Home | Archive | About Us | Contact Us | Submit Article       



Home » General Akuntansi » Jenis-jenis Perusahaan


Jenis-jenis Perusahaan

Category on General Akuntansi


Jenis-jenis Perusahaan

Secara umum, perusahaan (business) adalah organisasi di mana sumber daya (input) seperti bahan baku dan tenaga kerja diproses untuk menghasilkan barang atau jasa (output) bagi pelanggan.

Terdapat tiga jenis perusahaan yang beroperasi untuk menghasilkan laba, yaitu: pabrikan (manufaktur), perusahaan dagang, dan perusahaan jasa. Setiap jenis mempunyai karakteristiknya masing-masing.

Jenis-jenis PerusahaanPabrikan atau perusahaan manufaktur (manufacturing business) mengubah input dasar menjadi produk yang dijual kepada masing-masing pelanggan. Contoh-contoh perusahaan pabrikan dan hasil produk mereka dapat dilihat berikut ini:

Nama Perusahaan Produk
General Motors

General Mills

Boeing

Nike

Coca-Cola

Sony

Mobil, truk, van

Sereal

Pesawat terbang

Sepatu olahraga

Minuman ringan

TV, radio, stereo

Perusahaan dagang (merchandising business) juga menjual produk ke pelanggan. Namun mereka tidak memproduksi barangnya sendiri, tetapi membelinya dari perusahaan lain (misalnya, dari perusahaan pabrikan). Dengan kata lain, perusahaan dagang mempertemukan produk dengan pelanggan. Contoh-contoh perusahaan dagang dan produk yang dijual dapat dilihat pada contoh berikut ini:

Nama Perusahaan Produk
Mal-Mart

Barner & Noble

Toys “R” Us

Circuit City

Lands’ End

Kebutuhan umum

Buku

Mainan

Barang-barang elektronik

Pakaian

Perusahaan jasa (service business) menghasilkan jasa dan bukan barang atau produk untuk pelanggan. Contoh-contoh perusahaan jasa dan jenis jasa yang ditawarkan dapat dilihat pada contoh berikut ini:

Nama Perusahaan Produk
Disney

Delta Air Lines

Marriott Hotels

Merrill Lynch

Sprint

Hiburan

Perhubungan/transportasi

Kenyamanan dan penginapan

Keuangan

Telekomunikasi

Baca artikel lainnya, Pengantar Akuntansi dan Bisnis dan Faktor-faktor Produksi.

Akuntansi Itu Mudah - Memahami akuntansi dengan kesederhanaanTerimakasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel Jenis-jenis Perusahaan pada blog kami. Harapan kami semoga artikel ini dapat memberikan nilai tambah untuk anda. Saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan guna kemajuan blog kami di masa depan, silahkan menuju page contact us. Sukses untuk anda. Oni Zamroni

 Related on Jenis-jenis Perusahaan
Peraturan Perpajakan Indonesia Terbaru Tahun 2013
Peraturan Perpajakan Indonesia Peraturan pajak terbaru. Bagi anda yang ingin mengetahui semua jenis peraturan perpajakan yang ada di Indonesia, silahkan masukan kata kunci peraturan atau nomor peraturan yang diinginkan
Memulai Pembukuan Akuntansi
Memulai pembukuan akuntansi. Halo sahabat akuntansi itu mudah kali ini saya akan membahan pertanyaan yang dikirimkan oleh rekan Oce mengenai bagaimana memulai penyusunan pembukuan akuntansi berikut di bawah ini.
Tutorial eSPT PPh Pasal 21 2014
Tutorial espt pph pasal 21 Sebetulnya espt 21 yang terbaru ini banyak sekali perubahan dari sisi tampilannya maupun dari menu yang ada. Pada saat awal saya menggunakan espt pph
Contoh Laporan Arus Kas Perusahaan
Laporan Arus Kas Laporan arus kas terdiri dari tiga seksi atau bagian yaitu, (1) aktivitas operasi, (2) aktivitas investasi, dan (3) aktivitas pendanaan. Arus kas dari aktivitas operasi Bagian

Related Searches : , , ,
Selamat datang di akuntansiitumudah.com
Like and Share!

Social PopUP by Timersys
Home | Archive | About Us | Contact Us | Referensi Situs | Privacy Policy | Sitemap | Copyright © Akuntansi Itu Mudah 2014. All Rights Reserved.