Pengantar Akuntansi dan Bisnis

Category on Akuntansi Dasar

Pengantar Akuntansi dan Bisnis

Pengantar akuntansi. Dalam aktivitas sehari-hari apakah anda menggunakan akuntansi? Tentu saja jawabannya adalah ya, kita semua sadar ataupun tidak, pasti menggunakan akuntansi dalam berbagai bentuk.

Dalam contoh ketika anda mempunyai rencana membeli sebuah mobil, pasti anda akan menggunakan informasi akuntansi untuk menganalisa apakah anda mampu membelinya atau tidak. Begitu juga ketika anda memutuskan untuk meneruskan pendidikan yang lebih tinggi, anda akan menganalisa berapa biaya yang dibutuhkan untuk proses pendidikan dari awal sampai dengan akhir (misalnya, biaya semester, biaya bangunan, biaya buku, biaya organisasi, biaya kos dan lainnya).

Sebelum anda memutuskan untuk melanjutkan pendidikan sudah tentu anda akan mempertimbangkan manfaat apa saja yang anda akan dapatkan, misalnya dengan melanjutkan pendidikan anda akan mendapatkan penghasilan yang lebih besar dan berharap memiliki kedudukan pada tingkat yang lebih tinggi.

Pengantar Akuntansi dan Bisnis

Pentingkah akuntansi untuk anda? Ya tentu saja jawaabanya, akuntansi penting bagi anda baik untuk kehidupan pribadi maupun untk jenjang karir anda. Meskipun pada prakteknya bisa jadi anda tidak menjadi seorang akunting atau akuntan. Misalnya, mungkin anda akan menduduki jabatan sebagai manajer disebuah restoran padang yang harus memutuskan apakah akan membeli sebuah mobil baru untuk keperluan pengantar pesanan nasi padang.

Dalam hal ini informasi akuntansi untuk restoran padang sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan apakah rencana pembelian mobil baru dapat terealisasi untuk pengembangan restoran tersebut, dan tentu saja pihak Bank dapat memberikan pinjaman dana untuk alokasi pembelian mobil baru.

Pada dasarnya konsep akuntansi memberikan solusi untuk pengambilan keputusan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam aktiviatas perusahaan. Untuk pengantar akuntansi lainnya silahkan lihat pada recent post diblog ini.