Home | Archive | About Us | Contact Us | Submit Article       



Home » Pajak » Cara Input Faktur Pajak Batal pada ESPT PPN 1111


Cara Input Faktur Pajak Batal pada ESPT PPN 1111

Category on Pajak, Pajak PPN


Tata Cara Input Faktur Pajak Batal pada ESPT PPN 1111

Oleh Oni Zamroni

eSPT PPN 1111 saat ini memang masih mengundang banyak pertanyaan bagi para penggunanya. Dengan beberapa bugs yang muncul tentu saja akan menghambat kinerja pada divisi pajak perusahaan. Mudah-mudahan pihak DJP terus-menerus melakukan perbaikan demi penyempurnaan eSPT PPN 1111 ke depan.

Baiklah, kali ini saya akan coba berbagi mengenai cara input faktur pajak batal pada espt ppn 1111 setelah kemarin membahas cara input faktur pajak pengganti pada eSPT PPN 1111. Seperti diketahui proses transaksi perusahaan tidak selamanya berjalan mulus, ada saja rencana-rencana yang tidak terealisasi dengan baik. Contohnya transaksi penjualan, terkadang ada dari pihak customer yang mengajukan pembatalan pembelian dengan alasan satu dan lain hal, dan tentunya kejadian tersebut berpengaruh pada dokumen perpajakan.

Untuk mempermudah memahami proses input faktur pajak batal pada espt ppn 1111, saya akan berikan contoh kasus sebagai berikut :

PT. A melakukan pelaporan SPT PPN masa April 2011 dengan pembetulan 0 atau normal. Pada bulan Mei 2012 perusahaan melakukan pembatalan penjualan yang terjadi pada bulan April 2012 terhadap PT. B dengan alasan tertentu. Pertanyaan : Bagaimana proses pelaporan faktur pajak batal pada espt ppn 1111?

Solusi :

Dengan contoh di atas bahwa PT. A melakukan pembatalan penjualan terhadap PT. B, sedangkan faktur pajak penjualan tersebut telah dilaporkan pada masa April 2012. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan oleh PT. A untuk pelaporan faktur pajak batal pada espt ppn 1111 adalah sebagai berikut :

  • Buka program eSPT PPN 1111, pilih Program kemudian pilih Koneksi Database, pilih data base yang ingin anda gunakan dan masukan password.
  • Setelah itu buatlah SPT PPN pembetulan ke-1 masa April 2012 dengan mengklik Setting, lalu pilih Setting SPT PPN 1111.
  • Pada kolom Setting SPT pilih bulan April 2012, setelah itu klik Buka. Pada kolom konfirmasi, klik pilihan BUAT SPT PEMBETULAN (N+1) lalu buka.
  • Kemudian pilih Input Data, lalu pilih Pajak Keluaran. Pada kolom Daftar Faktur Pajak Keluaran, pilihlah masa pajak April 2012 dan pilih pembetulan ke-1, setelah itu Tampilkan.
  • Setelah tampil semua daftar pajak keluaran pada masa April 2012 pembetulan ke-1, pilihlah faktur pajak yang akan dibatalkan dengan memberi centang atau tanda pada kotak di samping nomor urut daftar faktur pajak. (ingat: centang salah satunya saja, jika anda memberi centang 2 atau lebih faktur pajak maka pilihan menu Ubah akan menjadi non-aktif)
  • Setelah di beri centang salah satu daftar faktur pajak, pilih menu Ubah yang terletak di bagian kanan bawah pada kolom Daftar Faktur Pajak Keluaran.
  • Kemudian akan muncul Edit Faktur Pajak Keluaran. Untuk isiannya, silahkan anda ubah Dokumen Transaksi dari 1-Faktur Pajak menjadi 4-Faktur Pajak Batal dan untuk isian yang lain abaikan saja atau biarkan apa adanya ^^.
  • Setelah anda merubah Dokumen Transaksi dari 1-Faktur Pajak menjadi 4-Faktur Pajak Batal, dengan otomatis isian Dasar Pengenaan Pajak (DPP) dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) akan berubah menjadi 0 (nol). Setelah itu anda simpan.
  • Terakhir posting ulang eSPT PPN masa april pembetulan ke-1. Selesai.

Demikianlah bahasan mengenai cara input faktur pajak batal pada eSPT PPN 1111, semoga membantu bagi pekerjaan anda. Jika ada pertanyaan dan saran, silahkan anda isi pada kolom komentar yang telah disediakan. Semoga bermanfaat. ^^

Akuntansi Itu Mudah - Memahami akuntansi dengan kesederhanaanTerimakasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel Cara Input Faktur Pajak Batal pada ESPT PPN 1111 pada blog kami. Harapan kami semoga artikel ini dapat memberikan nilai tambah untuk anda. Saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan guna kemajuan blog kami di masa depan, silahkan menuju page contact us. Sukses untuk anda. Oni Zamroni

 Related on Cara Input Faktur Pajak Batal pada ESPT PPN 1111
FIFO (First In First Out) - Penilaian Persediaan
FIFO (First In First Out) – Penilaian Persediaan Metode ini beranggapan bahwa barang dalam persediaan yang pertama kali masuk ke dalam gudang adalah yang pertama pula dipakai atau dijual.
Komunikasi yang Baik
Komunikasi yang Baik Kebanyakan manajer akan mengakui bahwa sebagian besar dari waktunya digunakan untuk berkomunikasi dengan rekan, karyawan, pemasok, pemegang saham, pelanggan, dan berbagai pihak lainnya. Agar berhasil dalam
Chart of Account
Apa itu Chart of Account? Oleh Oni Zamroni Chart of account. Apa yang anda fikirkan dengan tema ini? Jawabnya, ga usah difikirkan. Anda ga usah bingung dengan tema yang
Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa
Ini adalah contoh laporan keuangan perusahaan jasa tahun 2011 Laporan keuangan perusahaan jasa pada dasarnya tidak begitu berbeda dengan laporan keuangan perusahaan dagang. Letak perbedaannya adalah pada laporan akuntansi perusahaan

Related Searches : , , ,
Selamat datang di akuntansiitumudah.com
Like and Share!

Social PopUP by Timersys
Home | Archive | About Us | Contact Us | Referensi Situs | Privacy Policy | Sitemap | Copyright © Akuntansi Itu Mudah 2014. All Rights Reserved.