Kamus Istilah Akuntansi Bagian P

Category on Kamus Akuntansi

Kamus Istilah Akuntansi Bagian P

Paid-in capital > Modal disetor > Modal yang diperoleh dari para pemegang saham.

Par > Pari (nominal) > Angka yang tercetak pada sertifikat saham.

Parent company > Perusahaan induk > Suatu perusahaan yang memiliki mayoritas saham yang mempunyai hak suara dari perusahaan lain.

Purchases returns and allowances > Retur dan pengurangan pembelian > Pengurangan dalam pembelian, yang timbul dari barang dagang yang dikembalikan kepada pemasok untuk harga pembelian semula; suatu perkiraan kontra untuk pembelian.

Purchases journal > Jurnal pembelian > Jurnal untuk mencatat semua pembelian kredit.

Purchases discount > Potongan pembelian > Suatu potongan yang diambil oleh pembeli karena pembayaran faktur secara lebih awal; suatu perkiraan kontra terhadap pembelian.

Purchase requisition > Permintaan pembelian > Suatu dokumen yang digunakan untuk memberi tahu departemen pembelian bahwa barang-barang tertentu diperlukan oleh perusahaan.

Purchase order > Pesanan pembelian > Dokumen yang dikeluarkan oleh departemen pembelian kepada pemasok, yang meminta pengiriman barang tertentu.

Purchase method > Metode pembelian > Metode akuntansi yang digunakan apabila perusahaan induk mengambil kendali atas saham berhak suara dari perusahaan anak lain tidak dengan menukarkan saham biasa berhak suara.

Public accounting > Akuntansi publik > Suatu profesi yang anggotanya memberikan jasa akuntansi atas dasar honorarium (fee).

Promissory note > Surat promes (wesel) > Suatu janji tertulis untuk membayar sejumlah uang tertentu pada saat diminta atau pada tanggal tertentu.

Profit-volume chart > Bagan laba-volume > Suatu bagan yang digunakan untuk membantu manajemen dalam memahami hubungan antara laba dan volume.

Profit margin > Marjin laba > Suatu komponen dari tingkat pengembalian investasi, yang dihitung sebagai rasio laba operasi terhadap penjualan.

Profit center > Pusat laba > Suatu unit terdesentralisasi di mana manajer mempunyai tanggung jawab dan wewenang untuk mengambil keputusan yang mempengaruhi biaya dan pendapatan (dan dengan demikian laba).

Profitability > Profitabilitas > Kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba.

Product life cycle > Siklus umur produk > Suatu konsep yang mengasumsikan bahwa suatu produk melewati berbagai tahap dari saat diperkenalkan sampai hilang dari pasaran.

Product cost > Biaya produk > Ketiga komponen biaya pabrikasi: biaya bahan langsung, pekerja langsung, dan overhead pabrik.

Buat rekan-rekan yang ingin berpartisipasi dalam mengisi konten istilah akuntansi bagian P silahkan isikan pada kolom komentar yang tersedia. Semoga istilah akuntansi pada blog ini semakin memenuhi kebutuhan rekan-rekan semua.

tags: , , ,