Home | Archive | About Us | Contact Us | Submit Article       



Home » Software Akuntansi » Software Akuntansi MYOB Accounting


Software Akuntansi MYOB Accounting

Category on Software Akuntansi


Belajar Sofware Akuntansi MYOB Accounting untuk Pemula

Sebetulnya sudah lama saya ingin menulis mengenai software akuntansi MYOB accounting, mengingat banyaknya permintaan dari rekan akuntansi itu mudah agar membahas software akuntansi tersebut. Pada kesempatan ini saya akan memberikan penjelasan mengenai dasar penggunaan software akuntansi MYOB.

Untuk memulai aplikasi MYOB accounting terlebih dahulu anda harus membuat database perusahaan dengan cara memilih menu Create a new company file. Setelah itu anda klik next untuk melanjutkan. Pada kolam Company name, anda isikan nama perusahaan yang anda inginkan lalu isi A.B.N atau di Indonesia adalah Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Isikan alamat perusahaan anda, nomer telepon dan fax serta alamat email. Kemudian klik next untuk melanjutkan.

Software Akuntansi MYOB Accounting

Isi Current financial year, yaitu tahun dimulainya proses pembukuan. Kemudian isikan akhir periode laporan keuangan, misalnya anda isikan bulan Desember. Lalu isikan untuk conversion month, yaitu awal mula periode pembukuan laporan keuangan, contoh pilih bulan Januari. Kemudian pilih periode laporan keuangan perusahaan, pada umumnya perusahaan melakukan pembukuan selama periode 12 bulan. Kemudian pilih next.

Anda akan dibawa pada informasi review data yang telah anda masukkan sebelumnya, jika menurut anda terjadi kesalahan dalam menginput data profile perusahaan, anda bisa kembali pada isian sebelumnya untuk melakukan koreksi. Jika menurut anda data yang diinput sudah benar, pilih next untuk langkah selanjutnya.

Software Akuntansi MYOB Accounting untuk Pemula

Pada kolom selanjutnya, anda di minta memilih pembuatan akun perkiraan akuntansi. Ada tiga opsi yang disediakan oleh program akuntansi MYOB accounting. Pertama, akun perkiraan disediakan oleh program MYOB, kedua adalah opsi untuk mengimpor akun perkiraan yang sudah anda buat, dan ketiga adalah pilihan untuk membuat perkiraan akun setelah selesai pembuatan database MYOB accounting. Sebagai contoh, anda akan memilih akun perkiraan yang disediakan oleh program akuntansi, jadi anda pilih opsi yang pertama kemudian pilih next.

Kolom ini untuk menentukan jenis akun perkiraan yang sesuai dengan jenis perusahaan anda. Pilih klasifikasi industri dan pilih tipe bisnis apa yang sesuai dengan perusahaan anda, untuk melanjutkan pilih next.

Kemudian anda akan masuk pada Creat your company profile, ini adalah proses pembuatan database perusahaan anda, klik next dan tunggu beberapa saat sampai proses pembuatan database akuntansi selesai. Setelah itu pilih Command centre untuk masuk pada menu software akuntansi MYOB.

Belajar Software Akuntansi MYOB Accounting

Pada tampilan command center terdapat beberapa menu yang harus anda ketahui. Jika kita merujuk pada akuntansi manual, menu yang terdapat pada MYOB akuntansi adalah cerminan dari jurnal khusus. Adapun bagian jurnal khusus antara lain :

  1. Jurnal umum atau jurnal memorial,
  2. Jurnal penerimaan dan pengeluaran kas,
  3. Jurnal penjualan, dan
  4. Jurnal pembelian.

Pada jurnal umum atau memorial, dalam program akuntansi MYOB terdapat pada menu Accounts. Menu accounts ini untuk mencatat semua transaksi yang bersifat internal, misalnya beban akrual dan  pendapatan akrual. Juga pada menu ini anda dapat melakukan modifikasi akun perkiraan melalui Account list.

Jurnal penerimaan kas dan jurnal pengeluaran kas dicerminkan oleh menu Banking pada software MYOB. Bagian ini mencatat semua transaksi yang berhubungan dengan pemakaian kas dan penerimaan kas.

Jurnal penjualan pada MYOB accounting ada pada menu Sales. Anda dapat mencatat semua transaksi yang berhubungan dengan penjualan secara kredit. Dan untuk jurnal pembelian anda dapat menggunakannya pada menu Purchases, anda dapat mencatat transaksi yang berhubungan dengan pembelian secara kredit.

Pada dasarnya software akuntansi MYOB adalah sebagai pelengkap dari proses pencatatan akuntansi yang anda lakukan. Benar tidaknya pencatatan akuntansi pada program MYOB accounting tergantung pada pemahaman anda mengenai dasar akuntansi. Jika secara dasar anda sudah menguasai akuntansi, saya akan menjamin bahwa anda akan lebih cepat menguasai softwate akuntansi MYOB.

Video tutorial MYOB Accounting : Cara membuat data base perusahaan baru

 

Sampai sini dulu ya belajar program MYOB accounting-nya, insya Allah pada pertemuan yang akan datang saya akan bahas software ini berikut latihan jurnalnya. Semoga bermanfaat.

Akuntansi Itu Mudah - Memahami akuntansi dengan kesederhanaanTerimakasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel Software Akuntansi MYOB Accounting pada blog kami. Harapan kami semoga artikel ini dapat memberikan nilai tambah untuk anda. Saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan guna kemajuan blog kami di masa depan, silahkan menuju page contact us. Sukses untuk anda. Oni Zamroni

 Related on Software Akuntansi MYOB Accounting
Akuntansi Perusahaan
Gambaran umum Akuntansi Perusahaan Oleh Oni Zamroni Akuntansi Perusahaan – Anda masih ingat dengan usaha jual gado-gado anda? Sebetulnya usaha yang anda jalankan bisa dikatakan sebagai perusahaan, hanya saja
Contoh Neraca Saldo Akuntansi - Trial Balance
Gambaran umum neraca saldo dalam akuntansi Bagaimana caranya agar anda yakin bahwa anda tidak membuat kesalahan dalam melakukan pemosan ke kolom debit dan kredit buku besar? Salah satu caranya
Kamus Istilah Akuntansi Bagian S
Kamus Istilah Akuntansi Bagian S Sales budget > Anggaran penjualan > Salah satu unsur penting dari laporan laba-rugi yang mengindikasikan jumlah penjualan yang diestimasi dan harga jual yang diharapkan.
Komunikasi yang Baik
Komunikasi yang Baik Kebanyakan manajer akan mengakui bahwa sebagian besar dari waktunya digunakan untuk berkomunikasi dengan rekan, karyawan, pemasok, pemegang saham, pelanggan, dan berbagai pihak lainnya. Agar berhasil dalam

Home | Archive | About Us | Contact Us | Referensi Situs | Privacy Policy | Sitemap | Copyright © Akuntansi Itu Mudah 2014. All Rights Reserved.