Kisah Bisnis : Barbie dan Ken

Category on Artikel Ekonomi

Kisah Bisnis : Barbie dan Ken

Beberapa perusahaan besar saat ini dimulai dengan adanya gagasan dan komitmen perorangan untuk mencapai gagasan tersebut sebisa mungkin.

Tahun 1945, Elliot dan Ruth Handler mulai membuka sebuah toko mainan kecil di garasi mereka. Pasangan suami-istri itu bekerja dengan baik bersama-sama, dengan Elliot sebagai seniman, berfokus pada disain mainan dan Ruth sebagai manajer perusahaan dan mencari pemasaran bagi mainan yang dihasilkan.

Selama berjuang selama lebih dari 10 tahun demi keberhasilan toko mereka, toko tersebut mencapai nilai sebesar $500.000. Pada tahun 1955 keluarga Handler memutuskan untuk memperluas penjualan dengan memasang iklan di salah satu program TV anak-anak yang terkenal pada saat itu, yaitu Klub Mickey Mouse.

Barbie dan Ken

Beban pemasangan iklan tersebut apabila gagal akan membuat usaha mereka bangkrut. Namun iklan tersebut ternyata berhasil dan penjualan meningkat secara tajam.

Pada tahun 1959, sekali lagi keluarga Handler melakukan spekulasi dengan memperkenalkan boneka gadis remaja. Ahli pemasaran memperkirakan bahwa boneka tersebut tidak akan cocok untuk anak-anak berusia tiga sampai dengan sebelas tahun, ternyata ahli tersebut salah besar.

Boneka Barbie yang dinamai seperti anak perempuan keluarga Handler, Barbara, merupakan keberhasilan terbesar. Boneka tersebut terjual sebanyak 350.000 buah pada tahun pertama pembuatannya, dan hingga sekarang terjual lebih dari 500 miliar.

Kemudian keluarga Handler memperkenalkan boneka laki-laki bernama Ken sebagai teman Barbie. Boneka tersebut dinamai seperti nama anak laki-laki keluarga Handler.

Baca artikel lainnya, Contoh Laporan Arus Kas Perusahaan dan Laporan Neraca.

tags: