Kamus Istilah Akuntansi Bagian O

Category on Kamus Akuntansi

Istilah Akuntansi Bagian O

Objectivity concept > Konsep objektivitas > Adalah konsep yang mengharuskan agar catatan dan laporan akuntansi didasarkan pada bukti objektif.

Owner’s equity > Modal pemilik > Hak para pemilik dalam suatu perusahaan.

Overapplied factory overhead > Overhead pabrik yang dibebankan terlalu besar > Jumlah biaya overhead pabrik yang dibebankan lebih besar dari biaya overhead pabrik sebenarnya untuk produksi selama satu periode.

Other income > Pendapatan lain-lain > Pendapatan yang berasal dari sumber yang bukan kegiatan utama perusahaan.

Other expense > Beban lain-lain > Suatu beban yang tidak dapat dikaitkan secara pasti dengan operasi perusahaan.

Opportunity cost > Biaya kesempatan > Jumlah laba yang akan diperoleh dari alternative terbaik yang tersedia untuk usulan penggunaan kas atau ekuivalennya.

Operating lease > Lease operasi > Lease yang tidak memenuhi kriteria sebagai lease modal, dan dengan demikian harus diperlakukan sebagai beban operasi, sehingga kewajiban lease di masa datang dan juga hak penggunaan aktiva yang dilease tidak diakui dalam perkiraan.

Over Applied Factory Overhead > the amount of factory overhead applied in excess of the actual factory overhead costs incurred for production during a period.

Outstanding Stock > the stock that is in the hands of stockholders.

Other Income > revenue from sources other than the primary operating activity of a business.

Other Expense > an expense that cannot be traced directly to operations.

Opportunity Cost > the amount of income forgone from an alternative use of cash or its equivalent.

Operating Leverage > a measure of the relative mix of a business’s variable costs and fixed costs, computed as contribution margin divided by operating income.

Operating Leases > leases that do not meet the criteria for capital leases and thus are accounted for as operating expenses.

Obligasi Syari’ah Ijarah > Obligasi syariah yang mengacu pada akad ijarah

Obligasi Syariah Mudharabah > Obligasi syariah yang mengacu pada akad mudharabah

Obligasi Syariah > Suatu surat berharga jangka panjang berdasarkan prinsip syariah yang dikeluarkan oleh Emiten kepada pemegang obligasi syariah yang mewajibkan emiten untuk membayar pendapatan kepada pemegang obligasi syariah berupa bagi hasil/marjin/fee serta membayar kembali dana obligasi pada saat jatuh tempo.

Obligasi > Surat utang (bond); Surat utang yang diterbitkan oleh badan usaha atau pemerintah sebagai tanda bukti pinjaman jangka panjang

Bagi rekan-rekan yang memiliki koleksi istilah akuntansi, silahkan share ke blog kami guna kelengkapan daftar istilah akuntansi bagian O.

tags: , , ,