Kamus Akuntansi Indonesia Inggris

Category on Kamus Akuntansi

Istilah Akuntansi Bagian I

Income summary account > Perkiraan ikhtisar laba-rugi > Perkiraan yang digunakan dalam proses penutupan buku besar untuk mengikhtisarkan perkiraan pendapatan dan beban.

Income from operation > Laba operasi > Kelebihan laba kotor atas total beban operasi.

Income statement > Perhitungan laba-rugi > Laporan laba rugi > Ikhtisar pendapatan dan beban satu kesatuan usaha untuk jangka waktu tertentu.

Invoice > Faktur > Nota tagihan yang dikeluarkan oleh penjual (disebut faktur pajak penjualan) kepada seorang pembeli (disebut faktur pajak pembelian) untuk barang yang dibeli.

Investment center > Pusat investasi > Suatu unit terdesentralisasi dimana manajer mempunyai tanggung jawab dan wewenang untuk mengambil keputusan yang mempengaruhi tidak hanya biaya dan pendapatan, tetapi juga aktiva tetap yang tersedia pada pemusatan tersebut.

Inventory turnover > Perputaran persediaan > Hubungan antara volume barang terjual dan persediaan, yang dihitung dengan membagi harga pokok penjualan dengan persediaan rata-rata.

Internal controls > Pengendalian internal > Prosedur rinci yang diikuti perusahaan untuk mengendalikan operasinya.

Interim statement > Laporan interim > Laporan keuangan yang dikeluarkan untuk suatu periode yang kurang dari satu tahun fiskal.

Intangible asset > Aktiva tak berwujud > Aktiva berumur panjang dalam opersi perusahaan yang tidak disimpan untuk dijual, dan tidak mempunyai bentuk fisik.

Installment method > Metode cicilan > Metode pengakuan pendapatan, dimana setiap penerimaan kas dari penjualan cicilan dianggap terdiri dari pembayaran sebagian harga pokok barang yang dijual dan laba kotornya.

Inflation > Inflasi > Suatu periode dimana harga-harga umum naik dan daya beli uang turun.

Indirect method > Metode tak langsung > Suatu metode pelaporan arus kas dari aktivitas operasi sebagai laba bersih operasi yang disesuaikan untuk semua deferral dari penerimaan dan pembayaran kas dimasa lalu dan semua akrual dari penerimaan dan pengeluaran kasi dimasa depan yang diperkirakan.

Indirect expense > Beban tak langsung > Suatu beban yang timbul untuk keseluruhanp perusahaan sebagai unit dan bukan dibawah pengendalian manajer masing-masing departemen.

Indirect cost > Biaya tak langsung > Suatu biaya untuk unit tertentu dalam perusahaan atau organisasi, tidak dapat ditelusuri secara langsung pada unit itu.

Beberapa dalam kamus akuntansi ini telah kami update guna kelengkapan istilah akuntansi pada blog ini.

tags: , , ,