Home | Archive | About Us | Contact Us | Submit Article       



Home » General Akuntansi » Teori Akuntansi


Teori Akuntansi

Category on General Akuntansi


Sifat Dasar Teori Akuntansi

Diposting oleh Oni Zamroni

Teori akuntansi. Tujuan yang paling utama dari teori akuntansi yaitu mempresentasikan suatu dasar dalam menjelaskan dan memprediksi perilaku serta peristiwa-peristiwa akuntansi. Kita berasumsi berdasarkan keyakinan bahwa disiplin teori akuntansi betul adanya.

Teori dapat diterjemahkan sebagai kumpulan definisi, gagasan atau konsep dan dalil yang mempresentasikan suatu pandangan yang tersusun dan sistematis mengenai suatu kejadian, dengan menjelaskan kaitan antar variabel dan juga bertujuan dalam memprediksi serta menjelaskan kejadian tersebut.

Pada mulanya harus diakui bahwa tidak ada teori akuntansi yang komprehensif. Bahkan terdapat teori-teori yang berbeda dan mengalami pengembangan yang disajikan dalam sejumlah literatur.

Teori AkuntansiDengan digunakannya pendekatan-pendekatan yang bervariasi dalam penyusunan kerangka teori akuntansi, memunculkan banyak teori-teori yang baru atau dari melakukan penelitian teori yang telah ada sebelumnya. Dengan demikian perlu adanya penelitain dan pengembangan terhadap teori akuntansi dengan cara komprehensif sehingga tidak memunculkan teori-teori yang bersifat middle range atau setengah jadi.

Teori akuntansi yang berkembang dengan melanjutkan teori teori yang sudah ada, umumnya dihasilkan melalui perbedaan keyakinan para peneliti dalam melihat baik para pengguna data akuntansi maupun lingkungan akuntansi, dalam hal bagaimana seharusnya para pengguna dan penyaji data akuntansi berprilaku.

Kerangka Teori Akuntansi

Metodologi serta pendekatan apapun yang akan dipergunakan dalam menyusun teori akuntansi, berdasarkan kerangka acuan yang menghasilkan serangkaian hubungan dan elemen yang mengatur perkembangan teknik akuntansi. Struktur pada teori akuntansi terdiri atas beberapa elemen-elemen sebagai berikut:

  1. Pernyataan (statement) atas tujuan dari laporan keuangan.
  2. Statement konsep teoritis akuntansi dan postulat yang berkaitan dengan sifat unit akuntansi  dan asumsi-asumsi lingkungan.
  3. Pernyataan mengenai beberapa prinsip dasar yang ada pada konsep teoritis dan postulat akuntansi.
  4. Beberapa teknik akuntansi dasar yang diturunkan dari prinsip-prinsip akuntansi.

Postulat-postulat Akuntansi dalam Teori Akuntansi

Postulat akuntansi atau konsep akuntansi adalah statemen yang tidak membutuhkan aksioma atau pembuktian, berdasarkan kesesuaiannya atas objek laporan keuangan yang berterima umum, mendeskripsikan lingkungan sosiologi, politik, hukum dan ekonomi yang merupakan tempat beroperasinya akuntansi. Adapun postulat teori akuntansi antara lain adalah sebagai berikut:

Teori Akuntansi – Konsep Entitas

Akuntansi mengukur hasil operasi dari suatu entitas, yang terpisah dan berbeda dari pemilik entitas. Konsep entitas menggambarkan bahwa setiap organisasi perusahaan adalah merupakan unit entitas akuntansi yang terpisah yang berbeda antara perusahaan dan pemiliknya. Konsep entitas dalam teori akuntansi merumuskan bidang perhatian akuntan dan membatasi jumlah objek, peristiwa dan atribut peristiwa yang harus dimasukkan dalam laporan keuangan.

Konsep entitas memberikan kemungkinan bagi akuntan untuk menilai perbedaan antara transaksi individu dengan transaksi bisnis secara umum, dan menghasilkan laporan transaksi bisnis perusahaan dan bukan laporan transaksi dari individu pemilik perusahaan. Konsep entitas mengakui adanya tanggung jawab pelayanan manajemen pada pemegang saham.

Teori Akuntansi – Konsep Kelangsungan Usaha

Konsep kelangsungan usaha atau konsep kontinuitas memberikan pernyataan bahwa suatu entitas ekonomi akan terus-menerus melakukan aktivitas operasi dalam mengimplementasikan proyek pekerjaan, komitmen, dan kegiatan yang sedang beroperasi. Konsep ini berasumsi bahwa perusahaan atau suatu organisasi pada masa mendatang tidak diharapkan terjadi likuidasi perusahaan, dengan kata lain suatu entitas perusahaan akan terus melakukan kegiatan pada waktu yang tidak ditentukan.

Dengan demikian, laporan keuangan akuntansi menghasilkan pandangan yang bersifat sementara atau temporer atas kondisi transaksi keuangan perusahaan dan proses tersebut merupakan bagian yang tak terpisahkan dari laporan keuangan yang terus berkelanjutan.

Teori Akuntansi – Konsep Unit Pengukuran

Unit pengukuran dan pertukaran diperlukan dalam pencatatan transaksi terhadap perusahaan dengan metode yang sama atau seragam. Pengukuran umum yang dipilih dalam akuntansi adalah unit moneter. Pertukaran barang, jasa, dan modal diukur dalam satuan mata uang. Konsep ini menyatakan bahwa akuntansi adalah pengukuran dan proses mengkomunikasikan aktivitas perusahaan yang dapat diukur dalam satuan moneter.

Konsep unit pengukuran berimplikasi pada dua keterbatasan utama dalam teori akuntansi. Pertama, akuntansi memiliki keterbatasan dalam membuat perkiraan atas informasi yang dinyatakan pada satuan moneter; kedua, tidak mecatat dan mendistribusikan informasi lainnya yang bersifat nonmoneter namun masih relevan dalam aktivitas bisnis. Informasi akuntansi sangat penting dan esensial sebagai bagian yang bersifat moneter dan terkuantifikasi. Persepsi tersebut membawa pada definisi bahwa informasi akuntansi adalah sebagai “formal, kuantitatif, dapat diaudit, numerik, terstruktur, dan juga berorientasi pada masa yang lalu atau lampau” dan mendefinisi informasi non-akuntansi sebagai “kualitatif, informal, naratif, tidak teraudit, dan berorientasi masa depan.

Teori Akuntansi – Konsep Periode Akuntansi

Meskipun konsep kelangsungan usaha menyatakan bahwa perusahaan akan tetap ada untuk periode waktu yang tak terbatas, pemakai akuntansi menginginkan berbagai informasi tentang posisi keuangan dan kinerja perusahaan untuk pengambilan keputusan jangka pendek. Kendala atas tanggapan yang muncul dari berbagai lingkungan akuntansi, pernyataan atas konsep periode akuntansi menggambarkan bahwa perubahan laporan keuangan atas kemajuan suatu perusahaan haruslah secara periodik diungkapkan kepada pengguna akuntansi.

Panjangnya suatu periode akuntansi dapat bervariasi. Peraturan pajak pada umumnya memberikan syarat kepada perusahaan dalam pelaporan keuangan dengan dasar tahunan, begitu juga dengan praktik bisnis tradisioanal yang biasanya menerbitkan laporan keuangan dengan periode normal selama satu tahun kalender.

Siklus bisnis apabila tidak terhubung pada tahun kalender, akan lebih bisa dimanfaatkan untuk menutup satu periode akuntansi ketika telah mencapai titik paling rendah pada aktivitas bisnis. Karena kebutuhan akan informasi yang tepat waktu, relevan dan berkelanjutan, kebanyakan perusahaan juga menerbitkan laporan interim yang menyediakan informasi keuangan triwulanan ataupun bulanan.

Untuk referensi akuntansi lainnya silahkan simak akuntansi biaya.

Akuntansi Itu Mudah - Memahami akuntansi dengan kesederhanaanTerimakasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel Teori Akuntansi pada blog kami. Harapan kami semoga artikel ini dapat memberikan nilai tambah untuk anda. Saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan guna kemajuan blog kami di masa depan, silahkan menuju page contact us. Sukses untuk anda. Oni Zamroni

 Related on Teori Akuntansi
Time Factors Method – Metode Penyusutan Aktiva Tetap
Time Factors Method – Metode Penyusutan Aktiva Tetap Metode depresiasi yang akan digunakan dapat juga dikaitkan dengan waktu penggunaan aktiva tetap. Untuk aktiva jenis tertentu, waktu penggunaan menjadi dasar
Istilah Akuntansi dalam Bahasa Inggris
Istilah Akuntansi Bagian H Horizontal analysis > Analisis horisontal > Analisis persentase kenaikan atau penurunan pos-pos yang sebanding dalam laporan keuangan komparatif. High-low method > Metode tinggi-rendah > Suatu
Kurs Tengah BI Bulan Februari 2014
Kurs Tengah BI Bulan Februari 2014 Mata Uang Dolar (USD) Kurs tengah Bank Indonesia Periode : Bulan Februari 2014 Mata Uang : Dolar (USD) Sumber : Bank Indonesia (yang
Akuntansi Perusahaan
Gambaran umum Akuntansi Perusahaan Oleh Oni Zamroni Akuntansi Perusahaan – Anda masih ingat dengan usaha jual gado-gado anda? Sebetulnya usaha yang anda jalankan bisa dikatakan sebagai perusahaan, hanya saja

Related Searches : , , ,
Selamat datang di akuntansiitumudah.com
Like and Share!

Social PopUP by Timersys
Home | Archive | About Us | Contact Us | Referensi Situs | Privacy Policy | Sitemap | Copyright © Akuntansi Itu Mudah 2014. All Rights Reserved.