Istilah Istilah Akuntansi dalam Bahasa Inggris

Category on Kamus Akuntansi

Istilah Akuntansi Bagian D

Debit > Debet > Sisi kiri perkiraan > Jumlah yang dibukukan ke sisi kiri perkiraan. Membukukan suatu jumlah ke sisi kiri perkiraan.

Debit memorandum > Nota debet > Formulir yang dikeluarkan oleh pembeli untuk memberitahukan kepada kreditor bahwa telah dibukukan sejumlah tertentu pada sisi debet di akun utang usaha kreditor.

Debt scurity > Surat berharga hutang > Obligasi atau wesel bayar.

Decentralization > Desentralisasi > Pemisahan perusahaan menjadi unit-unit yang lebih dapat dikelola.

Declining-balance depreciation method > Metode penyusutan saldo menurun > Suatu metode penyusutan dimana jumlah pembebanan biaya penyusutan periodik suatu aktiva semakin menurun selama umur taksiran aktiva tersebut.

Drawings > Penarikan > Jumlah penarikan yang diambil oleh pemilik tunggal atau sekutu.

Double-entry accounting > Akuntansi berpasangan > Suatu sistem pencatatan transaksi yang didasarkan pada pencatatan kenaikan dan penurunan dalam perkiraan-perkiraan, sehingga debet selalu sama dengan kreditnya.

Dishonored note receivable > Wesel tagih yang ditolak bank > Suatu wesel, dimana pada tanggal jatuh temponya pihak yang mengeluarkan tidak dapat melunasi.

Discretionary cost > Biaya diskresionari > Biaya yang tidak esensial untuk operasi jangka pendek.

Discount rate > Tarif diskonto > Tarif yang digunakan dalam menghitung bunga yang akan dikurangkan dari nilai jatuh tempo wesel.

Discounted internal rate of return methode > Metode tingkat pengembalian internal yang didiskontokan > Suatu metode analisis usulan investasi modal yang memusatkan pada penggunaan konsep nilai sekarang untuk menghitung tingkat pengembalian arus kas bersih yang diharapkan dari investasi.

Discounted cash flow methode > Metode arus kas yang didiskontokan > Suatu metode analisis usulan investasi modal yang memusatkan pada nilai sekarang arus kas yang diharapkan dari investasi.

Discount > Diskonto > (a) Bunga yang dikurangkan dari nilai jatuh tempo suatu wesel; (b) kelebihan atas nilai pari saham atas harga jualnya; (c) kelebihan nilai nominal obligasi atas harga pengeluarannya.

Discountinued operations > Operasi yang dihentikan > Operasi suatu segmen perusahaan yang telah dihentikan.

Direct write-off methode > Metode pengahpusan langsung > Suatu metode akuntansi untuk piutang tak tertagih, dimana beban hanya diakui apabila piutang tertentu diputuskan tidak akan tertagih.

Direct methode > Metode langsung > Suatu metode pelaporan arus kas dari aktivitas operasi sebagai perbedaan antara penerimaan kas operasi dan pembayaran kas operasi.

Direct materials quantity variance > Varians kuantitas bahan langsung > Biaya yang berkaitan dengan perbedaan antara kuantitas standar dan kuantitas sebenarnya dari bahan langsung yang digunakan dalam memproduksi suatu barang.

Direct materials price variance > Varians harga bahan langsung > Biaya yang dikaitkan dengan perbedaan antara harga standar dan harga sesungguhnya bahan langsung yang digunakan untuk memproduksi suatu barang.

Direct materials inventory > Persediaan bahan langsung > Biaya bahan langsung yang langsung masuk dalam proses pabrikasi.

Direct material cost > Biaya bahan langsung > Biaya bahan langsung yang belum memasuki proses pabrikasi.

Direct labor labor time variance > Varains jam pekerja langsung > Biaya yang dikaitkan dengan perbedaan antara jam kerja standard an jam kerja sebenarnya dari para pekerja langsung yang digunakan untuk memproduksi suatu barang.

Direct labor rate variance > Varians tariff pekerja langsung > Biaya yang dikaitkan dengan perbedaan tarif standard an tarif sebenarnya yang dibayar untuk pekerja langsung yang digunakan dalam memproduksi suatu barang.

Direct labor cost > Biaya pekerja langsung > Upah dari pekerja pabrik yang mengubah bahan menjadi barang jadi.

Direct expense > Beban langsung > Suatu beban yang secara langsung dapat ditelusuri atau timbul demi keuntungan suatu departemen tertentu dan biasanya berada di bawah pengendalian manajer departemen.

Direct cost > Biaya langsung > Suatu biaya yang dapat ditelusuri langsung ke suatu unit dalam suatu perusahaan atau organisasi.

Differential revenue > Pendapatan diferensial > Jumlah kenaikan atau penurunan pendapatan yang diharapkan dari tindakan tertentu dibandingkan dengan alternatif lainnya.

Differential cost > Biaya diferensial > Jumlah kenaikan atau penurunan biaya yang diharapkan dari tindakan tertentu dibandingkan dengan alternatif lainnya.

Differential analysis > Analisis diferensial > Bidang akuntansi yang menganalisis pengaruh tindakan alternatif terhadap pendapatan dan biaya.

Depreciation > Penyusutan > Menurunnya kegunaan semua aktiva tetap selain tanah.

Depletion > Deplesi > Harga perolehan biji logam dan mineral lainnya yang ditambang dari bumi.

Departemental margin > Laba departemen > Laba kotor departemen dikurangi beban langsung departemen.

Deficit > Defisit > Saldo debet dalam perkiraan laba yang ditahan.

Deficiency > Kekuarangan, defisiensi > Saldo debet dalam perkiraan modal pemilik perusahaan perorangan atau seorang sekutu.

Deferral > Penangguhan/transitoris > Suatu penangguhan pengakuan beban yang telah dibayar atau pendapatan yang telah diterima.

Simak juga pada istilah akuntansi sebelumnya yaitu kamus akuntansi bagian C.

tags: , ,