Kamus Istilah Akuntansi Bagian R

Category on Kamus Akuntansi

Kamus Istilah Akuntansi Bagian R

Rate earned on common stockholders’ equity > Tingkat laba atas modal pemegang saham biasa > Suatu ukuran profitablilitas yang dihitung dengan membagi laba bersih,  setelah dikurangi dividen untuk saham preferen, dengan modal pemegang saham biasa.

Revenue recognition concept > Konsep pengakuan pendapatan > Prinsip pengakuan pendapatan pada saat pendapatan diterima.

Reversing entry > Ayat jurnal pembalik > Suatu ayat jurnal yang membalik ayat jurnal penyesuaian tertentu untuk memudahkan pencatatan transaksi rutin pada periode berikutnya.

Revenues > Pendapatan > Kenaikan kotor dalam modal pemilik sebagai hasil dari kegiatan usaha dan profesional yang ditujukan untuk mencari laba.

Revenue expenditure > Pengeluaran pendapatan > Suatu pengeluaran yang hanya memberikan manfaat dalam periode berjalan.

Retained earnings statement > Laporan laba yang ditahan > Suatu laporan perusahaan perseroan yang mengikhtisarkan perubahan laba yang ditahan selama jangka waktu tertentu.

Retained earnings > Laba yang ditahan > Laba bersih yang ditahan dalam perseroan.

Retail inventory method > Metode persediaan eceran > Suatu metode penetapan harga pokok persedian yang didasarkan pada hubungan harga pokok dan harga eceran barang dagang tersebut.

Responsibility accounting > Akuntansi pertanggungjawaban > Proses pengukuran dan pelaporan data operasi menurut bidang tanggung jawab.

Residual value > Nilai residu (sisa) > Estimasi harga perolehan yang dapat diperoleh kembali dari suatu aktiva yang dapat disusutkan pada saat dihentikan dari pemakaian.

Residual income > Laba residu > Kelebihan laba operasi divisi atas jumlah “minimum” laba operasi yang diinginkan.

Report form of balance sheet > Neraca bentuk laporan > Bentuk neraca dimana kelompok kewajiban dan modal pemilik disajikan dibawah kelompok aktiva.

Relevant range > Rentang relevan > Rentang aktivitas yang didalamnya perusahaan merencanakan untuk beroperasi.

Receiving report > Laporan penerimaan > Suatu dokumen (formulir) yang digunakan oleh departemen penerimaan yang menunjukan bahwa barang telah diterima dan diperiksa.

Realization > Realisasi > Penjualan aktiva dalam hal persekutuan dilikuidasi.

Real account > Perkiraan real/nyata > Perkiraan yang ada pada neraca.

Rate of return on investment (ROI) > Tingkat pengembalian atas investasi > Suatu ukuran efisiensi manajerial dalam penggunaan investasi dalam aktiva.

Rate earned on total assets > Tingkat laba atas total aktiva > Suatu ukuran profitabilitas aktiva tanpa memandang berapa hak kreditor dan berapa hak pemegang saham dalam aktiva tersebut.

Rate earned on stockholders’ equity > Tingkat laba atas modal pemegang saham > Suatu ukuran profitabilitas yang dihitung dengan membagi laba bersih dengan total modal pemegang saham.

Kamus istilah akuntansi bagian R, lihat kamus akuntansi lainnya.

tags: , , ,