HOME
Home » Akuntansi Biaya » Joint Cost dan Produk Sampingan – Akuntansi Biaya

Joint Cost dan Produk Sampingan – Akuntansi Biaya

Posted at January 19th, 2013 | Categorised in Akuntansi Biaya

Joint Cost dan Produk Sampingan

Joint cost. Pada suatu proses produksi, terutama dalam proses cost system, kerap ditemui suatu tahapan proses yang memakan biaya, namun akan menghasilkan satu atau lebih jenis produk baik setengah jadi atau barang jadi. Misalnya, dalam proses refinery (kilang minyak) minyak bumi. Lewat satu proses dihasilkan dua jenis atau bahkan lebih produk seperti bahan bakar minyak bensin, solar, avtur, dan berbagai macam produk turunannya.

Perhitungan harga pokok bensin misalnya, tentu harus memperhitungkan biaya prosesnya yang ternyata menghasilkan juga produk lain. Tentu biaya refinery ini harus didistribusikan ke semua halis produknya, baik itu produk sampingan maupun by product atau produk lain yang dihasilkan yang sama nilainya dengan produk utama.

Joint CostPenting untuk melakukan identifikasi joint cost ini terutama dalam kaitannya dengan upaya meningkatkan efisiensi perusahaan. Distribusi joint cost ke masing-masing produk dapat dilakukan dengan berbagai metode sepanjang konsisten dan logis. Lihat juga artikel lainnya, sunk cost dan out of pocket cost.