Contoh Catatan atas Laporan Keuangan Perusahaan

Category on Laporan Keuangan

Catatan atas Laporan Keuangan Perusahaan

Pada kesempatan ini blog akuntansi itu mudah akan menyajikan contoh mengenai catatan atas laporan keuangan perusahaan. Contoh ini saya ambil dari laporan keuangan PT Kedaung Indah Can Tbk yang telah diaudit oleh KAP Paul Hadiwinata , Hidajat, Arsono, Ade Fatma dan Rekan (Registered Public Accountants) untuk tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2012 dan 2011.

Catatan atas laporan keuangan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari laporan keuangan itu sendiri (baca: jenis laporan keuangan menurut PSAK) apa lagi bagi perusahaan-perusahaan yang sudah go publik atau yang sudah tercatat di Bursa Efek Jakarta (BEJ) setiap tahun diwajibkan melaporkan laporan keuangannya dalam rangka pertanggungjawaban atas kegiatan operasional mereka.

Poin yang terdapat dalam catatan atas laporan keuangan adalah sebagai berikut:

Umum

Bagian Umum terdiri dari pendirian dan informasi umum perusahaan yang berisi tanggal berdirinya perusahaan, domisili perusahaan, susunan pengurus dewan direksi dan dewan komisaris perusahaan, anggaran dasar beserta perubahannya, ruang lingkup kegiatan entitas perusahaan.

Ikhtisa kebijakan akuntansi akuntansi penting

Ikhtisa kebijakan akuntansi akuntansi penting yang terdiri dari pernyataan kepatuhan, dasar penyusunan laporan keuangan, transaksi dan saldo dalam mata uang asing, kas dan setara kas, instrumen keuangan, piutang usaha, persediaan, beban dibayar dimuka, aset tetap, properti investasi, pengakuan pendapatan dan beban, liabilitas diestimasi atas imbalan kerja karyawan, pajak penghasilan, laba rugi per saham dasar, informasi segmen, penurunan nilai aset non keuangan, sewa, dan perubahan kebijakan akuntansi.

Sumber estimasi ketidakpastian

Sumber estimasi ketidakpastian yang berisi mengenai asumsi dan estimasi dalam periode pelaporan keuangan yang menyangkut pertimbangan klasifikasi aset dan liabilitas keuangan dan pajak penghasilan. Estimasi dan asumsi menyangkut imbalan pasca kerja penyusutan aset tetap, cadangan kerugian penurunan nilai piutang usaha.

Untuk lebih jelasnya lagi saya berikan contoh mengenai catatan atas laporan keuangan dibawah ini, untuk contoh ini saya tidak bisa memberikan secara lengkap dikarenakan keterbatasan bandwidth pada website ini.

Catatan atas Laporan Keuangan Perusahaan

Catatan atas Laporan Keuangan Perusahaan

Catatan atas Laporan Keuangan Perusahaan

Catatan atas Laporan Keuangan Perusahaan

Catatan atas Laporan Keuangan Perusahaan

Demikian artikel mengenai contoh atas laporan keuangan perusahaan semoga memberikan pencerahan bagi anda yang sedang mencari artikel terkait. Dapatkan artikel akuntansi lainnya di website ini atau ini artikel yang baru saja kami terbitkan, Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang yang Sudah Diaudit dan Contoh Laporan Keuangan Bank Syariah selamat membaca.

tags: , , , , ,