Hasil Dividen – Dividend Yield

Category on Analisis Keuangan

Contoh Perhitungan Hasil Dividen

Rasio hasil dividenDividend yield ratio mengindikasikan tingkat pengembalian kepada pemegang saham dari segi distribusi dividen tunai. Walaupun hasil dividen dapat dihitung baik untuk saham preferen maupun saham biasa, namun pada dasarnya hanya dihitung untuk saham biasa.

Hal ini karena sebagian besar saham preferen memiliki jumlah atau tingkat dividen yang tetap. Sebaliknya, jumlah dividen saham biasa umumnya bervariasi dengan profitabilitas korporasi.

Hasil dividen dihitung dengan membagi dividen tahunan per lembar saham biasa dengan harga pasar per saham pada tanggal tertentu, seperti diperlihatkan berikut ini:

Hasil Deviden = Deviden per Lembar Saham Biasa / Harga Pasar per Saham Biasa

Sebagai gambaran, harga pasar saham biasa PT. Indo Bisnis, Tbk adalah $61 pada hari penutupan bisnis, 14 Februari 2013. Selama tahun lalu, PT. Indo Bisnis, Tbk telah membayar dividen sebanyak $0,50 per saham. Jadi, hasil deviden dari saham biasa PT. Indo Bisnis, Tbk adalah 0,8% ($0,50/$61). Karena harga saham korporasi akan berubah dari hari ke hari, hasil dividen juga berubah setiap hari.

Hasil Dividen - Dividend Yield

Hasil dividen atas saham biasa merupakan fokus utama dari investor yang tujuan utamanya adalah mendapatkan pengembalian dalam bentuk dividen atas investasinya. Ini berbeda dengan investor yang tujuan utamanya adalah meningkatkan harga pasar investasinya.

Sebagai contoh, perusahaan teknologi biasanya tidak membayar dividen tetapi menginvestasikan kembali labanya dalam penelitian dan pengembangan. Daya tarik utama saham-saham semacam itu, seperti saham biasa Microsoft, adalah kenaikan harga pasar saham. Karena harga pasar saham dipengaruhi oleh banyak faktor, suatu strategi investasi yang hanya bergantung pada peningkatan harga pasar lebih beresiko daripada strategi yang didasarkan pada hasil dividen.

Lihat artikel lainnya, Jenis penugasan audit dan Kurs Pajak mingguan. Semoga memberikan inspirasi untuk anda.

tags: , , ,