Jenis Laporan Keuangan Menurut PSAK

Category on Laporan Keuangan

Laporan Keuangan Menurut PSAK

Artikel kali ini blog akuntansi itu mudah akan membahas sedikit mengenai jenis laporan keuangan menurut PSAK, walaupun sedikit mudah-mudahan tetap bisa mengobati rasa keingintahuan anda mengenai tema ini.

PSAK atau Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan merupakan aturan yang digunakan oleh seluruh akuntan atau akunting dalam penyusunan laporan keuangan yang ada di Indonesia. Kita bisa melihat secara garis besar mengenai petunjuk dalam penyusunan laporan keuangan kita.

Laporan keuangan merupakan bentuk pertanggung jawaban atas kegiatan operasional suatu badan usaha, dalam hal ini kegiatan yang berhubungan dengan keuangan kepada pemilik usaha atau kepada pihak-pihak yang berkepntingan (baca: pengguna akuntansi).

jenis laporan keuangan

Berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) terdapat beberapa jenis laporan keuangan antara lain :

  1. Neraca, merupakan laporan yang digunakan dalam rangka nenunjukan seberapa besar aset, kewajiban dan modal suatu perusahaan dalam periode waktu tertentu (baca : laporan neraca).
  2. Laporan laba rugi perusahaan, laporan ini memberikan gambaran mengenai laba atau rugi perusahaan dalam kegiatannya menghasilkan suatu barang atau jasa dan proses penjualannya dalam satu periode. Isi dari laporan laba rugi terdiri dari pendapatan atau penjulan, biaya harga pokok penjualan, biaya administrasi perusahaan, pengasilan dan beban lain-lain (baca : laporan laba rugi).
  3. Laporan perubahan modal, merupakan laporan yang memberikan gambaran mengenai besarnya saldo modal perusahan pada periode tertentu yang dipengaruhi oleh laba atau rugi bersih operasi (baca: laporan perubahan modal).
  4. Laporan arus kas, adalah laporan perputaran penggunaan kas perusahaan yang digolongkan kedalam arus kas operasi, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan(baca : laporan arus kas perusahaan).
  5. Catatan atas laporan keuangan, merupakan penjelasan dari laporan keuangan neraca, laba rugi, perubahan modal, dan arus kas perusahaan serta informasi yang berhubungan dengan kegiatan operasional perusahaan (baca: catatan atas laporan keuangan).

Itulah sedikit informasi mengenai jenis laporan keuangan semoga bermanfaat untuk anda. Untuk artikel lainnya silahkan lihat di menu bar atau ini dia artikel terbaru lainnya, Contoh laporan keuangan perusahaan dagang yang sudah diaudit, contoh laporan keuangan bank syariah, dan pengertian laporan keuangan.