Home | Archive | About Us | Contact Us | Submit Article       



Home » General Akuntansi » Pengantar Akuntansi Dasar


Pengantar Akuntansi Dasar

Category on General Akuntansi


Pengantar Akuntansi Dasar

Pengantar akuntansi. Akuntansi adalah kata yang sering dikonotasikan dengan hal yang berbau angka, rumit, dan detail. Akuntansi kerap juga dicampuradukkan dengan tata buku atau pembukuan.

Definisi dari akuntansi sendiri secara mudah adalah suatu sistem untuk mengumpulkan dan memproses, termasuk melakukan analisis, mengukur, dan mencatat, semua data keuangan atau transaksi keuangan yang tersedia dalam suatu organisasi dan melaporkan hasil proses informasi tersebut kepada pengambil keputusan. Dari definisi ini dapat diambil beberapa poin penting yang akan membantu pemahaman kita tentang akuntansi.

Apa yang dihasilkan akuntansi

Pertama kita akan membahas mengenai apa yang dihasilkan oleh akuntansi. Secara singkat, akuntansi menghasilkan informasi keuangan. Informasi keuangan tersebut dijabarkan dalam suatu format atau bentuk tertentu yang kemudian dikenal sebagai laporan keuangan.

Pengantar Akuntansi

Untuk medukung pembaca laporan keuangan memahami apa yang tercantum di sana dibutuhkan suatu pedoman. Pedoman ini berguna agar penyajian informasi tadi dalam format yang seragam dan konsisten. Pedoman ini dikeluarkan oleh suatu badan pengatur yang disepakati oleh mereka yang berada di dunia akuntansi. Di Indonesia badan tersebut adalah Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI).

Laporan keuangan terdiri dari:

Neraca (Balance sheet). Neraca memberikan informasi mengenai berapa jumlah harta, utang, dan modal dari suatu organisasi pada suatu titik waktu, biasanya akhir tahun atau akhir periode akuntansi yang ditetapkan.

Laporan Rugi-laba (Income statement). Laporan laba-rugi memberikan informasi  mengenai kenaikan kekayaan entitas (perusahaan) karena pendapatan yang diperoleh serta penurunan kekayaan karena biaya yang dikeluarkan selama periode tertentu (untuk membedakannya dengan neraca yang menggambarkan posisi suatu titik waktu tertentu). Biasanya periode ini ditetapkan sebagai satu tahun buku yang bisa dimulai dalam bulan apa saja. Di Indonesia umumnya dimuali bulan Januari s.d Desember.

Laporan arus kas (Statement of cash flow). Laporan ini memberikan suatu informasi mengenai arus kas masuk (cash inflow) dan arus kas keluar (cash outflow) selama suatu periode tertentu, sesuai dengan periode laporan keuangan.

Laporan Modal (Retained earning statement). Laporan ini menggambarkan bagaimana modal organisasi didistribusikan (dalam bentuk perincian komposisi pemilik modal), keuntungan pada suatu periode dibagikan dalam bentuk pembagian laba kepada para pemegang saham atau kerap disebut sebagai dividen. Dan laporan ini mengikuti periodisasi laporan laba-rugi.

Apa yang diolah

Transaksi keuangan dapat dikatakan sebagai semua kejadian yang mempengaruhi perusahaan. Namun dari semua kejadian tersebut, hanya kejadian yang dapat dikuantifikasi (diukur) secara moneter saja yang diperlakukan sebagai transaksi keuangan.

Banyak kejadian yang secara nyata mempengaruhi organisasi atau perusahaan, namun karena tidak dapat dikuantifikasi secara moneter maka dianggap bukan transaksi keuangan. Misalnya perusahaan memperoleh penghargaan sebagai perusahaan terbaik tahun ini dalam hal pelayanan kepada nasabah.

Apakah kejadian ini, yaitu penganugerahan gelar tersebut akan mempengaruhi perusahaan? Jelas ya, karena di masa depan pasti akan lebih banyak pelanggan yang datang dan ini berarti akan meningkatkan pendapatan perusahaan. Lalu berapa nilai gelar ini? Jawabannya tidak terukur secara moneter. Karena itu, kejadian ini justru tidak dicatat sebagai transaksi keuangan perusahaan.

Demikian pengantar akuntansi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan ini. Untuk dasar-dasar akuntansi lainnya, silahkan and abaca juga artikel menarik lainnya di website ini. Semoga bermanfaat.

Akuntansi Itu Mudah - Memahami akuntansi dengan kesederhanaanTerimakasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel Pengantar Akuntansi Dasar pada blog kami. Harapan kami semoga artikel ini dapat memberikan nilai tambah untuk anda. Saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan guna kemajuan blog kami di masa depan, silahkan menuju page contact us. Sukses untuk anda. Oni Zamroni

 Related on Pengantar Akuntansi Dasar
Memulai Pembukuan Akuntansi
Memulai pembukuan akuntansi. Halo sahabat akuntansi itu mudah kali ini saya akan membahan pertanyaan yang dikirimkan oleh rekan Oce mengenai bagaimana memulai penyusunan pembukuan akuntansi berikut di bawah ini.
Download eSPT PPh 21
Download eSPT PPh 21 Aplikasi espt pph 21 merupakan software yang membantu wajib pajak dalam membuat laporan SPT (surat pemberitahuan) masa pph pasal 21 – Lihat tutorial espt pph
Declining Balance – Metode Penyusutan Aktiva Tetap Saldo Menurun
Declining Balance – Metode Penyusutan Aktiva Tetap Saldo Menurun Pada metode ini ditetapkan suatu persentase konstan yang akan digunakan selama usia ekonomis dari aktiva tetap dengan tetap memperhitungkan nilai
Akuntansi Perusahaan Dagang
Bagaimana Pencatatan Akuntansi untuk Perusahaan Dagang? Akuntansi perusahaan dagang harus memiliki sistem untuk mencatat penerimaan barang dagang, menyajikan informasi mengenai persediaan barang dagang yang akan dijual, serta mencatat penjualan

Related Searches : , , ,
Home | Archive | About Us | Contact Us | Referensi Situs | Privacy Policy | Sitemap | Copyright © Akuntansi Itu Mudah 2015. All Rights Reserved.