HOME
Home » Akuntansi Biaya » Out of Pocket Cost Pengertian dan Contoh

Out of Pocket Cost Pengertian dan Contoh

Posted at January 19th, 2013 | Categorised in Akuntansi Biaya

Out of Pocket Cost

Pengertian biaya dalam akuntansi terdiri dari biaya berupa uang kas keluar dan biaya yang tidak perlu ada uang kas keluar. Out of pocket cost adalah biaya yang memerlukan pengeluaran uang kas. Dengan demikian, biaya yang dicantumkan dalam biaya produksi adalah jumlah uang kas yang dikeluarkan. Pengertian biaya non-kas adalah biaya yang pengeluarannya sudah dilakukan pada periode lalu sehingga pada periode sekarang hanya menerima pembebanannya.

Misalnya, biaya depresiasi perlengkapan. Bila dinyatakan perlengkapan dibeli dan didepresiasikan selama 5 tahun maka harga belinya akan dialokasikan ke lima periode akuntansi. Padahal, uang sudah dikeluarkan pada periode pertama. Oleh karena itu, pada periode pertama akan dibebankan biaya depresiasi sebesar satu per lima dari harga beli perlengkapan, sedangkan uang kas yang keluar adalah sebesar harga perlengkapan. Pada tahun kedua biaya depresiasi yang dibebankan adalah seperlima dari harga perlengkapan, sedangkan uang kas yang keluar adalah nol. Dengan demikian, biaya depresiasi bukanlah biaya out of pocket, karena pengeluaran kasnya tidak sejalan dengan pembebanan biayanya.

Out of Pocket CostContoh biaya ini adalah gaji karyawan pabrik. Bila dinyatakan bahwa biaya gaji sebesar Rp 100 juta maka diperlukan uang kas senilai tersebut untuk membayar gaji karyawan. Dengan demikian, gaji karyawan dianggap sebagai out of pocket cost.

Penggolongan jenis biaya ini dipelukan untuk mendapatkan gambaran berapa uang kas atau atau likuiditas yang diperlukan dalam operasional perusahaan karena biaya yang mencerminkan dalam laporan keuangan atau proyeksi keuangan tidak semua memerlukan uang kas keluar. Untuk estimasi kebutuhan kas maka biaya tersebut harus dipisahkan antara biaya yang memerlukan uang kas keluar (out of pocket cost) dengan biaya non-kas. Kemudian dari biaya yang memerlukan kas disusunlah kebutuhan kas untuk menutupi untuk biaya tersebut. Dengan demikian, identifikasi dari jenis biaya ini diperlukan dalam rangka penyusunan arus kas masuk dan arus kas keluar atau kerap disebut sebagai laporan cash flow. Dapatakan update terbaru untuk kurs tengah bi.