Manfaat Suatu Akun

Category on General Akuntansi

Manfaat Suatu Akun

Sebelum melakukan pembelian tunai atas sebuah peralatan besar seperti TV, anda perlu mengetahui apakah jumlah saldo akun atau rekening anda di bank mencukupi untuk transaksi tersebut. Begitu pula top manajemen membutuhkan informasi yang akurat dan tepat waktu untuk membuat keputusan bisnis yang bijaksana.

Sistem akuntansi dirancang sedemikian rupa untuk menunjukkan kenaikan atau penurunan setiap pos laporan keuangan dalam catatan terpisah. Catatan ini dinamakan akun (account). Sebagai contoh, karena kas muncul dalam neraca maka dibuatlah catatan terpisah sehubungan dengan kenaikan dan penurunan kas.

Demikian juga catatan tersendiripun dibuat untuk memperlihatkan kenaikan atau penurunan perlengkapan, tanah, piutang usaha, dan pos neraca lainnya. Catatan yang sama juga dibuat untuk pos laporan laba-rugi seperti pendapatan jasa, beban upah, dan beban sewa.

Manfaat Suatu Akun

Manfaat Suatu Akun

Kumpulan akun dalam entitas usaha disebut buku besar (ledger). Daftar akun dalam buku besar disebut bagan akun (chart of account). Akun-akun tersebut umumnya dicatat sesuai dengan urutan pemunculannya dalam laporan keuangan. Akun neraca umumnya muncul terlebih dahulu dengan urutan aktiva, kewajiban dan ekuitas pemilik. Akun laba-rugi kemudian dicatat dengan urutan pendapatan dan beban.

Adapun klasifikasi akun utama akan dijelaskan secara singkat sebagai berikut:

Aktiva (assets) adalah sumber daya yang dimiliki oleh entitas bisnis atau usaha. Sumber daya ini dapat berbentuk fisik ataupun hak yang mempunyai nilai ekonomis. Contoh aktiva adalah kas (uang tunai), piutang usaha, perlengkapan, beban dibayar dimuka (seperti asuransi), bangunan, peralatan, tanah, dan hak paten.

Kewajiban (liabilities) adalah utang kepada pihak luar (kreditor). Kewajiban biasanya diidentifikasi dalam neraca sebagai jumlah terutang (payable). Contoh kewajiban adalah utang usaha, wesel bayar, dan utang gaji.

Ekuitas pemilik atau modal pemilik (owners equity) adalah hak pemilik terhadap aktiva bisnis. Untuk perusahaan perorangan, ekuitas pemilik di neraca terlihat dalam saldo akun modal pemilik. Akun penarikan (drawing) menunjukkan penarikan modal yang dilakukan oleh pemilik.

Pendapatan (revenue) adalah peningkatan ekuitas pemilik yang diakibatkan oleh proses penjualan barang atau jasa kepada pembeli. Contoh pendapatan adalah pendapatan jasa, pendapatan penjualan, pendapatan sewa, dan pendapatan komisi.

Beban (expenses) adalah aktiva atau jasa yang digunakan dalam peroses menghasilkan pendapatan. Contoh-contoh beban meliputi beban upah, beban sewa, beban perlengkapan, beban utilitas, dan beban lain-lain.

Badan akun dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi para manajer perusahaan atau pengguna laporan keuangan lainnya. Dalam bagan akun, akun-akun diberi nomor sebagai bahan referensi. System penomoran yang fleksibel umumnya digunakan sehingga akun baru dapat ditambahkan tanpa mempengaruhi nomor akun lainnya.

tags: