Kamus Istilah Akuntansi Bagian S

Category on Kamus Akuntansi

Kamus Istilah Akuntansi Bagian S

Sales budget > Anggaran penjualan > Salah satu unsur penting dari laporan laba-rugi yang mengindikasikan jumlah penjualan yang diestimasi dan harga jual yang diharapkan.

Sunk cost > Biaya tertanam > Biaya yang tidak dipengaruhi oleh keputusan-keputusan berikutnya.

Sum of the years digits depreciation method > Metode penyusutan jumlah angka tahun > Metode penyusutan, dimana beban penyusutan periodic jumlahnya lebih semakin menurun sepanjang estimasi umur aktiva yang bersangkutan.

Subsidiary ledger > Buku tambahan > Suatu buku besar yang berisikan perkiraan individual dengan cirri tertentu.

Subsidiary company > Perusahaan anak > Perseroan yang dikendalikan oleh perusahaan induk.

Strategic planning > Perencanaan strategik > Pengembangan arah tindakan jangka panjang untuk mencapai tujuan perusahaan.

Straight-line depreciation method > Metode penyusutan garis lurus > Suatu metode penyusutan dimana beban penyusutan periodic jumlahnya sama sepanjang estimasi umur aktiva yang bersangkutan.

Stock split > Pemecahan saham > Penurunan nilai nominal atau nilai ditetapkan dari selembar saham biasa dan penerbitan jumlah lembar saham baru yang proporsional dengan pengurangan nilai nominal saham tersebut.

Stock outstanding > Saham beredar > Saham yang berada di tangan pemegang saham.

Stockholders’ equity > Modal/ekuitas pemegang saham > Hak para pemegang saham atas suatu perseroan.

Stockhoders > Pemegang saham > Pemilik suatu perusahaan.

Stock dividend > Dividen saham > Pembagian saham perusahaan itu sendiri kepada para pemegang sahamnya.

Statement of owner’s equity > Laporan modal pemilik > Ikhtisar perubahan modal pemilik suatu kesatuan usaha yang terjadi selama periode waktu tertentu.

Statement of cost of goods manufactured > Laporan harga pokok produksi > Suatu laporan terpisah bagi perusahaan manufaktur yang melaporkan harga pokok barang yang diproduksi selama periode tertentu.

Statement of cash flows > Laporan arus kas > Suatu ikhtisar penerimaan dan pengeluaran kas yang besar untuk suatu periode.

Stated value > Nilai ditetapkan > Suatu jumlah yang ditetapkan oleh dewan komisaris untuk setiap lembar saham tanpa nilai nominal.

Standard cost > Biaya standar > Estimasi terinci besarnya harga pokok produk.

Special journal > Jurnal khusus > Jurnal yang dirancang untuk pencatatan jenis transaksi tertentu.

Solvency > Kemampuan/solvensi > Kemampuan perusahaan membayar hutang pada saat jatuh tempo.

Sole proprietorship  > Perusahaan perorangan > Perusahaan yang hanya dimiliki oleh satu orang.

Slide > Tergelincir > Kekeliruan memindahkan angka suatu nomor, satu atau lebih ke kanan atau ke kiri. Contohnya, $542 ditulis $5.420.

Sinking fund > Dana pelunasan > Aktiva yang disisihkan dalam dana khusus yang akan digunakan untuk tujuan tertentu.

Single-step income statement > Perhitungan laba-rugi bentuk langsung > Perhitungan laba-rugi dimana total beban dikurangi  dari total pendapatan.

Service department > Departemen/bagian jasa > Departemen pabrik yang tidak memproses bahan secara langsung tetapi memberikan jasa untuk kepentingan departemen produksi.

Semivariable cost > Biaya semivariabel > Suatu biaya dengan karakteristik variablel dan tetap, yang kadang-kadang disebut biaya campuran atau biaya semi tetap.

Selling expense > Beban penjualan > Suatu beban yang timbul secara langsung dan semata-mata karena penjualan barang dagang.

Sales returns and allowances > Retur dan pengurangan penjualan > Pengurangan penjualan karena barang yang dikembalikan oleh pelanggan atau karena diberikan pengurangan harga jual semula oleh penjual; suatu perkiraan kontra terhadap penjualan.

Sales mix > Bauran penjualan > Distribusi penjualan secara relative diantara berbagai jenis produk yang tersedia untuk dijual.

Sales journal > Jurnal penjualan > Jurnal dimana dicatat semua penjualan kredit.

Sales discounts > Potongan penjualan > Potongan yang tersedia yang diberikan oleh pihak penjual karena pembayaran lebih awal suatu faktur. Suatu perkiraan kontra untuk penjualan.

Kamus istilah akuntansi bagian S, silahkan kirim istilah akuntansi lainnya pada kolom komentar yang tersedia.

tags: , , ,