Kamus Istilah Akuntansi Bagian Z

Category on Kamus Akuntansi

Kamus Istilah Akuntansi Bagian Z

Zero-base budgeting > Penganggaran dasar nol. Suatu konsep penyusunan anggaran, dimana semua tingkatan manajemen disyaratkan mulai dari nol dan mengestimasi data anggaran seolah-olah belum pernah ada kegiatan apapun dalam unit mereka.

Zero coupon bonds > Sebuah obligasi tanpa bunga yang ditetapkan > Obligasi yang ditetapkan tanpa bunga, karena bunga yang dibayarkan, obligasi akan didiskontokan pada saat penjualannya dari nilai jatuh tempo. Daripada menerima bunga, kompensasi investor akan menjadi perbedaan antara harga diskon di mana obligasi dibeli dan harga investor menerima ketika menjual obligasi. Jika investor memegang obligasi hingga jatuh tempo, investor akan mendapatkan perbedaan antara biaya diskon dan nilai jatuh tempo.

Zakat Al-wada’i > Zakat simpanan uang (zaka on saving); Uang termasuk harta yang wajib dikeluarkan zakatnya apabila sudah terpenuhi syarat-syaratnya, dan kadar yang dikeluarkan adalah 2.5%.

Zakat Al-fitrah > Zakat Fitrah (zaka fithr) zakat badan atau jiwa yang dikeluarkan berkaitan dengan berakhirnya bulan ramadhan.zakat fitrah wajib atas tiap-tiap yang bernyawa besar, kecil, tua-muda, laki, perempuan, merdeka atau budak, yang mempunyai kelebihan makanan dari keperluan untuk sehari semalam bagi dirinya, keluarganya dan binatangnya pada hari raya yang fitri.zakat fitrah dikeluarkan satu tahun sekali, ukurannya 2 1/2 -3 1/2 liter bahan makanan pokok setempat.

Zakat Ad-dzahab > Zakat emas (zaka on gold); emas termasuk harta yang wajib dikeluarkan zakatnya apabila telah memenuhi syarat-syaratnya. Kadar zakat yang harus dikeluarkan adalah 2,5%.

Zakat > Suci, bersih dan tumbuh (zaka). Menurut istilah syara’ ialah mengeluarkan sejumlah harta tertentu untuk diberikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya dengan syarat-syarat yang telah ditentukan oleh syara’. Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang lima dan hukumnya adalah wajib.

Zabun > Nasabah, pelanggan (customer); pihak yang menggunakan jasa bank.

Isilah pada kolom komentar untuk menambah literatur kamus istilah akuntansi bagian Z. Semoga apa yang disumbangkan rekan-rekan atas istilah akuntansi bermanfaat untuk semua orang. Terima kasih.

tags: , , ,