Home | Archive | About Us | Contact Us | Submit Article       



Home » Artikel Ekonomi » Faktor-faktor Produksi


Faktor-faktor Produksi

Category on Artikel Ekonomi


Faktor-faktor Produksi

Perusahaan mengubah input dasar menjadi barang dan jasa bagi para pelanggan. Input atau masukan ini dikenal sebagai faktor-faktor produksi. Faktor-faktor produksi yang lazim dikenal semua perusahaan adalah sumber daya alam, tenaga kerja, modal, dan pengusaha atau entrepreneur.

Sumber daya alam adalah bahan baku dasar, termasuk tanah pertanian, hutan, dan kandungan mineral. Tenaga kerja adalah para karyawan yang menyumbangkan daya pikir dan tenaga mereka kepada perusahaan.

Modal merupakan sumber daya keuangan yang diinvestasikan kepada perusahaan untuk membeli barang-barang seperti mesin dan bangunan. Pengusaha adalah orang-orang yang menggabungkan sumber daya alam, tenaga kerja, dan modal untuk menghasilkan barang dan jasa.

Mari kita simak sebuah restoran pizza kecil sebagai contoh sebuah perusahaan. Bahan-bahan pizza yang terdiri dari saus tomat, adonan, sosis, macaroni, dan keju merupakan sumber daya alam yang diperoleh dari usaha pertanian. Para karyawan atau tenaga kerja terdiri dari penerima tamu, tukang antar, kasir, dan juru masak.

Faktor-faktor Produksi

Uang yang diperlukan untuk membeli tanah, bangunan, dan peralatan adalah tergolong sebagai modal. Pemilik atau manajer yang membuka dan mengoperasikan usaha tersebut merupakan pengusaha atau entrepreneur.

Baca artikel lainnya, Koreksi Kesalahan dalam Jurnal Akuntansi dan Piutang Usaha.

Akuntansi Itu Mudah - Memahami akuntansi dengan kesederhanaanTerimakasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel Faktor-faktor Produksi pada blog kami. Harapan kami semoga artikel ini dapat memberikan nilai tambah untuk anda. Saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan guna kemajuan blog kami di masa depan, silahkan menuju page contact us. Sukses untuk anda. Oni Zamroni

 Related on Faktor-faktor Produksi
PBB Pajak Bumi dan Bangunan
PBB terbaru UU no. 12 tahun 1994 – contoh perhitungan terutang pajak atas PBB, DPP BB, Tarif Pajak PBB, NJOPTKP – PMK 67/PMK.03/2011 Oleh : Agus Sulaeman Pajak bumi dan
Declining Balance – Metode Penyusutan Aktiva Tetap Saldo Menurun
Declining Balance – Metode Penyusutan Aktiva Tetap Saldo Menurun Pada metode ini ditetapkan suatu persentase konstan yang akan digunakan selama usia ekonomis dari aktiva tetap dengan tetap memperhitungkan nilai
Komponen Laporan Keuangan
Komponen Laporan Keuangan Komponen laporan keuangan terdiri dari beberapa laporan diantaranya adalah laporan laba rugi, laporan neraca, laporan perubahan modal, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan perusahaan.
Pengertian Differensial Cost dan Incremental Cost
Differensial Cost dan Incremental Cost Pembuatan keputusan untuk memilih suatu alternatif pilihan membawa dampak berupa munculnya perbedaan biaya. Pemilihan keputusan untuk memindahkan lokasi kantor cabang dari sentra perkantoran ke

Related Searches : , ,
Selamat datang di akuntansiitumudah.com
Like and Share!

Social PopUP by Timersys
Home | Archive | About Us | Contact Us | Referensi Situs | Privacy Policy | Sitemap | Copyright © Akuntansi Itu Mudah 2014. All Rights Reserved.