Rumus Akuntansi Dasar

Category on Akuntansi Dasar

Rumus Akuntansi Dasar

Akuntansi walaupun bukan ilmu eksak tapi akuntansi memiliki rumus. Meski tidak serumit rumus yang dimiliki misal matematika, fisika, ataupun kimia. Secara umum rumus akuntansi disebut persamaan akuntansi (baca: persamaan dasar akuntansi). Aktiva = Kewajiban + Modal itulah yang disebut persamaan akuntansi.

Jika anda bertanya kenapa aktiva ada disisi kiri (debit) dan kewajiban serta modal ada disisi kanan, jangan tanya kenapa ya (baca: debit dan kredit) sudah dari sananya begitu :). Jika boleh jawab bebas, pada saat kita memutuskan untuk membuka usaha tentu kita harus mengeluarkan modal terlebih dahulu. Dari sisi perusahaan ada penerimaan kas (digolongkan aktiva) masuk dong? nah makanya dicatat terlebih dahulu disebelah kiri.

Kemudian sumber penerimaan kas tersebut adalah berasal dari setoran modal pemilik, dengan demikian disusul pencatatan untuk modalnya disebelah kanan. Seperti halnya apabila perusahaan mengajukan modal ke bank, setelah pinjaman disetujui maka akan ada penerimaan kas dari bank tersebut. Nah oleh perusahaan dicatat sebagai kas masuk (aktiva) karena dicatatnya diawal maka kas/aktiva dapat posisi disebelah kiri dan kemudian disusul dengan utang bank (kewajiban) yang dicatat setelah aktiva tadi.

Sebagai ilustrasi,

Anda mengeluarkan modal untuk usaha anda, gimana catatan akuntansinya? (ingat: yang memiliki buku catatan adalah perusahaan!)

Pertama perusahaan mencatat aktiva, disusul dengan mencatat modal pemilik.

(1) Akitva (2) Modal Pemilik, karena aktiva terlebih dahulu dicatat maka ada diposisi kanan dan menyusul modal ada disisi kiri. Untuk jurnal akuntansinya adalah,

(1) (debit) Aktiva

(2) (kredit) Modal

Apabila anda memutuskan untuk menarik modal anda kembali (misal: tidak jadi buka usaha, plin plan banget!) maka jurnalnya tinggal dibalik aja menjadi,

(1) (debit) Modal

(2) (kredit) Aktiva

Bagaimana menurut anda keterangan saya tambah bingung atau lebih bingung :). Untuk jurnal pertama antara aktiva dan modal terdapat penambahan (setor modal), dan jurnal kedua terdapat pengurangan (tarik modal) untuk jelasnya baca: saldo normal akun.

Demikian penjelasan saya mengenai rumus akuntansi dasar semoga bermanfaat, untuk diskusi dan sharing silahkan kunjungi forum akuntansi blog ini. Artikel akuntansi lainnya, Apa Itu Akuntansi dan Siklus Pencatatan Akuntansi Koperasi.