Home | Archive | About Us | Contact Us | Sign to Forum       



Home » Kamus Akuntansi » Istilah Akuntansi dan Pengertiannya


Istilah Akuntansi dan Pengertiannya

Category on Kamus Akuntansi


Istilah Akuntansi Bagian C

Capital expenditure > Pengeluaran modal > Biaya yang menambah kegunaan aktiva selama lebih dari satu periode akuntansi.

Capital expenditures budget > Anggaran pengeluaran modal > Anggaran yang mengikhtisarkan rencana perolehan fasilitas pabrik dan peralatan di masa yang akan datang.

Capital investment analysis > Analisis investasi modal > Suatu proses dimana mana manajemen merencanakan, mengevaluasi, dan mengendalikan investasi modal jangka panjang yang meliputi kekayaan, pabrik, dan peralatan.

Capital lease > Lease modal > Suatu lease yang memuat satu atau lebih dari empat ketentuan, yang menetapkan bahwa aktiva yang dilease tersebut diperlakukan sebagai aktiva yang dibeli dalam perkiraan.

Current ratio > Rasio lancar > Rasio aktiva lancar terhadap kewajiban lancar.

Current liability > Kewajiban lancar > Suatu kewajiban yang akan jatuh tempo dalam waktu dekat (biasanya dalam satu tahun atau kurang) dan yang akan dibayar dari aktiva lancar.

Current cost > Biaya masa berjalan > Jumlah kas yang harus dibayarkan saat ini untuk membeli aktiva dengan umur dan kondisi yang sama seperti aktiva yang ada.

Current asset > Aktiva lancar > Uang kas ataupun aktiva lainnya yang diharapkan dapat ditukar menjadi uang kas atau dijual atau dikonsumsi, yang biasanya dalam jangka waktu satu tahun atau kurang, melalui operasi normal (biasa) perusahaan.

Cumulative preferred stock > Saham prefern kumulatif > Saham preferen (istimewa) yang berhak atas dividen tahun berjalan dan tahun-tahun sebelumnya sebelum dividen boleh dibagikan untuk saham-saham biasa.

Credit memorandum > Nota kredit > Formulir yang diterbitkan oleh penjual untuk memberitahukan kepada debitor bahwa dalam perkiraan piutang usaha debitor telah dibukukan suatu jumlah kredit.

Credit > Kredit > Sisi kanan perkiraan, jumlah yang dibukukan ke sisi kanan perkiraan, membukukan suatu jumlah ke sisi kanan perkiraan.

Cost-volume-profit chart > Bagan biaya-volume-laba > Suatu bagan yang digunakan untuk membantu manajemen memenuhi hubungan antara biaya, beban, penjualan dan rugi atau laba operasi.

Cost-volume-profit analysis > Analisis biaya-volume-laba > Penelaahan sistematik atas hubungan antara harga jual, volume penjulan dan produksi, biaya, beban, penjualan dan laba.

Cost > Biaya > Pengeluaran kas atau komitmen untuk memayar kas dimasa depan dengan tujuan menghasilkan pendapatan.

Cost principle > Prinsip harga perolehan > Prinsip yang menyatakan bahwa harta atau jasa yang dibeli atau diperoleh dicatat sebesar harga perolehannya.

Cost of production report > Laporan biaya produksi > Suatu laporan yang disediakan secara periodik oleh bagian pemrosesan yang mengikhtisarkan (a) jumlah unit yang menjadi tanggung jawab bagian yang bersangkutan beserta disposisi unit-unit tersebut dan (b) biaya yang dibebankan ke bagian tersebut dan pengalokasian biaya ini.

Cost of merchandise sold > Harga pokok penjualan > Biaya untuk memproduksi barang yang terjual.

Cost method > Metode harga perolehan > Suatu metode akuntansi untuk investasi dalam saham, dengan mana pihak investor mengakui bagian dividen tunai yang diterimanya dari perusahaan (investee) sebagai pendapatan.

Cost ledger > Buku tambahan biaya > Buku tambahan yang digunakan dalam sistem biaya pesanan yang berisi satu perkiraan untuk setiap pesanan.

Cost center > Pusat biaya > Suatu unit terdesentralisasi dimana manajer departemen atau divisi mempunyai tanggung jawab untuk mengendalikan biaya yang dikeluarkan dan wewenang untuk mengambil keputusan yang mempengaruhi biaya-biaya ini.

Cost behavior > Perilaku biaya > Cara biaya berubah dalam kaitan dengan dasar aktivitasnya.

Cost accounting system > Sistem akuntansi Biaya > Suatu sistem akuntansi yang menggunakan sistem akuntansi persediaan perpetual untuk tiga persediaan pabrikasi: bahan langsung, barang dalam proses, dan barang jadi.

Corporation > Perseroan > Suatu kesatuan hukum terpisah yang didirikan sesuai dengan undang-undang dan pemilikannya dibagi lembar-lembar saham.

Conversion cost > Biaya konversi > Gabungan biaya pekerja langsung dan biaya overhead pabrik.

Controlling account > Perkiraan pengendali > Suatu perkiraan dalam buku besar, yang mengikhtisarkan saldo buku tambahan.

Controller > Kontroler > Akuntan manajemen kepala dari suatu organisasi.

Controllable cost > Biaya yang dapat dikendalikan > Untuk tingkat manajemen tertentu, suatu biaya yang dapat dikendalikan secara langsung.

Control > Pengendalian > Proses mengarahkan operasi guna mencapai sasaran dan rencana organisasi.

Contribution margin ratio > Rasio marjin kontribusi > Presentasi setiap rupiah penjualan yang tersedia untuk menutup beban tetap dan memberikan laba operasi.

Contribution margin analysis > Analisis marjin kontribusi > Pemeriksaan sitematis atas perbedaan antara marjin kontribusi yang direncanakan dan yang sebenarnya.

Contribution margin > Marjin kontribusi > Penjualan dikurangi beban variabel harga pokok penjualan, beban penjualan dan beban administrasi variabel.

Contract rate of interest > Suku bunga kontrak > Suku bunga yang ditetapkan atas obligasi.

Contra account > Perkiraan kontra > Suatu perkiraan yang mengimbangi (offset) perkiraan lain.

Continuous budgeting > Penganggaran berlanjut > Metode penganggaran yang mempertahankan proyeksi dua belas bulan ke muka.

Contingent liability > Kewajiban kontinjen > Kewajiban potensial yang akan benar-benar terjadi apabila di kemudian hari terjadi peristiwa tertentu.

Consolidation > Konsolidasi > Pembentukan perseroan baru dengan penyerahan aktiva dan kewajiban dua atau lebih perseroan yang telah ada kepada perseroan baru.

Consolidated statement > Laporan konsolidasi/gabungan > Suatu laporan keuangan yang berasal dari penggabungan laporan perusahaan induk dan laporan perusahaan anak.

Consistency > Konsistensi > Konsep yang mengasumsikan bahwa prinsip-prinsip akuntansi yang lazim yang sama telah dipakai dalam penyiapan laporan keuangan secara terus-menerus.

Conservatism > Konservatisme > Konsep yang menyatakan bahwa dalam memilih dari sekian alternatif, maka metode atau prosedur yang menghasilkan jumlah laba bersih yang paling kecil atau nilai aktiva yang paling rendah harus dipilih.

Composite-rate depreciation method > Metode penyusutan dengan tarif gabungan > Suatu metode penyusutan yang menggunakan satu tarif tertentu untuk seluruh kelompok aktiva.

Complate-contract method > Metode kontrak selesai > Metode yang mengakui pendapatan dari kontrak pembangunan jangka panjang pada saat proyek selesai.

Common stock > Saham biasa > Suatu kelompok pemilikan dasar dari modal saham perseroan.

Common-size statement > Laporan dalam persentase > Laporan keuangan dimana semua pos hanya dinyatakan dalam ukuran relatifnya.

Closing entry > Ayat jurnal penutup > Suatu ayat jurnal yang diperlukan untuk menghilangkan saldo perkiraan sementara agar siap pakai bagi periode akuntansi selanjutnya.

Check register > Register cek > Bentuk jurnal pengeluaran kas yang dimodifikasi untuk mencatat semua transaksi yang yang dibayar dengan cek.

Chart of accounts > Bagan perkiraan > Daftar dari semua perkiraan yang digunakan oleh suatu perusahaan.

Cash receipt journal > Jurnal penerimaan kas > Jurnal untuk mencatat semua penerimaan kas.

Cash payment journal > Jurnal pengeluaran kas > Jurnal untuk mencatat seluruh pengeluaran kas.

Cash payback period > Periode kembalinya dana kas > Taksiran jangka waktu antara tanggal pengeluaran modal dan pengembaliannya dalam bentuk uang kas (atau ekuivalen uang kas) atas jumlah yang telah ditanamkan.

Cash flows from operating activities > Arus kas dari aktivitas operasi > Bagian dari laporan arus kas dimana dilaporkan transaksi kas yang masuk ke dalam penentuan laba bersih.

Cash flows from investing activities > Arus kas dari aktivitas investasi > Bagian dari laporan arus kas dimana dilaporkan aktivitas yang melibatkan penerimaan kas dari penjualan investasi, aktiva tetap, dan aktiva tak lancar lainnya; dan pembayaran kas untuk akuisisi investasi, aktiva tetap, dan aktiva tak lancar lainnya.

Cash flows from financing activities > Arus kas dari aktivitas keuangan > Bagian dari laporan arus kas dimana dilaporkan transaksi yang melibatkan penerimaan kas dari penerbitan ekuitas dan surat hutang, dan pembayaran kas untuk dividen, pembelian kembali surat berharga ekuitas, dan penarikan surat hutang.

Cash dividend > Dividen tunai > Pembagian uang kas oleh suatu perseroan kepada para pemegang sahamnya.

Cash discount > Potongan tunai > Potongan yang diberikan jika faktur dibayar dalam periode tertentu.

Cash basis > Dasar kas > Pendapatan diakui pada saat kas diterima, dan beban diakui pada saat kas dibayarkan.

Cash > Kas > Suatu alat tukar yang diterima bank dalam nilai nominalnya.

Carrying amount > Jumlah tercatat > Suatu jumlah dimana investasi sementara atau jangka panjang atau kewajiban jangka panjang dicatat pada neraca; disebut juga nilai dasar atau nilai buku.

Capital stock > Modal saham > Lembar bukti pemilikan atas suatu perseroan.

Capital rationing > Pengalokasian modal > Suatu proses dimana manajemen mengalokasikan dana investasi yang tersedia diantara usulan-usulan investasi modal yang direncanakan.

Kami akan terus meng-update kamus istilah akuntansi bagian C, jika ada yang ingin menyumbang istilah akuntansi silahkan isikan pada kolom komentar yang telah kami sediakan.



Akuntansi Itu Mudah - Memahami akuntansi dengan kesederhanaanTerimakasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel Istilah Akuntansi dan Pengertiannya pada blog kami. Harapan kami semoga artikel ini dapat memberikan nilai tambah untuk anda. Saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan guna kemajuan blog kami di masa depan, silahkan menuju page contact us. Sukses untuk anda. Oni Zamroni

 Related on Istilah Akuntansi dan Pengertiannya
PPN : Kegiatan Membangun Sendiri
Pajak Pertambahan Nilai yang dikenakan atas Kegiatan Membangun Sendiri (KMS) Berdasarkan PMK No. 39/PMK.03/2010 Oleh : Agus Sulaeman Kegiatan membangun sendiri. Kali ini saya akan membahas tentang kegiatan membangun sendiri (KMS)
Dasar-dasar Akuntansi
Mengenal Dasar-dasar Akuntansi Oleh Oni Zamroni Untuk memulai pembuatan laporan keuangan akuntansi, tentunya hal tersebut akan sia-sia jika kita tidak memplajari dasar-dasar akuntansi terlebih dahulu. Pada dasarnya akuntansi adalah
Informasi Akuntansi
Informasi Akuntansi Baca selengkapnya …
Karakteristik Suatu Akun
Karakteristik Suatu Akun Akun yang paling sederhana mempunyai tiga bagian. Pertama, setiap akun mempunyai judul, yakni nama transaksi yang akan dicatat dalam akun tersebut. Kedua, setiap akun mempunyai ruang

Home | Archive | About Us | Contact Us | Referensi Situs | Privacy Policy | Sitemap | Copyright © Akuntansi Itu Mudah 2014. All Rights Reserved.