bersih Terhadap Aktiva Diposkan Oleh Oni Zamroni Rasio penjualan bersih terhadap aktiva. Rasio ini mengukur seberapa efektif perusahaan dalam menggunakan aktivanya untuk menghasilkan penjualan. Rasio yang tinggi

Related Searches : , , ,
Selamat datang di akuntansiitumudah.com
Like and Share!

Social PopUP by Timersys
Home | Archive | About Us | Contact Us | Referensi Situs | Privacy Policy | Sitemap | Copyright © Akuntansi Itu Mudah 2014. All Rights Reserved.