Memulai Pembukuan Akuntansi

Category on Tanya dan Jawab

Memulai pembukuan akuntansi. Halo sahabat akuntansi itu mudah kali ini saya akan membahan pertanyaan yang dikirimkan oleh rekan Oce mengenai bagaimana memulai penyusunan pembukuan akuntansi berikut di bawah ini.

Pertanyaan :

Dear admin akuntansi itu mudah,

Pak mohon petunjuknya jika kita ingin membuka usaha, lalu apa saja yang harus mulai dihitung (maksud saya hitungan untuk akutansinya) misalnya tanah aset dan lain-lain. Karena maklum kami usaha kecil dan tenaga kerjanya masih sedikit jadi belum ada orang bagian accounting-nya. Saya tunggu masukannya ya pak.

Terima kasih

Jawaban :

Dear pak/ibu Oce, untuk memulai pencatatan akuntansi tidaklah sesulit yang anda bayangkan apalagi anda baru saja memulai usaha menurut saya hal itu sangat menguntungkan anda karena anda baru memualinya :). Beda halnya apa bila anda memulainya pada saat usaha anda sudah berlangsung satu tahun, dua tahun, tiga tahun.. kalo itu harus diserahkan kepada ahlinya untuk membereskan itu semua ya pak contohnya anda bisa lihat disini : Jasa pembukuan akuntansi dan pajak.

Untuk memulainya anda lakukan hal sederhana yaitu menyusun catatan kas masuk dan kas dari semua pengeluaran dan pemasukan yang terjadi di bisnis anda. Ingat ya, semuanya harus anda catat yang berhubungan dengan usaha anda. Misalnya biaya pendirian perusahaan dan biaya-biaya lainnya. Selanjutnya jika anda sudah lakukan pencatatan secara rapih sesuai dengan tanggal transaksi yang terjadi kemudian anda bisa masuk ke kategori ini : akuntansi dasar dan artikel akuntansi. Pelajari dengan sekasama ya pak. Demikan jawaban dari saya pak Oce semoga membantu.

tags: