Saldo Normal Akumulasi Penyusutan

Saldo Normal Akumulasi Penyusutan

Banyak juga ternyata yang mencari kata kunci saldo normal akumulasi penyusutan di SERP google. Dengan melihat beberapa penyedia informasi dengan kata kunci tersebut ternyata masih banyak yang belum sesuai jawabannya.

Saya berfikir kenapa tidak posting dengan kata kunci ini saja ya “Saldo Normal Akumulasi Penyusutan” biar orang yang mencari ini terpuaskan dengan jawaban yang didapatkan.

Bagi anda yang sudah tahu atau belajar mengenai dasar akuntansi tentunya sudah tidak asing lagi dengan pertanyaan tersebut, karena untuk memahami akuntansi adalah salah satunya harus tahu apa saldo normal akumulasi penyusutan. Baiklah berikut ini saya jabarkan mengenai pertanyaan dari kata kunci ini.

Pertama yang perlu anda ketahui mengenai saldo normal akumulasi penyusutan adalah apakah saldo normal untuk aktiva tetap? iya betul aktiva tetap adalah lawan atau pasangan dari penyusutan aktiva tetap. Ketika perusahaan membeli aktiva tetap maka aset perusahaan bertambah dalam bentuk aktiva tetap. Aktiva tetap memiliki saldo normal debit apabila bertambah, sedangkan memiliki saldo normal kredit apabila terdapat pngurangan.

Aktiva Tetap (+) Debit

Aktiva Tetap (-) Kredit

Akumulasi penyusutan adalah merupakan akun pengurang untuk aktiva tetap, ketika aktiva tetap digunakan dalam operasional perusahaan maka aktiva tetap akan mengalami penurunan, dan untuk menurunkannya diperlukan akun akumulasi penyusutan. Jadi tidak secara langsung menurunkan saldo akun aktiva tetap.

Contoh: Perusahaan memiliki aktiva tetap sebesar 50 Juta. Aktiva tetap telah digunakan pada tahun ini dan mengalami penyusutan (akibat dari penggunaan aktiva tetap tersebut) sebesar 10 Juta.

Jurnalnya adalah sebagai berikut:

(Dr) Beban penyusutan aktiva tetap Rp 10 Juta

(Cr) Akumulasi penyusutan aktiva tetap Rp 10 Juta

Dengan merujuk pada jurnal tersebut sudah terlihat bahwa akumulasi akan bertambah apabila terjadi penkreditan akibat dari menyusutnya nilai aktiva tetap. Jadi rumusnya seperti ini.

Akumulasi Penyusutan (+) Kredit

Akumulasi Penyusutan (-) Debit

Sedangkan posisi akun akumulasi penyusutan di laporan keuangan neraca adalah sebagai berikut:

Aktiva Tetap Rp 50.000.000,-

Akumulasi penyusutan (Rp 10.000.000,-)

Nilai bersih aktiva tetap Rp 40.000.000,-

Nilai aktiva tetap yang disajikan di neraca merujuk pada format di atas sehingga akan memudahkan pengguna laporan keuangan dalam memahami laporan keuangan sesi aktiva tetap.

tags: , , ,