Home | Archive | About Us | Contact Us | Submit Article       



Home » Akuntansi Dasar » Bidang Profesi Akuntansi Indonesia


Bidang Profesi Akuntansi Indonesia

Category on Akuntansi Dasar, General Akuntansi


Macam-macam Profesi Akuntansi

Profesi akuntansi. Dalam akuntansi dikenal beberapa istilah yang mengacu pada keahlian tertentu di bidang akuntansi, antara lain :

Controller – Kontroler

Profesi akuntansi pertama adalah kontroler, Istilah ini kerap dipakai oleh perusahaan dari luar negeri dan sering kali di pertukarkan dengan istilah Chief of accounting officer atau juga Chief of finance officer. Posisi ini pada dasarnya merupakan posisi yang bertanggung jawab penuh untuk segala aspek keuangan dalam suatu perusahaan, termasuk akuntansi dan keuangan.

Accountant – Akuntan

Pada posisi ini seseorang bertanggung jawab untuk menghasilkan laporan keuangan dan informasi akuntansi lainnya dalam suatu perusahaan. Tugas utamanya adalah membukukan semua transaksi tepat waktu dan menghasilkan laporan secara periodik sesuai dengan format yang telah ditentukan.

Akuntan bisa terdiri dari akuntan keuangan (financial accountant) dan akuntan manajemen (management accountant). Akuntan keuangan menjalankan fungsi pembukuan sampai pembuatan laporan keuangan, sedangkan akuntan manajemen lebih berfokus pada usaha mengolah informasi keuangan menjadi hasil analisis yang digunakan untuk keperluan intern perusahaan.

Profesi AkuntansiCost Accountant

Bidang profesi akuntansi ini berada pada perusahaan manufaktur. Tugas utamanya menghasilkan informasi keuangan berupa biaya produksi. Dengan demikian posisi ini terkait dengan aspek dalam akuntansi biaya (cost accounting).

Internal Auditor

Posisi ini bertugas untuk memastikan bahwa semua kegiatan, yaitu pengeluaran perusahaan telah memenuhi kaidah efektif, efisien, dan ekonomis. Dengan demikian posisi ini berada pada bagian audit internal atau Satuan pengendali internal pada beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Tax Specialist – Akuntan Pajak

Untuk mengelola aspek perpajakan pada perusahaan besar diperlukan seseorang yang benar-benar ahli mengenai peraturan perpajakan. Dengan demikian, semua kegiatan perusahaan dapat dipastikan telah memenuhi ketaatan sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku, termasuk pelaporan periodik dan tahunannya. Posisi ini termasuk juga member saran tentang bagaimana suatu transaksi harus dilakukan agar dapat dicapai beban pajak yang minimal.

Akuntan Budget

Pada beberapa perusahaan yang cukup besar diperlukan posisi ini untuk mengelola budget (anggaran). Tugas utamanya, selain menyusun anggaran juga memonitor dan mengontrol realisasi budget pada setiap periode tertentu.

Akuntan Publik

Ini adalah suatu bidang profesi akuntansi di luar perusahaan yang menjalankan fungsi eksternal audit kepada perusahaan atau memberikan saran professional kepada perusahaan maupun pemerintah dalam hal perpajakan, restrukturisasi, strategi korporasi, dan lain sebagainya.

Akuntan Pemerintah

Profesi ini menjalankan fungsi akuntansi pada sektor pemerintahan, yaitu menyusun laporan keuangan pemerintah. Selain itu juga melakukan fungsi audit yaitu pemeriksaan terhadap instansi pemerintah, lembaga, atau perusahaan dimana pemerintah memiliki kepentingan seperti pajak atau bea-cukai. Oleh karena itu, akuntan pemerintah termasuk menjalankan fungsi eksternal audit.

Akuntan Pendidik

Mereka yang menjalankan fungsi ini umumnya berada di institusi pendidikan, misalnya universitas. Tugas pokonya adalah mentransfer pengetahuan tentang akuntansi kepada para mahasiswa dan melakukan penelitian tentang suatu isu atau permasalahan yang berkembang dalam dunia akuntansi.

Itulah beberapa profesi akuntansi yang harus anda ketahui, apalagi buat anda yang saat ini sedang belajar atau mendalami akuntansi, mulailah dari sekarang memilih profesi akuntansi yang cocok dan anda minati. Semoga membantu.

Akuntansi Itu Mudah - Memahami akuntansi dengan kesederhanaanTerimakasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel Bidang Profesi Akuntansi Indonesia pada blog kami. Harapan kami semoga artikel ini dapat memberikan nilai tambah untuk anda. Saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan guna kemajuan blog kami di masa depan, silahkan menuju page contact us. Sukses untuk anda. Oni Zamroni

 Related on Bidang Profesi Akuntansi Indonesia
Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang yang Sudah Diaudit
Laporan Keuangan Perusahaan Dagang yang Sudah Diaudit Kali ini akuntansi itu mudah akan memberikan contoh laporan keuangan perusahaan dagang yang sudah diaudit oleh kantor akuntan publik (KAP). Seperti kita
Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa
Ini adalah contoh laporan keuangan perusahaan jasa tahun 2011 Laporan keuangan perusahaan jasa pada dasarnya tidak begitu berbeda dengan laporan keuangan perusahaan dagang. Letak perbedaannya adalah pada laporan akuntansi perusahaan
Kamus Istilah Akuntansi Bagian U
Kamus Istilah Akuntansi Bagian U Uncollectible account expense > Beban akun piutang tak tertagih > Beban operasi yang terjadi karena kegagalan menagih piutang. Underapplied factory overhead > Biaya overhead
Analisis Rasio Perputaran Persediaan
Rumus Perputaran Persediaan Perputaran persediaan. Sebuah perusahaan dagang harus menyimpan persediaan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. Kegagalan untuk melakukan hal itu bisa mengakibatkan hilangnya penjualan. Di sisi lain,

Related Searches : , , ,
Home | Archive | About Us | Contact Us | Referensi Situs | Privacy Policy | Sitemap | Copyright © Akuntansi Itu Mudah 2014. All Rights Reserved.