Istilah Akuntansi Keuangan

Category on Kamus Akuntansi

Istilah Akuntansi Bagian B

Berikut adalah kumpulan istilah-istilah akuntansi yang berawalan dari huruf B, sebagai berikut :

Balance of an account > Saldo perkiraan > Jumlah selisih antara debet dan kredit yang telah dimasukkan ke dalam suatu perkiraan.

Balance sheet > Neraca > Laporan keuangan yang berisi daftar aktiva, kewajiban, dan modal pemilik suatu perusahaan pada suatu tanggal tertentu.

Bank reconciliation > Rekonsiliasi bank > Metode analisis yang merinci pos-pos yang menyebabkan perbedaan antara saldo kas yang dilaporkan kedalam rekening koran bank dan saldo perkiraan kas dalam buku besar.

By-produc > Produk sampingan > Suatu produk, yang dihasilkan dari proses produksi tetapi nilainya sangat kecil dibandingkan dengan produk utamanya atau produk gabungan.

Business transaction > Transaksi usaha > Terjadinya suatu peristiwa atau suatu keadaan yang harus dicatat dalam transaksi akuntansi.

Business entity concept > Konsep kesatuan usaha > Konsep yang mengasumsikan bahwa akuntansi diterapkan untuk unit-unit ekonomi individual dan bahwa setiap unit terpisah serta berbeda dari kesatuan unit yang lain.

Budget performance report > Laporan prestasi anggaran > Suatu laporan yang membandingkan hasil sebenarnya dengan angka anggaran.

Budget > Anggaran > Suatu pernyataan tertulis dari rencana manajemen untuk masa depan yang dinyatakan dalam satuan keuangan.

Break-even point > Titik impas > Tingkat operasi perusahaan, dimana nilai antara pendapatan dan beban sama.

Boot > Tombokan > Saldo yang harus dibayar kepada pemasok apabila aktiva lama ditukar dengan aktiva yang baru.

Bond indenture > Perjanjian obligasi > Suatu perjanjian antara perusahaan yang mengeluarkan obligasi dan pemegang obligasi.

Bond > Obligasi > Suatu bentuk wesel berbunga yang digunakan oleh perusahaan untuk meminjam uang dalam jangka panjang.

Betterments > Perbaikan > Pengeluaran yang meningkatkan efisiensi atau kapasitas operasi untuk umur kegunaan yang tersisa dari suatu aktiva tetap.

Demikian penjabaran dari kamus istilah akuntansi bagian B, jika teman-teman ada yang ingin menambahkan istilah akuntansi di atas, mohon untuk menambahkan pada kolam komentar yang tersedia. ^^

tags: , , ,