Home | Archive | About Us | Contact Us | Submit Article       



Home » Analisis Keuangan » Rasio Harga Terhadap Laba Saham – Price Earnings Ratio


Rasio Harga Terhadap Laba Saham – Price Earnings Ratio

Category on Analisis Keuangan


Perhitungan Rasio Harga Laba – Price Earnings Ratio

Rasio harga laba. Penilaian atas prospek pertumbuhan dan laba sebuah perusahaan di masa depan diindikasikan oleh seberapa besar pasarmau membayar untuk setiap Rupiah laba perusahaan.

Rasio ini, yang dinamakan Rasio harga laba (price-earnings ratio = P/E ratio), umunya ditampilkan dalam kuotasi-kuotasi pasar saham oleh media keuangan.

Rasio harga-laba yang tinggi mengindikasikan bahwa pasar mengharapkan pertumbuhan dan laba yang tinggi di masa depan. Sebaliknya, rasio harga-laba yang rendah mengindikasikan harapan pertumbuhan dan laba yang rendah.

Rasio Harga Laba – Price Earnings Ratio

Rasio harga laba dari saham biasa dihitung dengan membagi harga pasar per saham pada tanggal tertentu dengan laba per saham tahunan perusahaan, seperti diperlihatkan berikut ini:

Rasio harga laba = Harga pasar per saham biasa / Laba per saham biasa

Sebagai contoh, asumsikan bahwa PT. Elektronik Indo Sukses, Tbk. melaporkan laba per saham sebesar Rp 1.640,- pada tahun 2012 dan Rp 1.350 pada akhir tahun 2011. Harga pasar per saham biasa adalah Rp 20.500,- pada akhir tahun 2012, dan Rp 13.500,- pada akhir tahun 2011. Rasio harga-laba dari saham ini dihitung sebagai berikut:

 

Rasio Harga-Laba
Tahun 2012 ……………………………………………. 12,5 (Rp 20.500/Rp 1.640)
Tahun 2011 ……………………………………………. 10,0 (Rp 13.500/Rp 1.350)

Rasio harga laba di atas mengindikasikan bahwa selembar saham biasa PT. Elektronik Indo Sukses, Tbk. dijual 10 kali jumlah laba per saham pada akhir tahun 2011. Pada akhir tahun 2012, saham biasa dijual seharga 12,5 kali jumlah laba per saham.

Hasil-hasil di atas menyiratkan adanya peningkatan ekspektasi secara umum bahwa pertumbuhan dan laba PT. Elektronik Indo Sukses, Tbk. akan meningkat. Namun calon investor juga harus mempertimbangkan rasio harga laba dari perusahaan pesaing dalam industri yang sama.

Artikel terbaru lainnya, Saldo normal akun dan Penarikan oleh pemilik. Semoga menamgah referensi untuk bisnis anda.

Akuntansi Itu Mudah - Memahami akuntansi dengan kesederhanaanTerimakasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel Rasio Harga Terhadap Laba Saham – Price Earnings Ratio pada blog kami. Harapan kami semoga artikel ini dapat memberikan nilai tambah untuk anda. Saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan guna kemajuan blog kami di masa depan, silahkan menuju page contact us. Sukses untuk anda. Oni Zamroni

 Related on Rasio Harga Terhadap Laba Saham – Price Earnings Ratio
Double Declining Balance – Metode Penyusutan Aktiva Tetap Saldo Menurun Berganda
Double Declining Balance – Metode Penyusutan Aktiva Tetap Saldo Menurun Berganda Metode ini menggunakan tarif persentase depresiasi yang diambil dari metode garis lurus (straight line) dikalikan dua. Tabel di
Akuntansi Persediaan
Akuntansi Persediaan Persediaan (inventory) dapat didefinisikan sebagai barang atau benda yang disimpan atau dijaga untuk nantinya dijual dalam suatu siklus bisnis yang normal. Pada perusahaan manufaktur, persediaan termasuk persediaan
Saldo Normal Ikhtisar Laba Rugi
Saldo normal ikhtisar laba rugi Ikhtisar laba rugi digunakan untuk menutup seluruh akun yang sifatnya temporer seperti akun pendapatan dan akun beban. Juga digunakan untuk mengetahui laba atau rugi
Deplesi Sumber Daya Alam
Deplesi Sumber Daya Alam Pendapatan yang dihasilkan dari penggunaan sumber daya alam memiliki ciri yang melekat, yaitu pengurangan potensi atau deposit sejalan dengan waktu. Misalnya batu bara atau minyak

Selamat datang di akuntansiitumudah.com
Like and Share!

Social PopUP by Timersys
Home | Archive | About Us | Contact Us | Referensi Situs | Privacy Policy | Sitemap | Copyright © Akuntansi Itu Mudah 2014. All Rights Reserved.