Kamus Istilah Akuntansi Bagian N

Post On: 12 September 2012
September 12, 2012

Istilah Akuntansi Bagian N

Natural business year > Tahun usaha alami > Suatu tahun yang berakhir apabila kegiatan perusahaan telah mencapai titik terendah dalam siklus operasi tahunannya.

Net income > Laba bersih > Angka terakhir dalam perhitungan laba-rugi apabila pendapatan melebihi beban.

Number of days sales in receivables > Jumlah hari penjualan dalam piutang > Hubungan antara penjualan kredit dan piutang usaha, yang dihitung dengan membagi piutang usaha bersih pada akhir tahun dengan rata-rata penjualan kredit harian.

Number of days sales in inventory > Jumlah hari penjualan dalam persediaan > Hubungan antara volume penjualan dan persediaan, yang dihitung dengan membagi persediaan barang dagang pada akhir tahun dengan harga pokok penjualan rata-rata per hari.

Note receivable > Wesel tagih > Janji tertulis untuk membayar, yang merupakan jumlah yang akan diterima oleh suatu perusahaan.

Note payable > Wesel bayar > Janji tertulis untuk membayar, yang merupakan jumlah yang terhutang oleh suatu perusahaan.

Noncontrollable cost > Biaya yang tidak dapat dikendalikan > Untuk suatu tingkat manajemen tertentu, biaya tidak dapat dikendalikan secara langsung.

Nominal account > Perkiraan nominal > Perkiraan pendapatan atau beban yang secara periodik ditutup ke perkiraan ikhtisar laba rugi; perkiraan modal pemilik sementara.

Net worth > Kekayaan bersih > Modal pemilik dalam suatu perusahaan.

Net realizable value > Nilai bersih yang dapat direalisasikan > Jumlah yang harus dinilai untuk barang dagang yang dapat dijual hanya pada harga di bawah harga pokok, yang ditentukan dengan harga penjualan dikurangi setiap biaya pelepasan langsung.

Net pay > Penghasilan bersih > Penghasilan kotor dikurangi potongan upah/gaji; jumlah yang harus dibayarkan majikan kepada karyawan.

Net loss > Rugi bersih > Angka terakhir dalam perhitungan laba-rugi apabila pendapatan kurang dari beban.

Apabila ada tambahan istilah akuntansi dari rekan-rekan silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah, guna kelengkapan kamus istilah akuntansi bagian N.

Tags: , , ,

Related to Kamus Istilah Akuntansi Bagian N