Perlakuan terhadap PPN Impor pada Fasilitas KITE (Kemudahan Impor Tujuan Ekspor)

Category on Tanya dan Jawab

Perlakuan terhadap PPN impor pada fasilitas KITE (Kemudahan Impor Tujuan Ekspor). Saya ingin bertanya bagaimana perlakuan perpajakan atas PPN impor yang timbul saat perusahaan yang mendapat fasilitas KITE? Setahu saya fasilitas KITE tersebut memberikan 2 pilihan yaitu pembebasan atau pengembalian atas bea masuk impor dan/atau PPN tidak dipungut, apakah benar begitu?

Lalu bagaimana efek dari PPN impor yang tidak dipungut tersebut? Apakah tidak bisa dikreditkan? Jika memang benar PPN impor atas fasilitas KITE tersebut tidak dipungut, apakah perusahaan tetap harus melakukan jurnal atas PPN impor tidak dipungut tersebut? Jika iya, bagaimana jurnalnya?

Jawab : Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) adalah pemberian pembebasan dan atau pengembalian Bea Masuk (BM) dan atau Cukai serta PPN dan PPnBM tidak dipungut atas impor barang dan atau bahan untuk diolah, dirakit, atau dipasang pada barang lain yang hasilnya terutama untuk tujuan ekspor. PPN PM impor tidak dipungut, karena tidak ada yang disetorkan ke kas negara.

tags: