Home | Archive | About Us | Contact Us | Submit Article       



Home » Akuntansi Biaya » Pengertian Differensial Cost dan Incremental Cost


Pengertian Differensial Cost dan Incremental Cost

Category on Akuntansi Biaya


Differensial Cost dan Incremental Cost

Pembuatan keputusan untuk memilih suatu alternatif pilihan membawa dampak berupa munculnya perbedaan biaya. Pemilihan keputusan untuk memindahkan lokasi kantor cabang dari sentra perkantoran ke sentra pemukiman membawa dampak perubahan biaya operasi.

Bila di area perkantoran tidak diperlukan biaya pengamanan, biaya listrik, kebersihan, dan sebagainya. Sebaliknya, bila kantor cabang ditetapkan di area perumahan akan memerlukan tambahan biaya tersebut. Pada sisi yang lain, area perkantoran akan relatif lebih mahal dan fleksibilitas penggunaan ruang kerja lebih kecil dibandingkan dengan menyewa perumahan.

Setelah diperhitungkan, total biaya yang diperlukan untuk mengoperasikan kantor cabang di area perkantoran adalah Rp 450 Juta dan di area perumahan Rp 350 Juta. Maka, selisih Rp 100 Juta disebut sebagai differensial cost atau perbedaan biaya antara pilihan yang satu dengan yang lain.

Differensial Cost dan Incremental CostDifferensial cost dikenal juga dengan istilah incremental cost. Artinya, differential cost yang terjadi akan dapat digunakan sebagai satuan dalam perhitungan kelipatan biaya. Misalnya, dalam pemilihan alternatif produksi dengan menggunakan bahan bakar gas atau bahan bakar minyak, unit cost-nya berbeda sebesar Rp 10 untuk kapasitas produksi 1 juta unit.

Bila kapasitas ditingkatkan menjadi 2 juta unit maka dapat dipastikan bahwa perbedaan total cost akan meningkat dua kali lipat. Dengan kata lain, Rp 10 adalah incremental cost atau tambahan biaya yang terjadi sejalan dengan peningkatan unit yang diproduksi. Bila unit diproduksi 1 juta maka differensial cost adalah Rp 10 Juta, unit yang diproduksi 2 juta maka differensial cost menjadi 20 Juta. Lihat juga artikel lainnya, Joint cost dan produk sampingan dan Sunk cost. Semoga bermanfaat.

Akuntansi Itu Mudah - Memahami akuntansi dengan kesederhanaanTerimakasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel Pengertian Differensial Cost dan Incremental Cost pada blog kami. Harapan kami semoga artikel ini dapat memberikan nilai tambah untuk anda. Saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan guna kemajuan blog kami di masa depan, silahkan menuju page contact us. Sukses untuk anda. Oni Zamroni

 Related on Pengertian Differensial Cost dan Incremental Cost
Penyelesaian Siklus Akuntansi
Contoh penyelesaian siklus akuntansi. Tiga tahun yang lalu Mr. Slamet basuki mendirikan Harbor Realty. Pada tanggal 31 Juli tahun 2000, pada akhir tahun fiskal berjalan, neraca saldo perusahaan Harbor
Pajak Penghasilan Indonesia
Apa yang Dimaksud dengan Pajak Penghasilan? Pajak penghasilan adalah pajak yg dikenakan kepada orang Pribadi/OP dan Badan berkaitan dengan pendapatan/penghasilan yang diperoleh dalam kurun waktu 1 tahun pajak. APA dan
Kamus Istilah Akuntansi Bagian P
Kamus Istilah Akuntansi Bagian P Paid-in capital > Modal disetor > Modal yang diperoleh dari para pemegang saham. Par > Pari (nominal) > Angka yang tercetak pada sertifikat saham.
Saldo Normal Akumulasi Penyusutan
Saldo Normal Akumulasi Penyusutan Banyak juga ternyata yang mencari kata kunci saldo normal akumulasi penyusutan di SERP google. Dengan melihat beberapa penyedia informasi dengan kata kunci tersebut ternyata masih

Related Searches : , , ,
Home | Archive | About Us | Contact Us | Referensi Situs | Privacy Policy | Sitemap | Copyright © Akuntansi Itu Mudah 2014. All Rights Reserved.