Home | Archive | About Us | Contact Us | Submit Article       



Home » Laporan Keuangan » Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana


Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana

Category on Laporan Keuangan


Laporan Keuangan

Setelah transaksi dicatat dan diikhtisarkan, maka disiapkan laporan bagi pemakai. Laporan akuntansi yang menghasilakan informasi demikian disebut laporan keuangan. Laporan yang utama bagi perusahaan perorangan adalah laporan laba-rugi, laporan ekuitas pemilik, neraca, dan laporan arus kas.

Rekomendasi untuk anda : Pengertian laporan keuangan

Urutan-urutan penyusunan dan sifat data yang terdapat dalam laporan-laporan tersebut adalah sebagai berikut :

  • Laporan laba-rugi, suatu ikhtisar pendapatan dan beban selama periode waktu tertentu, misalnya sebulan, per tiga bulan, per enam bulan, atau per tahun.
  • Laporan ekuitas pemilik, suatu ikhtisar perubahan ekuitas pemilik yang terjadi selama periode waktu tertentu, misalnya sebulan, per tiga bulan, per enam bulan, atau per tahun.
  • Neraca, suatu daftar aktiva, kewajiban, dan ekuitas pemilik pada tanggal tertentu, biasanya pada akhir bulan atau akhir tahun.
  • Laporan arus kas, suatu ikhtisar penerimaan kas dan pembayaran kas selama periode waktu tertentu, misalnya sebulan, per tiga bulan, per enam bulan, atau per tahun.

Laporan Keuangan

Seluruh laporan keuangan harus diidentifikasi dengan nama perusahaan, jenis laporan, dan tanggal atau periode waktu laporan tersebut. Data yang terdapat dalam laporan laba-rugi, laporan ekuitas pemilik, dan laporan arus kas digunakan untuk suatu periode waktu tertentu. Sementara itu data yang disajikan dalam neraca adalah untuk tanggal tertentu.

Untuk penjelasan pada masing-masing laporan keuangan, laba-rugi, ekuitas pemilik, neraca, arus kas akan dijelaskan pada artikel selanjutnya.

Berikut adalah contoh laporan keuangan, untuk melihatnya silahkan pilih salah satu laporan keuangan di bawah ini:

Baca artikel lainnya disini, Aktiva, Kewajiban, dan Ekuitas Pemilik dan Jenis-jenis Organisasi Perusahaan.

Akuntansi Itu Mudah - Memahami akuntansi dengan kesederhanaanTerimakasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana pada blog kami. Harapan kami semoga artikel ini dapat memberikan nilai tambah untuk anda. Saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan guna kemajuan blog kami di masa depan, silahkan menuju page contact us. Sukses untuk anda. Oni Zamroni

 Related on Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana
Tarif Perhitungan Pajak PPh Pasal 21 untuk Dokter
Bagaimana Perhitungan Pajak Penghasilan (PPh 21) Bagi Dokter? Oleh : Agus Sulaeman PPh 21 untuk Dokter adalah pajak atas income/pendapatan yang diterima WP. Sedangkan penghasilan itu sendiri dapat diartikan sebagai
Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen
Apa akuntansi keuangan dan apa akuntansi manajemen? Akuntansi keuangan dengan akuntansi manajemen apa bedanya? Pasti banyak sekali pertanyaan yang muncul dibenak masing-masing dari kita mengenai perbedaan yang mencolok mengenai
PPh Final Pasal 4 ayat 2 : PPh Final Atas Penjualan Tanah dan Bangunan
Contoh PPh Pasal 4 ayat 2 atas Penjualan Tanah dan Bangunan Oleh: Agus Sulaeman PPh pasal 4 ayat 2 atas pengalihan/penjualan Tanah dan bangunan dikenakan Pajak penghasilan final (PPh
Koreksi Kesalahan dalam Jurnal Akuntansi
Bagaimana mengoreksi kesalahan dalam akuntansi? Koreksi akuntansi. Dalam pencatatan akuntansi terkadang kita melakukan kesalahan dalam melakukan jurnal dan pemosan (posting) transaksi. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai bagaimana kesalahan

Related Searches : , , ,
Home | Archive | About Us | Contact Us | Referensi Situs | Privacy Policy | Sitemap | Copyright © Akuntansi Itu Mudah 2015. All Rights Reserved.