Kamus Akuntansi Gratis

Category on Kamus Akuntansi

Istilah Akuntansi Bagian M

Managerial accounting > Akuntansi manajerial > Cabang akuntansi yang memakai data historis dan estimasi dalam memberikan informasi yang diperlukan manajemen dalam melaksanakan operasi sehari-hari dan dalam merencanakan operasi masa depan.

Multiple-step income statement > Perhitungan laba-rugi bertahap > Suatu perhitungan laba-rugi, dimana dicantumkan banyak bagian dan subbagian dengan beberapa saldo antara sebelum sampai ke laba bersih.

Mixed cost > Biaya campuran > Suatu biaya dengan cirri khas variabel dan tetap, yang sering kali disebut biaya semivariabel dan semitetap.

Minority interest > Kepentingan/hak minoritas > Sebagian modal perusahaan anak yang tidak dimiliki oleh perusahaan induknya.

Merger > Fusi > Penggabungan dua perseroan dengan pembelian harta kekayaan salah satu perseroan oleh perseroan lainnya, dan pembubaran salah satu perseroan (yang hartanya dibeli).

Merchandise inventory > Persediaan barang dagang > Barang dagang yang masih ada dan siap untuk dijual.

Maturity value > Nilai jatuh tempo > Jumlah pada tanggal jatuh tempo atau pada saat jatuh tempo wesel.

Materiality > Materialitas > Konsep yang mengakui praktek pengabaian penyimpangan kecil atau tidak berarti dari prinsip-prinsip akuntansi yang lazim.

Matching > Penandingan > Suatu prinsip akuntansi dimana semua pendapatan harus ditandingkan dengan beban yang timbul untuk memperoleh pendapatan selama jangka waktu tertentu.

Markup > Penaikan harga jual > Suatu jumlah yang ditambahkan pada jumlah biaya untuk menentukan harga produk.

Market (sales) value method > Metode nilai pasar (penjualan) > Metode pengalokasian biaya gabungan diantara produk-produk sesuai dengan nilai penjualan relatifnya.

Marketable security > Surat berharga > Suatu investasi dalam surat berharga yang dapat dijual dengan segera jika uang kas diperlukan.

Margin of safety > Margin pengaman > Selisih antara pendapatan penjualan pade periode berjalan dan penjualan pada titik impas (break even point).

Marginal revenue > Pendapatan marjinal > Kenaikan dalam total pendapatan yang direalisasikan dari penjualan suatu unit produk tambahan.

Marginal cost > Biaya marginal > Kenaikan dalam total biaya produksi dan penjualan suatu unit produk tambahan.

Manufacturing margin > Marjin pabrikasi > Penjualan dikurangi harga pokok dari barang yang dijual.

Istilah akuntansi ini masih jauh dari lengkap, jika rekan-rekan ingin menambahkan istilah akuntansi bagian M yang lain, monggo untuk mengisi di kolom komen.

tags: , , ,