HOME
Home » Kamus Akuntansi » Kamus Istilah Akuntansi Online

Kamus Istilah Akuntansi Online

Posted at June 4th, 2012 | Categorised in Kamus Akuntansi

Istilah Akuntansi Bagian A

Kamus Istilah akuntansi Online

Kamus istilah akuntansi online ini bersumber dari beberapa refensi baik offline maupun online dan disusun berdasarkan alfabet pada setiap postingannya.

Accelerated depreciation method > Metode penyusutan dipercepat > Adalah merupakan metode penyusutan yang menyisihkan beban penyusutan yang menyisihkan beban penyusutan yang tinggi dalam tahun pertama penggunaan aktiva dan kemudian dalam peride selanjutnya beban terebut semakin kecil.

Account > Akun/Perkiraan/Rekening > Adalah merupakan kumpulan pos akuntansi yang dipergunakan untuk mencatat pengurangan serta penambahan pada setiap aktiva atau harta, hutang atau kewajiban, modal pemilik, beban serta pendapatan.

Account form of balance sheet > Neraca bentuk perkiraan > Bentuk laporan ini menitik beratkan pada konspep perbandingan dimana posisi pos aktiva ada di sebelah kiri, sementara pos kewajiban serta pemilik modal berada pada sebelah kanan.

Accounting > Akuntansi > Proses pengidentifikasian, pengukuran, dan pengkomunikasian informasi ekonomi agar pemakai informasi dapat mengambil keputusan berdasarkan informasi tersebut.

Accounting cycle > Prosedur utama prinsip akuntansi yang digunakan untuk memproses transaksi selama suatu periode akuntansi (siklus akuntansi).

Accounting equation > Pernyataan hubungan antara aktiva, kewajiban, dan modal pemilik, yang secara umum dinyatakan sebagai Aktiva = Kewajiban + Modal (persamaan akuntansi).

Accounting periode concept > adalah konsep periode akuntansi yang mewajibkan bahwa pelaporan akuntansi harus disusun atas dasar interval atau jarak waktu tertentu.

Accounting system > Sistem akuntansi > Sistem yang memberikan informasi untuk digunakan dalam menjalankan kegiatan perusahaan dan melaporkan kepada pemilik, kreditor, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.

Account payable > Hutang usaha > Kewajiban yang timbul dari pembelian kredit.

Account receivable > Piutang usah > Suatu klaim/tuntutan kepada seorang pelanggan atas penjualan kredit.

Account payable ledger > Buku besar hutang usaha > Buku tambahan yang berisi perkiraan untuk setiap supplier/pemasok (kreditor).

Account Receivable ledger > Buku besar piutang usaha > Buku tambahan yang berisi perkiraan untuk setiap customer/pelanggan (debitor).

Account receivable turnover > Perputaran piutang usaha > Hubungan antara penjualan kredit dan piutang usaha, yang dihitung dengan membagi penjualan kredit bersih dengan rata-rata piutang usaha bersih.

Accrual > Aklrual > Beban atau pendapatan yang secara bertahap bertambah dengan berlalunya waktu.

Accrual basis > Dasar akrual > Pendapatan yang diakui dalam periode dimana pendapatan itu dihasilkan dan beban diakui dalam periode terjadinya selama dalam menghasilkan pendapatan.

Accrued asset (accrued revenue) or accrued liability (accrued expense) > Aktiva (pendapatan) yang masih akan diterima atau kewajiban (beban) yang masih harus dibayar > Suatu aktiva (pendapatan) atau kewajiban (beban) yang semakin bertambah dengan berlalunya waktu dan yang dicatat pada akhir periode akuntansi dengan ayat jurnal penyesuaian.

Accumulated depreciation account > Akun akumulasi penyusutan > Akun kontra aktiva yang digunakan untuk mengakumulasikan penyusutan aktiva tetap sampai dengan periode tertentu.

Acid-test ratio > Rasio cepat > Rasio dari jumlah uang kas, piutang dan surat-surat berharga terhadap kewajiban lancer.

Activy base > Dasar aktivitas > Dasar yang berkaitan paling erat dengan biaya dan kebutuhan pengambilan keputusan manajemen dalam menggunakan biaya itu untuk perencanaan dan pengendalian operasi.

Activity base > Dasar aktivitas > Dasar yang berkaitan paling erat dengan biaya dan kebutuhan pengambilan keputusan manajemen dalam menggunakan biaya itu untuk perencanaan dan pengendalian operasi.

Adequate disclosure > Pengungkapan yang memadai > Konsep bahwa laporan keuangan dan catatan kaki yang menyertainya harus berisi semua data bersangkutan yang dianggap sangat penting bagi pembacanya guna memahami status keuangan perusahaan.

Adjusting entry > Ayat jurnal penyesuaian > Suatu ayat jurnal yang diperlukan pada akhir periode akuntansi untuk mencatat transaksi internal dan untuk memutakhirkan buku besar.

Average rate of return > Tingkat hasil pengembalian rata-rata > Suatu metode evaluasi atas usulan pengeluaran modal yang memusatkan pada profitabilitas yang diharapkan dari investasi tersebut.

Average cost method > Metode harga pokok rata-rata > Metode penetapan harga pokok persediaan berdasarkan asumsi bahwa harga pokok persediaan berdasarkan asumsi bahwa harga pokok (biaya) harus dibebankan terhadap pendapatan menurut harga pokok rata-rata tertimbang per unit barang yang dijual.

Asset > Aktiva/harta > Kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan atau entitas bisnis.

Articles of partnership > Akte pendirian persekutuan > Suatu perjanjian resmi tertulis untuk mendirikan persekutuan (partnership).

Appropriation of retained earnings > Apropriasi laba yang ditahan > Jumlah laba yang ditahan suatu perseroan yang telah diperuntukkan bagi keperluan tertentu, sehingga tidak boleh dibagikan sebagai dividen kepada pemegang saham.

Annuity > Anuitas > Serangkaian arus kas yang sama pada selang waktu yang tetap.

Amortization > Amotisasi > Beban periodik yang disebabkan oleh turunnya kegunaan suatu aktiva tak berwujud atau alokasi premi atau diskonto obligasi selama umur obligasi tersebut.

American Institute of CPAs (AICPA) > Institut akuntan publik berijazah Amerika > Organisasi profesi nasional akuntan publik berijazah di Amerika.

Allowance method > Metode penyisihan > Metode akuntansi untuk piutang tak tertagih, dengan menetapkan suatu jumlah tertentu yang disisihkan di muka untuk piutang atau pos yang tidak tertagih.

Aging the receivables > Menyusun daftar piutang menurut umur piutang > Proses penganalisaan piutang usaha dan mengklasifikasikannya sesuai dengan kelompok umurnya, di mana umur tersebut didasarkan pada tanggal jatuh temponya.

Administration expense > Beban administrasi > Suatu beban yang dikeluarkan dalam operasi administrasi atau umum dari suatu perusahaan.

Mohon maaf, update kamus istilah akuntansi online yang kami sajikan saat ini masih belum lengkap, jika teman-teman berniat untuk menyumbangkan istilah-istilah akuntansi ke website ini silahkan kirim di posing komentar. Terima kasih. ^^