Home | Archive | About Us | Contact Us | Submit Article       



Home » Akuntansi Dasar » Ilmu Akuntansi


Ilmu Akuntansi

Category on Akuntansi Dasar


Pengertian Ilmu Akuntansi

Untuk memahami ilmu akuntansi terdapat beberapa definisi. Salah satu definisi akuntansi mengatakan bahwa akuntansi adalah kegiatan jasa yang fungsinya menyajikan informasi kuantitatif terutama yang bersifat keuangan, mengenai suatu entitas ekonomi yang akan digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi yaitu dalam memilih diantara beberapa alternatif tindakan.

Dari definisi di atas terdapat pengertian yang dapat diambil yaitu:

  1. Akuntansi mempunyai peran penting yaitu menyajikan informasi keuangan,
  2. Akuntansi berhubungan dengan informasi kuantitatif.
  3. Walaupun akuntansi terutama berhubungan dengan data masa lalu, informasi tersebut berguna untuk pengambilan keputusan ekonomi di masa yang akan datang.

Ilmu AkuntansiPenggunaan Informasi Akuntansi

Banyak pihak yang menggunakan informasi keuangan yang dihasilkan akuntansi. Mereka dapat dikelompokkan menjadi pihak intern perusahaan dan pihak ekstern perusahaan. Pihak intern dan ekstern perusahaan tersebut dapat dilihat pada table berikut ini:

Pengguna Intern

Pengguna Ekstern

Manajemen Kreditor dan calon kreditor
Pegawai perusahaan Investor dan calon investor
Board of director Analisis keuangan dan pemerintah

Pembagian Akuntansi

Adanya dua kelompok pengguna informasi keuangan tersebut di atas mendorong timbulnya dua bidang akuntansi yaitu akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. Akuntans manajemen yang kadangkala disebut akuntansi biaya atau akuntansi manajerial terutama berhubungan dengan pelaporan keuangan bagi pihak intern perusahaan.

Dalam memproses informasi akuntansi, akuntan berpedoman pada nilai kegunaan dari informasi tersebut bagi pengguna. Suatu informasi baik isi maupun bentuknya akan diproses dan dihasilkan jika dipandang berguna bagi pihak intern perusahaan.

Akuntansi keuangan menekankan pada pengembangan dan mengkomunikasikan informasi untuk pihak ekstern. Karena terdapat berbagai pihak yang dilayani dan bervariasinya kebutuhan mereka, maka informasi yang dihasilkan akan bersifat umum. Dalam memproses data dan menyajikan informasi keuangan akuntan dipandu oleh suatu pedoman umum yang lazim disebut generally accepted accounting principle dan di Indonesia disebut Standar Akuntansi Keuangan (SAK). SAK disusun oleh Ikatan Akuntan Indonesia. Modul ini menekankan pada penyajian informasi ke pihak luar.

Bentuk Informasi Keuangan untuk Pihak Ekstern

Informasi keuangan yang disajikan ke pihak ekstern dapat berupa Laporan laba rugi (Income statement), Laporan perubahan ekuitas (Owner’s equity), Neraca (Balance shee), dan Laporan arus kas (Cash flow statement).

Laporan laba rugi menyajikan informasi mengenai pendapatan dan beban serta laba rugi dari suatu perusahaan selama masa tertentu misalnya satu tahun. Jadi isinya adalah pendapatan dan beban, laba atau rugi.

Laporan perubahan ekuitas meyajikan informasi mengenai besarnya kepentingan pemilik pada awal tahun, perubahannya selama periode tertentu serta besarnya kepentingan pemilik pada akhir tahun.

Neraca menyajikan informasi mengenai harta, utang, dan modal suatu entitas (perusahaan) pada saat tertentu. Sementara itu laporan arus kas menyajikan informasi penerimaan dan pengeluaran uang selama masa tertentu.

Memproses Data Menjadi Laporan Keuangan

Laporan keuangan berupa laporan rugi laba, laporan perubahan modal dan neraca dihasilkan melalui proses berikut ini.

  1. Transaksi keuangan yang relevan dengan perusahaan dicatat dalam bukti transaksi seperti faktur, bukti penerimaan kas, bukti pengeluaran kas, dan lainnya. Faktur merupakan bukti perhitungan penjualan yang dibuat oleh pihak penjual.
  2. Bukti transaksi tersebut dicatat dalam buku jurnal.
  3. Disusun buku besar, yaitu buku tempat mencatat saldo dan perubahan harta, hutang modal, pendapatan, biaya serta pengambilan pemilik atau prive atau dividen (untuk perseroan terbatas).
  4. Pada akhir tahun dilakukan penyesuaian catatan di buku besar (perkiraan buku besar/account) untuk akun yang saldonya belum menunjukkan keadaan yang sesungguhnya. Tindakan ini bisa dilakukan dengan atau tanpa neraca lajur.
  5. Menyusun Neraca saldo yaitu suatu daftar yang memuat jenis-jenis harta, utang, modal, pendapatan, biaya dan prive/dividen beserta saldonya masing-masing.
  6. Berdasarkan Neraca saldo tersebut disusun Laporan keuangan yang dimulai dengan menyusun laporan laba rugi dan laporan perubahan ekuitas serta selanjutnya menyusun neraca.

Laporan arus kas dapat disusun berdasarkan laporan neraca dan laporan laba rugi serta data tambahan yang mendukung transaksi arus perusahaan.

Akuntansi Itu Mudah - Memahami akuntansi dengan kesederhanaanTerimakasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel Ilmu Akuntansi pada blog kami. Harapan kami semoga artikel ini dapat memberikan nilai tambah untuk anda. Saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan guna kemajuan blog kami di masa depan, silahkan menuju page contact us. Sukses untuk anda. Oni Zamroni

 Related on Ilmu Akuntansi
Koreksi Kesalahan dalam Jurnal Akuntansi
Bagaimana mengoreksi kesalahan dalam akuntansi? Koreksi akuntansi. Dalam pencatatan akuntansi terkadang kita melakukan kesalahan dalam melakukan jurnal dan pemosan (posting) transaksi. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai bagaimana kesalahan
Pengantar Akuntansi Dasar
Pengantar Akuntansi Dasar Pengantar akuntansi. Akuntansi adalah kata yang sering dikonotasikan dengan hal yang berbau angka, rumit, dan detail. Akuntansi kerap juga dicampuradukkan dengan tata buku atau pembukuan. Definisi
Double Declining Balance – Metode Penyusutan Aktiva Tetap Saldo Menurun Berganda
Double Declining Balance – Metode Penyusutan Aktiva Tetap Saldo Menurun Berganda Metode ini menggunakan tarif persentase depresiasi yang diambil dari metode garis lurus (straight line) dikalikan dua. Tabel di
Rasio Keuangan : Modal Kerja dan Rasio Lancar
Rasio Keuangan : Modal Kerja dan Rasio Lancar Diposkan Oleh Oni Zamroni Modal kerja dan rasio lancar. Kemampuan perusahaan untuk membayar utangnya disebut solvensi (solvency) – Baca juga: analisis

Related Searches : , , , ,
Selamat datang di akuntansiitumudah.com
Like and Share!

Social PopUP by Timersys
Home | Archive | About Us | Contact Us | Referensi Situs | Privacy Policy | Sitemap | Copyright © Akuntansi Itu Mudah 2014. All Rights Reserved.