Home | Archive | About Us | Contact Us | Submit Article       



Home » Akuntansi Dasar » Chart of Account


Chart of Account

Category on Akuntansi Dasar


Apa itu Chart of Account?

Oleh Oni Zamroni

Chart of account. Apa yang anda fikirkan dengan tema ini? Jawabnya, ga usah difikirkan. Anda ga usah bingung dengan tema yang saya tulis di atas, pada obrolan yang lalu telah kita bahas mengenai dasar akuntansi atau persamaan akuntansi (nb: jika belum, sebaiknya baca dasar akuntansi), dijelaskan bahwa persamaan akuntansi adalah :

Harta   =   Kewajiban   +   Modal

Okeh, kita refresh kembali ingatan kita mengenai persamaan di atas. Harta bisa dikatakan akun, kewajiban adalah akun, dan modal juga adalah akun. Kesimpulannya dari persamaan di atas adalah kumpulan akun. Jadi secara sederhana chart of account adalah kumpulan dari banyak akun (bagan akun).

chart of account

Chart of Account

Mudah kan? Jika anda bertanya apa definisi chart of accounts secara teori, ya anda tinggal mengetikkan kata kunci tersebut di search engine misalnya google, dan saya tidak menjamin jika anda langsung memahami definisi teorinya, bisa jadi anda malah dibuat bingung. Kita ambil yang sederhana saja dari pemahaman saya di atas, jika anda mendengar kata akun sudah tentu anda faham ya.

Harta = Kewajiban + Modal

1 Aktiva/Harta 2 Kewajiban
1.1

1.2

1.3

1.4

1.5

1.6

Kas

Piutang usaha

Perlengkapan

Asuransi dibayar dimuka

Tanah

Peralatan kantor

2.1

2.2

Utang usaha

Sewa diterima dimuka

3

3.1

3.2

Modal

Modal pemilik

Saldo laba

 Chart of Account atau Bagan Akun

 

Tabel di atas adalah persamaan akuntansi yang telah saya modifikasi. Sederhananya, Akun Harta atau Aktiva telah diuraikan menjadi terdiri atas Kas, piutang usaha, perlengkapan, asuransi dibayar dimuka, tanah, dan peralatan. Jadi akun aktiva bisa kita katakan sebagai grup, yang personilnya kas, piutang, dan lainnya.

Pada Kewajiban juga sama, kita sebut sebagai grup yang personilnya dalam kasus ini adalah Utang usaha dan sewa dibayar dimuka. Begitu juga dengan modal adalah grup yang personilnya terdiri dari akun Modal pemilik dan saldo laba.

Untuk penomoran yang saya buat di atas merupakan kode akun atau nomer akun yang fungsinya sebagai pembeda antara akun satu dengan akun yang lain. Kode akun untuk Aktiva secara umum adalah 1, untuk kewajiban adalah 2 dan untuk modal adalah 3. Sebetulnya ada beberapa kode akun lagi yang belum saya sebutkan di atas, alasannya saya khawatir anda malah menjadi bingung. Saya coba beri yang sederhana dulu, biar lebih mudah difahami, jika anda sudah faham tentu saya akan diskusikan pada topik berikutnya.

Chart of Account, apa itu? Jawabnya, ya kumpulan akun. Terdiri dari nama akun dan kode akun. Okeh sekarang anda sudah tau jawabannya. Sampai bertemu di obrolan selanjutanya, semoga bermanfaat.

Silahkan baca artikel sebelumnya; Akuntansi Perusahaan, Debit dan Kredit, Dasar Akuntansi, Akuntansi Itu Mudah

Akuntansi Itu Mudah - Memahami akuntansi dengan kesederhanaanTerimakasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel Chart of Account pada blog kami. Harapan kami semoga artikel ini dapat memberikan nilai tambah untuk anda. Saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan guna kemajuan blog kami di masa depan, silahkan menuju page contact us. Sukses untuk anda. Oni Zamroni

 Related on Chart of Account
Koreksi Kesalahan dalam Jurnal Akuntansi
Bagaimana mengoreksi kesalahan dalam akuntansi? Koreksi akuntansi. Dalam pencatatan akuntansi terkadang kita melakukan kesalahan dalam melakukan jurnal dan pemosan (posting) transaksi. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai bagaimana kesalahan
Pengantar Akuntansi Dasar
Pengantar Akuntansi Dasar Pengantar akuntansi. Akuntansi adalah kata yang sering dikonotasikan dengan hal yang berbau angka, rumit, dan detail. Akuntansi kerap juga dicampuradukkan dengan tata buku atau pembukuan. Definisi
Contoh Laporan Keuangan Bank Syariah
Laporan Keuangan Bank Syariah Kali ini akuntansi itu mudah akan memberikan contoh mengenai laporan keuangan bank syariah beserta penjelasannya. Pada dasarnya konsep laporan bank syariah hampir sama dengan konsep
Istilah Akuntansi Inggris Indonesia
Istilah Akuntansi Bagian F Factory overhead cost > Biaya overhead pabrik > Semua biaya operasi pabrik di luar bahan langsung dan pekerja langsung. Factory overhead controllable variance > Varians

Related Searches : , , ,
Selamat datang di akuntansiitumudah.com
Like and Share!

Social PopUP by Timersys
Home | Archive | About Us | Contact Us | Referensi Situs | Privacy Policy | Sitemap | Copyright © Akuntansi Itu Mudah 2014. All Rights Reserved.