Home | Archive | About Us | Contact Us | Submit Article       



Home » Akuntansi Dasar » Dasar Akuntansi


Dasar Akuntansi

Category on Akuntansi Dasar


Dasar Akuntansi Yang Sederhana

Oleh Oni Zamroni

Dasar akuntansi, dari tema yang saya buat di atas tidak sekedar hanya sebatas tema saja. kenapa saya mengusung tema tersebut? Dari pengalaman saya dalam mempelajari ilmu akuntansi, hal dasar yang harus anda fahami dalam ilmu akuntansi adalah dasar akuntansi. Tingkat kesulitan yang saya dapatkan dalam proses belajar dasar akuntansi itu sangat minim sekali, dengan itu mengapa saya menetapkan kata-kata di atas sebagai tema pada obrolan ini.

Untuk memahami akuntansi, anda tidak diharuskan menghafal rumus apapun. Anda hanya perlu memahami apa itu dasar akuntansi. Pada umumnya dasar akuntansi disebut juga dengan istilah persamaan akuntansi. Bagi anda yang baru mengenal akuntansi, jangan bingung dengan istilah-istilah seperti itu. Anda boleh menyebutnya dengan dasar akuntansi atau juga dengan persamaan akuntansi, itu juga boleh yang penting anda tidak bingun dalam menyebutkan salah satunya. Jika masih bingung, anda boleh berpegangan dulu hehe.

dasar akuntansi

Konsep Dasar Akuntansi

Persamaan Akuntansi atau Dasar Akuntansi

Persamaan akuntansi atau dasar akuntansi, bisa kita analogikan atau umpamakan seperti unit komputer. Anda tahu dong komputer, yang ada di depan anda ini namanya komputer jika anda belum tahu hehe. Okey kita lanjut, komputer terdiri dari CPU (control processing unit) atau mesin, monitor, keyboard, dan mouse, secara umum itulah kira-kira unit computer. Jika kita petakan lagi :

Unit Komputer = CPU + Monitor + Keyboard + Mouse

Jika salah satu bagian dari unit computer tidak ada, misalnya tidak ada CPU atau tidak ada monitor maka fungsi komputer tidak akan berjalan. Dengan kata lain, dengan tidak lengkapnya bagian dari computer maka kita tidak bisa mengatakan bahwa itu adalah unit computer.

Okey sekarang kita hubungkan dengan persamaan akuntansi atau dasar akuntansi. Secara umum persamaan akuntansi bisa kita gambarkan sebagai berikut :

Harta = Kewajiban + Modal

Saya tidak akan memberikan definisi dari gambaran di atas, tapi saya coba membantu anda memberikan pemahaman mengenai gambaran persamaan akuntansi. Jika anda ingin mengetahui definisi dari harta, kewajiban ataupun modal, anda tinggal Googling saja ya di internet, di Google banyak sekali website yang membahas masalah definisi mengenai harta, kewajiban dan modal.

Seperti halnya unit computer, pada masing-masing elemen atau bagian dari persamaan akuntansi harus saling melengkapi. Ada harta tentu saja harus ada kewajiban ataupun modal, dan begitu sebaliknya ada kewajiban dan modal tentu harta tidak boleh ketinggalan.

Deskripsi Persamaan Akuntansi

Kita perluas lagi obrolannya, umpamanya anda berniat untuk membuka usaha jualan gado-gado. Usahanya masih tetap sama “Jualan Gado-gado” seperti pada obrolan kita yang lalu mengenai akuntansi itu mudah, agar tetap nyambung yah. Anda membutuhkan dana sebesar Rp 1 juta untuk memulai usaha jualan gado-gado. Dana 1 juta tersebut anda peroleh dari dana pribadi Rp 750 ribu dan dana pinjaman Rp 250 ribu total 1 juta rupiah. Kemudaian seluruhnya anda investasikan pada usaha anda, gambarannya seperti ini :

ANDA    ================================>> USAHA JUAL GADO-GADO

1 Juta    ============= investasi ===========>> 1 Juta

Perlu anda ingat, dana Rp 1 juta yang anda miliki sudah anda investasikan kepada usaha jual gado-gado. Jadi, kepemilikan Rp 1 juta sudah tidak menjadi hak anda lagi, dalam hal ini kepemilikan berpindah kepada usaha “Jual gado-gado” anda. Masalah pemisahan kepemilikan akan kita diskusikan pada waktu yang berbeda okey, biar anda lebih fokus. Kita lanjut :

USAHA JUAL GADO-GADO => 1 Juta

Anda dan saya sepakat bahwa dana 1 juta sudah menjadi milik usaha “Jual gado-gado”. Adapun penjabarannya adalah Harta dari usaha Rp 1 Juta yang terdiri dari Pinjaman atau Kewajiban Rp 250 ribu dan Modal pribadi Rp 750.

Persamaan akuntansi :

Harta                     =             Kewajiban           +             Modal

1 Juta                    =             250 ribu                +             750 ribu

Mudah kan? Saya fikir anda sudah memahami fungsi dasar akuntansi atau persamaan akuntansi secara umum, semoga bermanfaat. Anda juga bisa baca artikel Akuntansi itu mudah.

Akuntansi Itu Mudah - Memahami akuntansi dengan kesederhanaanTerimakasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel Dasar Akuntansi pada blog kami. Harapan kami semoga artikel ini dapat memberikan nilai tambah untuk anda. Saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan guna kemajuan blog kami di masa depan, silahkan menuju page contact us. Sukses untuk anda. Oni Zamroni

 Related on Dasar Akuntansi
Contoh Soal Akuntansi
Contoh Soal Akuntansi dan Jawabannya Oleh Oni Zamroni Salam, apa kabar teman-teman semoga sehat semua ya ^^. Kali ini saya ingin membahas pertanyaan dari sahabat akuntansi yang beberapa waktu
Memulai Pembukuan Akuntansi
Memulai pembukuan akuntansi. Halo sahabat akuntansi itu mudah kali ini saya akan membahan pertanyaan yang dikirimkan oleh rekan Oce mengenai bagaimana memulai penyusunan pembukuan akuntansi berikut di bawah ini.
Istilah Akuntansi Indonesia Inggris
Istilah Akuntansi Bagian G General journal > Jurnal umum > Formulir dua lajur untuk mencatat ayat-ayat jurnal yang tidak masuk ke dalam jurnak khusus. General ledger > Buku besar
Siklus Pencatatan Akuntansi Koperasi
Siklus Pencatatan Akuntansi Koperasi Siklus akuntansi koperasi. Pada dasarnya pencatatan pada sistem akuntansi koperasi menganut sistem akuntansi yang lazim seperti halnya yang diterapkan oleh perusahaan dagang, jasa, maupun manufaktur.

Selamat datang di akuntansiitumudah.com
Like and Share!

Social PopUP by Timersys
Home | Archive | About Us | Contact Us | Referensi Situs | Privacy Policy | Sitemap | Copyright © Akuntansi Itu Mudah 2014. All Rights Reserved.