Home | Archive | About Us | Contact Us | Submit Article       



Home » Akuntansi Biaya » Pengertian Differensial Cost dan Incremental Cost


Pengertian Differensial Cost dan Incremental Cost

Category on Akuntansi Biaya


Differensial Cost dan Incremental Cost

Pembuatan keputusan untuk memilih suatu alternatif pilihan membawa dampak berupa munculnya perbedaan biaya. Pemilihan keputusan untuk memindahkan lokasi kantor cabang dari sentra perkantoran ke sentra pemukiman membawa dampak perubahan biaya operasi.

Bila di area perkantoran tidak diperlukan biaya pengamanan, biaya listrik, kebersihan, dan sebagainya. Sebaliknya, bila kantor cabang ditetapkan di area perumahan akan memerlukan tambahan biaya tersebut. Pada sisi yang lain, area perkantoran akan relatif lebih mahal dan fleksibilitas penggunaan ruang kerja lebih kecil dibandingkan dengan menyewa perumahan.

Setelah diperhitungkan, total biaya yang diperlukan untuk mengoperasikan kantor cabang di area perkantoran adalah Rp 450 Juta dan di area perumahan Rp 350 Juta. Maka, selisih Rp 100 Juta disebut sebagai differensial cost atau perbedaan biaya antara pilihan yang satu dengan yang lain.

Differensial Cost dan Incremental CostDifferensial cost dikenal juga dengan istilah incremental cost. Artinya, differential cost yang terjadi akan dapat digunakan sebagai satuan dalam perhitungan kelipatan biaya. Misalnya, dalam pemilihan alternatif produksi dengan menggunakan bahan bakar gas atau bahan bakar minyak, unit cost-nya berbeda sebesar Rp 10 untuk kapasitas produksi 1 juta unit.

Bila kapasitas ditingkatkan menjadi 2 juta unit maka dapat dipastikan bahwa perbedaan total cost akan meningkat dua kali lipat. Dengan kata lain, Rp 10 adalah incremental cost atau tambahan biaya yang terjadi sejalan dengan peningkatan unit yang diproduksi. Bila unit diproduksi 1 juta maka differensial cost adalah Rp 10 Juta, unit yang diproduksi 2 juta maka differensial cost menjadi 20 Juta. Lihat juga artikel lainnya, Joint cost dan produk sampingan dan Sunk cost. Semoga bermanfaat.

Akuntansi Itu Mudah - Memahami akuntansi dengan kesederhanaanTerimakasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel Pengertian Differensial Cost dan Incremental Cost pada blog kami. Harapan kami semoga artikel ini dapat memberikan nilai tambah untuk anda. Saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan guna kemajuan blog kami di masa depan, silahkan menuju page contact us. Sukses untuk anda. Oni Zamroni

 Related on Pengertian Differensial Cost dan Incremental Cost
Amortisasi Aktiva Tidak Berwujud
Amortisasi Aktiva Tidak Berwujud Aktiva tetap terdiri dari aktiva tetap yang nyata terlihat atau berwujud (tangible asset) serta aktiva tetap yang tidak nyata atau berwujud (intangible). Contoh aktiva intangible
Kamus Istilah Akuntansi Bagian S
Kamus Istilah Akuntansi Bagian S Sales budget > Anggaran penjualan > Salah satu unsur penting dari laporan laba-rugi yang mengindikasikan jumlah penjualan yang diestimasi dan harga jual yang diharapkan.
Joint Cost dan Produk Sampingan - Akuntansi Biaya
Joint Cost dan Produk Sampingan Joint cost. Pada suatu proses produksi, terutama dalam proses cost system, kerap ditemui suatu tahapan proses yang memakan biaya, namun akan menghasilkan satu atau lebih
Contoh Laporan Arus Kas Perusahaan
Laporan Arus Kas Laporan arus kas terdiri dari tiga seksi atau bagian yaitu, (1) aktivitas operasi, (2) aktivitas investasi, dan (3) aktivitas pendanaan. Arus kas dari aktivitas operasi Bagian

Related Searches : , , ,
Selamat datang di akuntansiitumudah.com
Like and Share!

Social PopUP by Timersys
Home | Archive | About Us | Contact Us | Referensi Situs | Privacy Policy | Sitemap | Copyright © Akuntansi Itu Mudah 2014. All Rights Reserved.