Jurnal Kas Kecil

Kas Kecil

Jurnal kas kecil. Sebagaimana halnya dengan hidup kita sehari-hari, adalah tidak praktis bagi perusahaan untuk menarik (menggunakan) cek untuk membayar pengeluaran kecil seperti perangko pos. Namun, pengeluaran kecil mungkin cukup sering terjadi sehingga jumlah totalnya cukup besar. Karena itu, pengeluaran semacam itu perlu dikendalikan. Untuk itu, dana kas khusus, yang disebut dana kas kecil (petty cash fund) dibentuk.

Untuk mengilustrasikan ayat jurnal yang lazim dibuat sehubungan dengan dana kas kecil, anggaplah dana kas kecil sebesar $100 dibentuk pada tanggal 1 Agustus. Adapun ayat jurnal untuk mencatat transaksi ini adalah sebagai berikut:

1 Agustus,

(Dr) Kas kecil $100

(Cr) Kas $100

Keterangan : Pembentukan dana kas kecil

Pada akhir bulan Agustus, tanda terima kas kecil menunjukan pengeluaran untuk hal-hal berikut: perlengkapan kantor $50 seperti perangko dan lainnya, perlengkapan toko $35, dan pembelian koran (beban administrasi rupa-rupa) $3. Ayat jurnal pengisian kembali mengganti dana kas kecil pada tanggal 31 Agustus adalah sebagai berikut:

31 Agustus,

(Dr) Perlengkapan kantor $50

(Dr) Perlengkapan toko $35

(Dr) Beban administrasi rupa-rupa $3

(Cr) Kas $88

Keterangan : Pengisian kembali dana kas kecil

Pengisian kembali kas kecil mengembalikan jumlah dana tersebut ke jumlah semula, yaitu sebesar $100. Perlu diperhatikan bahwa pada saat pengisian kembali dana kas kecil, akun kas kecil tidak perlu dijurnal. Kas kecil didebit hanya pada saat akun tersebut pertama sekali dibentuk atau pada saat jumlah dana ditingkatkan dikemudian hari. Kas kecil dikredit bila jumlah dana dikurangi.

Jurnal kas kecil

Soal latihan kas kecil untuk anda

Buatlah ayat jurnal untuk membukukan hal-hal berikut:

1). Cek no. 2511 diterbitkan untuk pembentukan dana kas kecil sebesar Rp 5.000.000,-
2). Uang dalam dana kas kecil sekarang berjumlah Rp 790.300,- Cek no. 2555 diterbitkan untuk mengisi kembali dana tersebut berdasarkan ikhtisar tanda terima kas kecil berikut : perlengkapan kantor Rp 250.000,-, beban penjualan rupa-rupa Rp 125.000,-, beban administrasi rupa-rupa Rp 68.000,- (karena jumlah cek yang diterbitkan untuk mengisi kembali dana kas kecil ditambah saldo yang ada tidak sama dengan Rp 5.000.000,-, bukukan selisihnya pada kekurangan dan kelebihan kas.

Untuk latihan di atas silahkan anda jawab sendiri ya, buka buku juga boleh. Kebetulan soal ini saya ambil dari buku prinsip-prinsip akuntansi.

Untuk artikel akuntansi lainnya silahkan dibaca, Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Kontraktor dan Contoh Catatan atas Laporan Keuangan Perusahaan.

tags: , , , , , , ,